Pengertian Simbiosis Dan Macam-Macam Simbiosis Lengkap

Posted on

Pengertian Simbiosis Dan Macam-Macam Simbiosis Lengkap –Pada pembahasan artikel kali ini yang akan kita bahas ialah mengenai simbiosis. Tentu sudah pernah kita pelajari sejak duduk di sekolah dasar menengah pertama dan juga menengah atas.

Tetapi apakah kita sudah mengetahui arti yang sebenarnya dari simbiosis itu? Untuk itulah disini kita akan membahasnya. Agar para pembaca yang sedang membutuhkan informasi ini bisa dengan mudah untuk memahaminya. Untuk itu langsung saja kita mulai membahas artikel kali ini yang akan dijelaskan berikut ini.

Pengertian Simbiosis

Simbiosis ialah sebuah hubungan timbal balik diantara dua makhluk hidup yang berbeda. Dan kata simbiosis yang berasal dari bahasa yunani yakni kata “Sym” yang mempunyai arti dengan dan juga kata “biosis) yang memiliki arti kehidupan. Jadi simbiosis merupakan sebuah pola interaksi yang sangatlah erat diantara dua organisme yang mempunyai jenis berbeda. Simbiosis ialah sebuah sebutan untuk makhluk hidup yang melakukan sebuah simbiosis.

Macam-Macam Simbiosis

Sudah dijelaskan pengertian dari simbiosis, sekarang kita akan mulai membahas mengenai macam-macam dari simbiosis. Untuk dapat mengetahui macam-macam dari simbiosis langsung saja kita mulai melanjutkan pembahasan berikut ini.

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme ialah sebuah hubungan timbal balik diantara individu makhluk hidup yang berbeda spesies yang juga saling menguntungkan satu sama yang lainnya. Contohnya ialah lebah yang membutuhkan madu dari bunga sebagai makanan dari lebah.

Sedangkan bunga juga memerlukan lebah supaya membantu penyerbukan. Ada pula contoh yang lainnya yaitu diantara kerbau dan juga burung jalak, burung jalak bisa memperoleh sebuah makanan dari kerbau ialah kutu kerbau, dan kerbau juga memperoleh sebuah keuntungan dengan hilangnya kutu-kutu yang ada di badan kerbau.

2. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme ialah sebuah hubungan dari timbal balik diantara dua individu makhluk hidup yang berbeda jenis yang mana salah satunya diuntungkan dan salah satunya lagi tidak diuntungkan atau juga tidak dirugikan. Dan inilah contoh dari simbiosis komensalisme ialah anggrek dengan pohon inayang, dan tanaman bunga anggrek akan mendapatkan sebuah keuntungan yang berupa sebuah tempat tinggal sedangkan untuk pohon inayang sendiri tidak merasa diuntungkan  atau juga dirugikan dikarenakan anggrek bisa memperoleh makanannya sendiri.

Dan ada juga contoh yang lainnya yaitu ikan hiu dan ikan ramora, ikan ramora yang akan berenang dekat dengan ikan hiu agar terhindar dari pemangsa dikarenakan pemangsa akan takut dengan ikan hiu, dan ikan hiu merasa untuk dirugikan atau juga diuntungkan.

3. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme ialah sebuah hubungan timbal balik diantara dua individu makhluk hidup yang berbeda jenis yang mana salah satu pihaknya dirugikan. Dan contoh dari simbiosis parasitisme ialah tanaman benalu dengan pohon inayang benalu ialah tumbuhan biji yang berdaun hijau, meski begitu akar benalu tidak bisa menyerap air dan juga unsur hara dari tanah dengan sempurna.

Pengertian Simbiosis Dan Macam-Macam Simbiosis Lengkap

Jadi untuk bisa mendapatkan air dan juga unsur hara benalu yang menempel pada ranting pohon atau juga tumbuhan yang lainnya. Kemudian akar dari benalu akan menyerap air atau juga unsur hara yang ada di dalam jaringan pengangkut makanan dan juga tumbuhan yang lainnya yang ditempeli benalu sendiri akan mengalami kerugian dikarenakan air dan juga unsur haranya yang dihisap oleh benalu. Dan biasanya ranting dari tumbuhan yang ditempeli benalu akan menjadi mengecil dan juga mati.

Sekian penjelasan yang bisa diberikan artikel kali ini mengenai Pengertian Simbiosis Dan Macam-Macam Simbiosis Lengkap, simbiosis yang merupakan hubungan timbal balik diantara dua makhluk hidup yang berbeda, dan juga ada beberapa macam-macam dari simbiosis salah satunya ialah simbiosis mutualisme. Semoga bermanfaat 🙂