Pengertian Mahkamah Agung Beserta Kewajiban Dan Wewenangnya Lengkap

Posted on

Pengertian Mahkamah Agung Beserta Kewajiban Dan Wewenangnya Lengkap – Di dalam suatu Negara pastinya memiliki badan hukum yang memang khusus menangani masalah yang berkaitan dengan pelanggaran hukum yang ada.

Pelanggaran hukum dapat berupa pelanggaran larangan yang ada di dalam Negara yag di lakukan secara sengaja oleh seeorang. Pelanggaran itu dapat berakibat fatal dan dapat merugikan orang lain maka dari itu di larang oleh Negara.

Badan yang dapat melakukan penegakan hukum di Negara Indonesia ada mahkamah agung yang akan dapat menimbang dan memeberikan hukuman atau sanksi kepada setiap orang yang melanggar hukum. Untuk dapat mengerti mengenai apa itu mahkamah agung akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Mahkamah Agung

Mahkamah Agung merupakan suatu lembaga Negara badan kehakiman tertinggi yang dapat mebawahi suatu bdan peradilan di dalam lingkungan peradilan umum, di dalam peradilan militer, di dalam lingkungan peradilan agama, dan di dalam lingkungan peradilan tata usaha Negara. Mahkamah Agung atau yang di sebut sebagai MA berkedudukan di ibukota Negara.

Karena adanya perubahan dari ketiga UUD 1945 mengenai kekuasaan kehakiman di Indonesia yang dapat di lakukan oleh mahkamah agung dan juga mahkamah konstitusi. Susunan dari mahkamah agung sendiri terdiri dari pimpinan, hakim anggota, panitera, dan juga seorang sekretaris. Ketua Mahkamah Agung yang yang dapat di pilih dari dan oleh hakim agung yang kemudian dapat diangkat langsung oleh presiden.

Pengertian Mahkamah Agung Beserta Kewajiban Dan Wewenangnya Lengkap

Di dalam mahkamah agung terdapat hakim agung yang memiliki maksimal 60 orang. Hakim agung itu dapat berasar dari system karir dari hakim, atau jgua dapat berdasarkan system karir yang berasal dari kalangan profesi atau juga dapat dari akademisi. Calon dari hakim agaun gsendiri dapat di usulkan oleh KOmisi Yudisial yang di tujukan kepada DPR yang kemudian akan menadapatkan persetujuan dan akan di tetapkan sebagai hakim agung oleh presiden.

Kewajiban Dan Wewenang Mahkamah Agung

Kewajiban dan juga wewenang yang di miliki oleh mahkamah agung adalah:

  1. Dapat memiliki kewenangan di dalam mengadili pada tingkatan kasasi, dapat menguji suatu peraturan perundang-undangan yang ada di bawah Undang-undang, dan juga memiliki wewengan lainnya yang telah di berikan oleh undang-undang.
  2. Dapat mengajukan 3 orang yang akan menjadi anggota hakim konstitusi.
  3. Dapat memberikan pertimbangan di dalam hal presiden memberikan grasi dan rehabilitasi.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Mahkamah Agung Beserta Kewajiban Dan Wewenangnya Lengkap yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan adanya Mahkamah Agung akan membaut Negara kita kaya akan penegek hukum yang adil. Semoga bermanfaat 🙂