Pengertian Perkembangan Ekonomi dan Penjelasannya Lengkap

Posted on

Pengertian Perkembangan Ekonomi dan Penjelasannya Lengkap – Ekonomi adalah bidang yang penting dalam kehidupan kita. Untuk itu perlu kiranya kita mengetahui apa sih pengertian perkembangan ekonomi itu? Ada pun dalam membuat analisis definisi antara pertumbuhan dan perkembangan memang memiliki sebuah perbedaan. Sebab, kedua konsep definisi ini juga memiliki konsep yang berbeda. Berikut ini merupakan pengertian dari perkembangan ekonomi.

Pada dasarnya pengertian dari perkembangan ekonomi adalah indikasi dari adanya pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi sendiri merupakan perubahan kondisi dari perekonomian suatu negara yang secara berkesinambungan menuju ke keadaan yang lebih baik selama satu periode. Nah, perkembangan ekonomi ini mengikuti dari pertumbuhan ekonomi tersebut. Perkembangan ekonomi lebih kearah bagaimana pertumbuhan ekonomi suatu perusahaan atau lainnya mengalami perubahan berupa perkembangan dari beberapa sektor atau faktor pendukungnya.

Pengertian Perkembangan Ekonomi

Ada pun pengertian perkembangan ekonomi sendiri adalah proses perkembangan berupa kenaikan dalam jangka panjang dari satu negara (misalnya) atau perusahaan (misalnya) untuk menyediakan banyak barang yang mendukung perkembangan ekonomi yang disesuaikan dengan tingakat kebutuhan. Adanya perkembangan ekonomi ini tidak jauh dari pembangunan ekonomi.

Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses kenaikan suatu pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk yang disertai dengan adanya perubahan fundamental di dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk di suatu negara tersebut. Untuk melihat bagaimana perkembangan ekonomi kita bisa melihat faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan ekonomi.

Faktor-Faktor Perkembangan Ekonomi

Seperti sudah dijelaskan bahwa pengertian perkembangan ekonomi saling berkolerasi dengan pertumbuhan ekonomi. Berikut ini faktor-faktor perkembangan ekonomi yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi, antara lain:

1. SDM (Sumber Daya Manusia)

Hal pertama yang dipengaruhi dari proses pertumbuhan ekonomi ke arah perkembangan ekonomi adalah dipengaruhi oleh faktor SDM. Faktor SDM ini memiliki pengaruh yang penting terutama dalam hal proses perkembangan ekonomi. Proses perkembangan ekonomi ini dimunculkan juga dalam proses pembangunan yang mengikuti. Di dalam proses pembangunan ini entah cepat atau lambat bergantung dari SDM yang menjadi subjek dalam pembangunan dan kompetensi yang dimiliki memadai untuk proses perkembangan ekonomi sendiri.

2. SDA (Sumber Daya Alam)

Selain SDM, SDA atau Sumber Daya Alam juga menjadi faktor yang penting dalam mempengatuhi pertumbuhan ekonomi. Mengapa? Hal ini dikarenakan sebagian besar dari negara berkembang, menjadikan perkembangan ekonomi negaranya bergantung dari SDA yang dimiliki. Akan tetapi, jika sebuah negara tersebut memiliki SDA yang baik namun tidak didukung dengan kualitas SDM yang berkualitas maka tentunya tidak akan mudah untuk mendapatkan hasil produksi yang baik dari SDA.

3. IPTEK

IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi juga menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan teknologi. Dengan melihat perkembangan teknologi yang canggih maka dalam mendapatkan proses perkembangannya juga lebih cepat. Tentunya hal ini akan mendukung perkembangan ekonomi.

4. Budaya

Ternyata budaya juga memberikan dampak tersendiri dalam proses perkembangan dan pertumbuhan ekonomi. Faktor budaya memiliki fungsi untuk membangkitkan dan mendorong terjadinya proses pengembangan dan pembangunan ekonomi. Faktor budaya menjadi faktor utama karena sikap kerja, cerdas, ulet dan jujur.

5. Modal

Modal menjadi salah satu faktor yang menentukan perkembangan ekonomi. Modal sendiri juga berkesinambungan dengan SDM. Modal menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk proses perkembangan ekonomi. Sebab, modal inilah yang nantinya akan meningkatkan hasil produktivitas dari pekerjaan yang akan dikerjakan.

Faktor-faktor penghambat perkembangan ekonomi

Selain faktor yang mendukung perkembangan ekonomi ada juga faktor penghambat yang perlu kita ketahui agar perkembangan ekonomi tidak terhambat. Antara lain:

1. KKN

Adanya KKN ini akan  mempersulit sebuah negara untuk mengalami pertumbuhan dan perkembangan disektor perekonomian. Sehingga akan menimbulkan kekacauan yang tidak terkendali dalam perkembangan ekonomi.

2. Inflansi

Sama halnya dengan  KKN, inflansi juga akan  memberikan dampak terjadinya penurunan indeks kepercayaan dari konsumen karena masyarakat sendiri cenderung untuk mengurangi melakukan proses berbalanja. Karena mereka menjadi berhati – hati terhadap barang dan takut terjadinya resiko kenaikan harga yang tinggi.

Pengertian Perkembangan Ekonomi dan Penjelasannya Lengkap

3. Suku bunga yang tinggi

Bunga yang tinggi juga dapat mempengaruhi terjadinya investasi dari beberapa pengusaha yang juga akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi terutama dari negara-negara berkembang

4. Kenaikan harga BBM

Kenaikan  harga BBM juga sangat mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Hal ini dikarenakan dampak dari kebijakan yang dikeluarkan sehingga pada akhirnya memberikan efek Mutiplayer effect yang dapat mempengaruhi seluruh pertumbuhan dan perkembangan ekonomi secara nasional.

5. Tingkat keamanan

Jika ingin perkembangan ekonomi yang lancar maka anda harus menciptakan kondisi keamanan yang kondusif. Sebab hal ini juga akan mempengaruhi kondisi ekonomi yang menjadi lebih stabil lebih kuat. Untuk itu sangat penting membuat stabilitas dalam bidang politik dan juga keamanan.

Demikian Pengertian Perkembangan Ekonomi dan Penjelasannya Lengkap yang dapat anda jadikan bahan pembahasan dalam sektor perekonomian.