Pengertian Atom Beserta Massa, Gaya, Muatan, Dan Bentuk Atom Lengkap

Posted on

Pengertian Atom Beserta Massa, Gaya, Muatan, Dan Bentuk Atom Lengkap – Di dalam alam jagad raya ini terdapat beberapa partikel penyusun dari suatu unsur yang tidak kita lihat dan kita rasakan kehadirannnya namun memang ada.

Di dalam menyusun suatu unsur ini banyak partikel pendukungnnya dengan ukurannya yang sangat kecil dan tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang atau kita lihat tanpa bantuan dari alat utnuk melihat benda-benda kecil.

Dengan menggunakan alat tersebut kita dapat melihat partikel-partikel kecil yang di antaranya adalah atom. Atom sendiri memiliki ukuran yang sangat kecil dan banyak sekali jumlahnya. Untuk mengerti tentang apa itu atom akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Atom

Atom merupakan suatu kata yang berasal dari bahasa yunani yaitu adalah atmos dengan arti tidak dapat di potong kembali. Maka dari itu atom merupakan suatu partikel penyusun semua benda dengan ukurannya yang sangatlah kecil. Di dalam atom sendiri terdapat beberapa sub atom yaitu partikel yang menyusun atom dengan ukuranya yang sangat kecil.

Akan sulit bagi kita semua ketika membayangkan seberapa kecilnya atom ini, karena titik yang ada di akhir kalimatini memiliki panjang 20 juta atom. Di setiap atomnya terdapat inti yang di dalamnya terdiri dari proton dan uga neutron, dan electron yang ada dan bergeraknya di sekitar inti.

Setiap electron ini memiliki muatan atau tingkatan energy yang berbeda yang dapat di sebut sebagai kulit. Setiap kulitnya memiliki betas an jumlah untuk elektronnya apabila suatu electron yang ada di kulit pertama sudah dapat memenuhi batas maka electron tersebut akan dapat memenuhi kulit kedua dan seterusnya.

Massa Atom

Atom yang ada di dalam unsur berbeda memiliki massa yang bervasiasi juga. Massa itu akan tergantung kepada jumlah dari proton dan neutron yang ada di dalam inti atom. Ketika suatu atom hydrogen memiliki satu saja proton dan tidak memiliki neutron juga maka akan hanya memiliki massa atom satu. Dengan semakin besarnya massa atom maka akan semakin kecil atom tersebut.

Gaya Atom

Gaya atom, electron yang memiliki muatan negative akan tetap berada di dalam orbit dengan mengelilingi inti yang memiliki muatan positif dengan menggunakan gaya elektromagnetik. Gaya Tarik dari inti yang dapat menjaga proton dan juga neutrin dapat tetap beda di dalam inti atom dengan menggunakan gaya yang paling kuat di alam semesta ini. Gayanya yang seratus kali lebih kuat jika di bandingkan dengan gaya elektromagnetik.

Nomor Atom

Atom yang berasat dari zat berbeda memiliki suatu jumlah proton yang berbeda juga. Jumlah itu dapat di sebut dengan nomor atom. Jeka jumlah dari proton di dalam inti atom berubah makan si atom tersebut akan berubah pula menjadi atom yang memiliki sifat berbeda dari yang sebelumnya.

Muatan Listrik

Dari kebanyakan atom yang ada di dalamnya memiliki muatan listrik yang bersifat netral yang artinya jumlah dari proton dengan muatan positif dan jumlah dari electron dengan muatan negative sama jumlahnya. Muatan yang saling memiliki gaya Tarik menarik akan saling meniadakan.

Bentuk Atom

Atom berbentuk sangat variasi dengan sebuatannya yaitu isotope. Setiap masing-masing bentuk atom terdapat jumlah proton dan juga electron yang sama akan tetapi jumlah dari neutronnya yang berbeda. Maka semua isotope yang ada di atom memiliki nomor atom yang sama akan tetapi nomor massa yang berbeda.

Pengertian Atom Beserta Massa, Gaya, Muatan, Dan Bentuk Atom Lengkap

Isotope sendiri memiliki suatu sifat yang saa akan tetapi sifat dari kimianya yang berbeda. Dengan sebagian besar atom yang ada di dalam sautu unsur adalah satu jenis unsur.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Atom Beserta Massa, Gaya, Muatan, Dan Bentuk Atom Lengkap yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Atom tersebar di seluruh alam semesta ini dengan jenis dan bentuknya yang beragam, dengan begitu akan sangat banyak jenis-jensi atom yang ada di alam ini. Semoga bermanfaat 🙂