6 Pengertian Bimbingan Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

6 Pengertian Bimbingan Menurut Para Ahli Lengkap – Di dalam kehidupan setiap manusia pastinya akan banyak sekali masalah yang akan di hadapi entah itu masalah yang berat atau hanya masalah yang ringan-ringan saja.

Setiap masalah yang di timbulkana kan dapat membuat Manusia itu menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat mengatasi masalah yang lainnya. Dengan semua bimbingan yang sesuai akan memberikan banyak pengalaman bagi Manusia itu sendiri.

Bimbingan yang baik akan sangat bermanfaat bagi seseorang dan dirinya sendir karena akan dapat memberikan wawasan yang akan nmembantunya didalam mengatasi suatu masalah. Untuk dapat mengerti apa itu bimbingan akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Bimbingan

Bimbingan merupakan suatu proses pemberian bantuan kepada seseorang yang agar dapat memahami diri dan juga lingkungannya. Bantuan yang di maksudkan di dalam bimbingan bukanlah bantuan material sepertu uang, sumbangan dan yang lainnya akan tetapi bantuannya yang bersifat menunjang untuk dapat mengembangkan kepribadian untuk seseorang yang di bimbing.

Bimbingan adalah proses yang dapat mengandung pengertian yang mengartikan bahwa bimbingan yang merupakan kegiatan yang saling berkesinambungan bukanlah kegiatan seketika atau suatu kebetulan. Di dalam proses bimbingan, pembimbing tidak akan memaksakan kehendaknya sendiri akat tetapi berperan sebagai fasilitator perkembangan individu. Didalam bimbingan akan aktif didalam mengembangkan diri, dapat mengatasi masalah, atau juga dapat mengambil keputusan adalah orang itu sendiri.

Pengertian Bimbingan Menurut Para Ahli

Pengertian bimbingan di berikan oleh beberapa ahli yang diantaranya adalah:

1. Crow (1960)

Bimbingan merupakan suatu proses pendidikan.

2. James (1997)

Bimbingan merupakan suatu pertolongan yang di berikan oleh seseorang kepada orang lain untuk menolongnya di dalam membuat suatu keputusan kea rah yang akan di tuju, dan untuk dapat mencapai tujuannya dengan cara yang di anggapnya paling baik.

3. Shertzer dan Stone (1981)

Bimbingan merupakan suatu pertolongan yang dapat di berikan kepada orang lain untuk dapat membantunya yang sedang mengalami perkembangan dan juga pertumbuhan sosial, mental, fisik, intelektual, kejiwaan, emosi, dan juga kerohanian.

4. Rochman Natawidjaja (1987)

Bimbingan merupakan suatu proses didalam pemmberian bantuan kepada orang lain yang dapat di lakukan dengan cara berkesinambungan agar dapat membuat orang tersebut dapat memahami dirinya sendiri yang akan membuat dia sanggup untuk dapat mengarahkan dirinya untuk dapat bertindak dengan cara wajar sesuai dnegan apa tuntutan dan juga keadaan dari lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat, dan juga kehidupan umumnya.

5. Sunaryo Kartadinata (1998)

Bimbingan merupakan suatu proses dalam membantu seseorang untuk dapat mencapai suatu  perkembangan yang optimal.

6 Pengertian Bimbingan Menurut Para Ahli Lengkap

6. Yee (1997)

Bimbingan merupakan suatu bantuan yang saling berkesinambunagan dan juga bersifat mendidik yang akan di berikan kepada seseorang untuk dapat membuat suatu penyesuaian dan juga perubahan tingkah laku yang perlu.

Sekianlah penjelasan mengenai 6 Pengertian Bimbingan Menurut Para Ahli Lengkap yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan bimbingan yang tepat akan memeberikan pengalaman yang akan dapat membuat kehidupan seseorang menjadi lebih beik lagi. Semoga bermanfaat 🙂