16 Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu Yang Utama

Posted on

16 Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu Yang Utama – Banyak keutamaan sholat yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sholat fardhu atau sholat 5 waktu yaitu dhuhur, ashar, magrib, isya dan subuh merupakan salah satu ibadah yang diterima Nabiyullah Muhamad SAW secara langsung tanpa perantara malaikat ketika di Isra’ Mi’rajkan. Sholat merupakan amalan yang paling utama dan istimewa, sebagaimana sabda Rasulullah ketika ditanya tentang amalan apa yang paling utama, dan beliau menjawab:

“mengerjakan sholat pada (awal) waktunya,”

Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu Yang Utama

Berikut ini ada beberapa keistimewaan sholat fardhu yang utama, antara lain:

1. Sholat dikatakan istimewa karena merupakan salah satu dari rukun Islam dan hukum mengerjakannya adalah wajib bagi kaum muslim.

2. Sholat sebagai tiang agama. Bagaimana sebuah bangunan bisa kokoh jika tiang bangunannya rapuh atau bahkan tidak memiliki tiang, maka tidak sempurnalah bangunan tersebut. Begitu juga dengan sholat, ketika sholat itu tidak kita kerjakan, maka tidak sempurnalah agama kita.

3. Sholat merupakan wasiat terakhir Rasulullah SAW untuk umatnya. Bagaimana kita mengaku mencintai Rasul tetapi sholat enggan dikerjakan.

4. Dengan mengerjakan sholat, Allah SWT  akan senantiasa memberikan cinta dan kasih sayangNya sesuai dengan janjiNya.

5. Sholat sebagai perisai dan benteng dalam mencegah perbuatan keji dan mungkar. Ketika seseorang sudah melaksanakan sholat dan tetap melakukan maksiat dan dosa-dosa besar lainnya. Maka, ia harus memperbaiki sholatnya karena pada dasarnya sholat itu dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

6. Sholat merupakan pembeda antara orang kafir dan muslim.

7. Sholat merupakan langkah-langkahnya orang mukmin. Dengan mengerjakan sholat insyaAllah akan turun rahmat dan keberkahan bagi orang-orang mukmin.

8. Sholat 5 waktu dapat menghapus dosa-dosa kecil dan ampunan dari Allah. Kita sebagai manusia biasa tidak luput dari salah dan dosa, sehingga Allah memberikan hadiah berupa wahyu kepada nabi Muhamad berupa sholat 50 waktu dalam sehari semalam sampai menjadi 5 waktu. Semua itu pasti ada alasannya, Allah berikan pelebur dosa-dosa ringan dengan menjalankan sholat 5 waktu.

9. Sholat yang diterima dapat menyelamatkan kita dari api neraka. Neraka Weil diperuntukkan bagi orang-orang yang meninggalkan dan melalaikan sholat.

10. Sebagai pewaris surga firdaus dan kekal abadi selamanya.

11. Sholat adalah ibadah yang paling utama, yang pertama kali dihisab dan dipertanggungjawabkan ketika kita menghadap sang Khaliq.

12. Bagi orang yang khusyu’ dalam melaksanakan sholat, akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

13. Allah berikan  kepribadian yang bercahaya laksana sinar bulan purnama, sinar dalam kegelapan, kebijaksanaan dalam kebodohan, diteduhkan pikirannya, dilapangkan hatinya dan dimudahkan dalam segala urusannya.

16 Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu Yang Utama

14. Sholat adalah tempat berdoa dan bermunajat kepada Allah serta tempat meminta pertolongan kepada Allah SWT.

15. Dalam mengerjakan sholat shubuh, akan senantiasa disaksikan oleh para malaikat.

16. Disetiap gerakan dalam sholat mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain yaitu: Gerakan-gerakan dalam sholat mampu melakukan peregangan atau streching  untuk melenturkan tubuh dan kelancaran aliran darah didalam tubuh, memudahkan persalinan, kesuburan bagi wanita, dan pada saat sujud, posisi jantung berada diatas otak, yang menyebabkan darah bercampur dengan oksigen yang bisa mengalir secara maksimal ke otak. Aliran darah ini berpengaruh pada daya pikir seseorang.

Masih banyak lagi keistimewaan-keistimewaan lain yang belum dikupas dalam artikel ini tentang 16 Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu Yang Utama, semoga beberapa point diatas dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.
Baca juga artikel tentang Dahsyatnya Sakaratul Maut Dan Kepedihan-KepedihannyaKeutamaan Mengingat Kematian serta Keutamaan Sedekah.

by: Ashihatul Istikanah