Pengertian Dan Fungsi Motherboard Serta Komponennya

Posted on

Pengertian Dan Fungsi Motherboard Serta Komponennya – Seseorang yang sudah mengenal dunia komputer dengan baik tentunya tahu akan salah satu hardwere yang satu ini. Fungsi dan kegunaannya pun amatlah penting dalam kinerja dibidangnya, mari kita bahas.

Motherboard merupakan perangkat keras atau hardwere komputer yang memiliki peran dan fungsi utama. Semua komponen hardwere memiliki fungsi yang berbeda-beda, begitu juga dengan perangkat keras seperti motherboard ini. Dalam pembahasan kali ini, kita akan bahas tentang fungsi utama motherboard.

Fungsi Motherboard

Cara kerja motherboard yakni mengatur semua hal seputar Basic Input Output System (Bios), pengatur koneksi input-output (Chipset), VGA card, RAM, processor & Additional card (PCI, ISA). Adapun fungsi utama motherboard yaitu: sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Maksudnya ialah motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi aktivitas kerja perangkat dalam komputer. Contohnya, motherboard sebagai perangkat utama menghubungkan beberapa perangkat keras lainnya seperti RAM, prosesor, RAM, hard disk, printer, VGA Card & masih lainnya.

Motherboard dan processor sama-sama penting dalam sebuah komputer. Jika motherboard rusak dan tak berfungsi lagi, maka akan menyebabkan aktivitas dalam komputer terganggu dan tidak maksimal. Oleh karenanya, dalam memilih dan membeli motherboard jangan tergiur dengan harga yang murah tapi harus disesuaikan dengan perangkat-perangkat tambahan yang ada pada komputer anda.

Motherboard memiliki beberapa komponen. Adapun komponen-komponen motherboard antara lain:

Slot Prosessor

Fungsinya untuk menancapkan/meletakan processor pada komputer, bentuknya persegi dengan ukuran sesuai dengan processornya.

Slot memori (RAM)

Berfungsi untuk memasang memori ke motherboard, bentuknya panjang dan memiliki pengunci pada sisi kanan & kirinya yang berfungsi untuk mengunci memori yang terpasang pada motherboard.

Slot PCI Express X16

Yang berfungsi untuk menancapkan kartu VGA.

Slot PCI Express xX1

Berfungsi untuk menancapkan kartu ekspansi seperti LAN Card dls.

Slot PCI

Berfungsi untuk menancapkan kartu ekspansi, sama seperti slot PCI Express x1 namun memiliki kecepatan akses dibawah slot PCI Express X1.

Slot AGP

Memiliki fungsi sama seperti slot PCI Express x16, slot ini digunakan bagi motherboard yang belum memiliki slot PCI Express x16.

Chipset Southbridge

Berfungsi sebagai pengatur alur data kinerja pada prosessor dengan komponen sekunder seperti Driver, IDE harddisk, DMA dan lain-lain.

Chipset Nortbridge

Berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data antara prosessor dengan sistem memori &saluran utama motherboard. Komponen ini berbentuk persegi yang menempel pada motherboard.

Pengertian Dan Fungsi Motherboard Serta Komponennya

Chipset BIOS

Chipset yang berfungsi untuk menyimpan program bios dan konfigurasinya.

Baterai CMOS

Merupakan baterai khusus yang fungsinya memberikan daya kepada chipset bios supaya konfigurasi dari bios tidak kembali lagi ke pengaturan semula ketika komputer dimatikan.

Dan masih banyak lagi komponen-komponen lain yang ada dalam motherboard seperti: Port IDE, Port SATA, Floppy disk drive, Port paralel, Port USB, dan Port Audio.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Dan Fungsi Motherboard Serta Komponennya, semoga bermanfaat. Sekian terimakasih 🙂