Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah

Posted on

Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah – Pada umumnya hal yang sering dilakukan di dalam sekolah adalah kegiatan pembelajaran. Namun, di sekolah juga menyediakan layanan konseling untuk siswa. Di sana siswa dapat memanfaatkan untuk bimbingan konseling sesuai dengan kebutuhan mereka. Layanan konseling sekolah dibutuhkan siswa tidak hanya untuk bimbingan pelajatan saja. Layanan konseling di sekolah dimaksudkan untuk membimbing anak ke arah yang lebih optimal dan lebih berkembang.

Di sekolah peran layanan konseling sebagai wadah pelayanan bimbingan konseling bisa dilakukan dengan setting lembaga pendidikan (sekolah atau madrasah) keluarga, masyarakat, organisasi, industri dan lain sebagainya. Pada mulanya bimbingan dan konseling tidak diperuntukkan dalam bagi dunia pendidikan, tetapi dalam perkembangannya ini diterapkan di dalam dunia pendidikan. Hal ini menjawab beberapa pertanyaan tentang  jika seseorang melakukan kegiatan mendidik, kemudian apakah itu berarti ia juga sedang membimbing? Dan sebaliknya, apabila seseorang melakukan aktifitas membimbing  atau memberikan pelayanan bimbingan , apakah itu juga berarti ia juga sedang mendidik? Di bawah ini kita akan bahas lebih lanjut tentang kebutuhan siswa dalam layanan konseling di sekolah.

Kebutuhan layanan bimbingan konseling untuk siswa di sekolah

Perkembangan psiko dan fisik seseorang menentukan akan kebutuhan seorang indvidual secara alami yang dikarenakan oleh  proses belajar yang akan mendorong seorang individu untuk bertingkah laku dalam memenuhi kebutuhannya.  Salah satunya kebutuhan siswa yang dihadapkan oleh  kondisi yang amat berbeda antara masa anak-anak remaja. Maka, kebutuhan layanan bimbingan konseling untuk siswa berguna sebagai berikut:

  1. untuk mengenal dan memahami potensi, kekuatan , dan tugas-tuga perkembangan.
  2. Untuk mengenal dan memahami potensi dari siswa dalam lingkungan sekitarnya,
  3. Untuk mengenal dan menentukan tujuan dan rencana hidupnya serta pencapaian tujuan tersebut.
  4. Memahami dan mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa.
  5. Mengembangkan  kemampuan siswa ntuk kepentingan dirinya, kepentingan lembaga tempat bekerja dan masyarakat.
  6. Untuk membantu menyesuaikan  diri dengan keadaan dan tuntutan dari lingkungannya.
  7. Untuk mengembangkan segala potensi dan kekuatan yang dimilikinya secara optimal.

Isi Layanan Bimbingan Konseling

Ada pun layanan bimbingan konseling juga dibedakan dalam beberapa bidang antara lain:

Layanan Dasar Bimbingan

Dimana bertujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan perilaku efektif dan meningkatkan keterampilan–keterampilan hidupnya.

Layanan Bimbingan Responsif

Layanan ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan yang dirasakan sangat penting oleh siswa pada saat ini. Layanan ini lebih bersifat preventif atau mugkin kuratif. Isi layanan responsif adalah sebagai berikut:

  • Bidang Pendidikan
    Bisanya memiliki topik pembahasan tentang pemilihan program studi di SMA yang sesuai degan bakat, minat, dan kemampuan sertara pemilihan studi lanjutan untuk perguruan tinggi.
  • Bidang Belajar
    Biasanya membantu dalam pemilihan program studi di SMA yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan, dan pemilihan program studi lanjutan di perguruan tinggi. Kemudian juga cara belajar efektif dan cara mengatasi kesulitan belajar.
  • Bidang Sosial
    Layanan bimbingan konseling akan membantu mencari cara memilih teman yang baik, cara memelihara persahabatan yang baik dan cara mengatasi konflik dengan teman.
  • Bidang Pribadi
    Topiknya adalah pembentukan identitas karier, pengenalan karakteristik, dan lingkungan pekerjaan, serta pembentukan pola karier.
  • Bidang Kedisiplinan
    Hal yang sering menjadi pengenalan tata tertib sekolah dan pengembagan sikap serta prilaku disiplin.
  • Bidang Narkotika
    Topiknya adalah pengenalan bahaya pengguna narkoba dan pencegahan terhadap bahaya narkotika.
  • Bidang Perilaku Sosial
    Topiknya adalah pengenalan bahaya prilaku seks bebas, cara berpacaran yang baik, serta pencegahan perilaku seks bebas.

Layanan Bimbingan Perencanaan Individual

Di sini layanan berupa bimbingan yang bertujuan untuk dapat membantu seluruh siswa dalam membuat dan mengimplementasikan rencana-rencana pendidikan, karir dan kehidupan sosial pribadinya. Ada pun tujuan utama dari layanan ini adalah membantu siswa untuk belajar memahami perkembangan dirinya sendiri, dan merencanakan serta mengimplementasikan rencana-rencana hidupnya.

Ada pun  isi dari layanan perencanaan individual ini adalah sebagai berikut:

  • Bidang Pendidikan
    topiknya adalah perencanaan belajar dan perencanaan studi lanjutan.
  • Bidang Karir
    Dimana layanan bimbingan konseling akan membantu dalam  perencanaan pekerjaan, perencanaan ,jabatan , perencanaan kunjungan ke perusahaan-perusahaan dan perencanaan waktu luang untuk kegiatan yang produktif.
  • Bidang Sosial Pribadi
    Layanan bimbinga konseling dimana membantu dalam hal perencanaan pengembangan konsep diri yang positif, serta perencanaan pengembangan keterampilan-keterampilan sosial yang tepat.

Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah

Model Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah

Beberapa model layanan bimbingan konseling di sekolah dibuat dalam konsep yang berasumsi pada beberapa hal sebagai berikut:

  1. Program bimbingan yag menjadi suatu keutuhan yang mencakup dimensi terkait dan dilaksanakan secara terpadu.
  2. Adanya layanan bimbingan konseling ditujukan untuk seluruh siswa dengan menggunakan berbagai strategi.
  3. Layanan bimbingan konseling bertujuan untuk  mengembangkan seluruh potensi siswa secara optimal, mencegah timbulnya masalah dan menyelesaikan masalah siswa.
  4. Model layanan bimbingan konseling berpengaruh
    terhadap bagian dari seorang manusia akan mempengaruhi keseluruhannya. Setiap individu memiliki kebebasan untuk memilih apa yang diikuti dengan segala tangung jawab atas akibat yang timbul dari pilihan tersebut.

Itulah beberapa hal tentang Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah, setidaknya kita lebih memahami apa saja layanan yang diberikan dari bimbingan konseling yang ada di sekolah kita.