Pengertian Menulis Dan Manfaat Menulis Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Menulis Dan Manfaat Menulis Menurut Para Ahli Lengkap Pembahasan kali akan membahas mengenai menulis. Tentu sudah tidak asing bagi kita jika membicarakan mengenai menulis. Sejak dari masih duduk di taman kanak-kanak kita sudah di ajarkan untuk menulis hingga kita bisa menulis dengan baik hingga sekarang.

Tetapi terkadang kita belum mengetahui arti yang sebenarnya dari menulis. Menulis merupakan salah satu hal yang pasti di lakukan ketika kita berada di sekolah. Tetapi terkadang menulis menjadi salah satu pekerjaan bagi sebagian orang. Untuk itu kita membahasnya di artikel kali ini agar bisa mengerti penjelasan dari menulis yang sebenarnya yang akan kita bahas dibawah ini.

Pengertian Menulis

Menulis ialah sebuah proses dari kreatifitas di dalam menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulisan. Hasil yang di dapatkan dari kreatifitas menulis di sebut juga dengan istilah tulisan atau juga karangan. Kedua istilah itu mengacu kepada hasil yang sama walaupun ada pendapat yang menyatakan kedua istilah itu mempunyai pengertian yang berbeda. Istilah menulis sendiri sering dilekatkannya kepada sebuah proses kreatifitas yang berjenis ilmiah.

Sementara itu istilah mengarang yang sering dilekatkan kepada proses kreatifitas yang berjenis non ilmiah. Pokok persoalan yang ada di dalam tulisan di sebut juga dengan gagasan ataupun pikiran. Gagasan itu yang menjadi dasar berkembangnya sebuah tulisan. Dan melalui tulisannya, penulis dapat mengungkapkan gagasan, pikiran, perasaan, pendapat, kehendak, dan juga pengalaman yang dimilikinya kepada pihak yang lain.

Pengertian Menulis Menurut Para Ahli

Adapun beberapa ahli yang mendefinisikan menulis ialah sebagai berikut:

1. Nurjamal dalam Sumirat, Darwis (2011:69)

Beliau menerangkan bahwa menulis merupakan sebuah keterampilan berbahasa merupakan kemampuan seseorang di dalam mengemukakan sebuah gagasan, perasaan, dan juga pemikiran-pemikiran yang dimiliki kepada orang ataupun pihak lainnya dengan menggunakan sebuah media tulisan.

2. Tarigan dalam Syarif, Zulkarnaini, Sumarno (2009:5)

Beliau menerangkan bahwa menulis ialah mengespresikan secara tertulis sebuah gagasan, ide, pendapat, ataupun pikiran dan juga perasaan.

3. Tarigan (1986:15)

Yang menyatakan bahwa menulis yang bisa diartikan sebagai kegiatan di dalam menuangkan ide atau gagasan dan dengan menggunakan bahasa tulis yang mana sebagai media penyampaiannya.

4. Lado dalam Elina Syarif,Zulkarnaini, Sumarno (2009:5)

Beliau juga mengungkapkan bahwa menulis merupakan meletakkan sebuah simbol grafik yang mewakili bahasa yang di mengerti orang lain.

Manfaat Menulis

Di dalam menulis tentu saja terdapat manfaat yang dimiliki, apa saja manfaat tersebut ? mari sama-sama kita lanjutkan pembahasan artikel ini agar dapat mengetahui manfaat yang ada di dalam menulis. Ada manfaat menulis menurut Horiston dalam Darmadi (1996:3-4) di antaranya yaitu.

Pengertian Menulis Dan Manfaat Menulis Menurut Para Ahli

  1. Kegiatan menulis ialah sebagai sarana untuk dapat menemukan sesuatu, di dalam artian bisa mengangkat ide dan juga informasi yang ada pada alam bawah sadar diri kita.
  2. Kegiatan menulis bisa memunculkan sebuah ide baru.
  3. Kegiatan menulis bisa melatih kemampuan mengorganisasi dan juga menjernihkan bebagai konsep ataupun ide yang kita miliki.
  4. Kegiatan menulis bisa melatih sikap objektif yang ada di diri seseorang.
  5. Kegiatan menulis bisa membantu diri kita supaya berlatih memecahkan beberapa masalah sekaligus.
  6. Kegiatan menulis di dalam sebuah bidang ilmu akan memungkinkan kita supaya menjadi aktif dan juga tidak hanya menjadi penerima informasi.

Sekian penjelasan yang bisa diberikan artikel kali ini tentang Pengertian Menulis Dan Manfaat Menulis Menurut Para Ahli Lengkap, semoga dengan menulis bisa menjadikan seseorang mengeluarkan ide ataupun gagasan yang dimilikinya, semoga bermanfaat 🙂