Cara Membuat dan Contoh Proposal Kegiatan Lengkap

Posted on

Cara Membuat dan Contoh Proposal Kegiatan Lengkap – Di dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan memang dibutuhkan sebuah proposal. Proposal tersebut dinamakan dengan proposal kegiatan. Ada pun tujuan dari proposal kegiatan tersebut berisi tentang agenda tujuan dan keperluan apa saja yang dibutuhkan oleh penyelenggara kegiatan tersebut. Tidak semua agenda kegiatan berlangsung lancar. Maka anda membutuhkan proposal kegiatan tersebut.

Untuk itu agar rencana kegiatan anda berlangsung lancar anda perlu merencanakan dengan baik. Salah satunya adalah dengan membuat proposal kegiatan. Anda harus melakukan berbagai persiapan dengan matang, mulai dari kepanitiaan, pemilihan lokasi kegiatan, persiapan anggaran, dan tidak kalah pentingnya adalah partisipasi pihak-pihak terkait atau sponsor.

Cara Membuat dan Contoh Proposal Kegiatan Lengkap

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan sponsor adalah dengan membuat sebuah proposal kegiatan. Adanya sponsor dalam sebuah kegiatan dapat memberikan banyak manfaat. Salah satunya dalam hal finasial dan publikasi acara anda. Dengan adanya pembuatan proposal serta diajukan kepada pihak sponsor, akan membantu pihak sponsor tersebut melihat keuntungan apa saja yang akan didapatkan oleh pihak sponsor tersebut. Proposal tidak hanya berfungsi untuk menunjukkan visi yang Anda bawa, tetapi juga menunjukkan kepada mereka betapa spesial kegiatan tersebut, dan bagaimana kegiatan itu akan dikunjungi oleh banyak orang.

Cara Membuat Proposal

Dibawah ini ada beberapa cara penting dalam membuat proposal kegiatan yang benar dan dapat menarik perhatian sasaran sponsor anda. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat proposal kegiatan, antara lain:

1. Latar belakang

Anda bisa menuliskan alasan-alasan mengapa anda mengadakan kegiatan tersebut. Anda harus menuliskan latar belakang yang jelas dengan menyebutkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi latar belakang kegiatan tersebut. Kemudian momen-momen apa yang membuat terlaksanaya acara kegiatan tersebut.

2. Tujuan kegiatan

Tentunya dengan mengadakan sebuah kegiatan memiliki tujuan tertentu. Biasanya terdapat empat jenis katagori besar dalam melakukan sebuah acara kegiatan antara hiburan, kebudayaan, acara pribadi, dan acara yang dilaksanakan oleh sebuah lembaga. Empat kategori kegiatan tersebut memiliki jenis tujuan masing-masing.

3. Konsep acara kegiatan

Konsep merupakan ulasan jelas dari ide utama dalam sebuah kegiatan. Di dalam konsep tersebut akan dijelaskan bagaimana desain, aktivitas dari sebuah acara kegiatan yang akan dilaksanakan. Usahakan untuk membuat konsep acara yang jelas. Sehingga pihak sponsor juga dapat mengetahui porsi mereka dalam memberikan layanan.

4. tema acara kegiatan

tema dan konsep memang terkadang memiliki kemiripan. Namun, dua kata ini memiliki maksud yang berbeda. Konsep lebih ditujuhkan kepada pengalaman yang akan dilakukan. Sedangkan, tema merujuk kepada hal-hal yang terlihat secara nyata. Dalam sebuah kegiatan, tema bisa berarti pemilihan dekorasi, warna, tata lokasi, dan sebagainya.

5. Menyusun jadwal kegiatan

Bukan hanya panitia saja yang membutuhkan jadwal kegiatan, namun pihak sponsor harus mengetahui tahap acara kegiatan yang akan anda lakukan. Ada pun susunan dari jadwal kegiatan terdiri dari waktu (pukul berapa acara anda dimulai) dan sub-sub acara pendukung lainnya. Hingga pada acara penutup.

6. Desain proposal

Di dalam pembuatan sebuah proposal Anda harus melampirkan desain tata lokasi, mulai dari penggunaan banner, layar, tata ruang, dan sebagainya. Dalam gambar tersebut, perlihatkan juga penempatan posisi merek sponsor yang turut berpartisipasi dalam kegiatan.

7. Anggaran dana

Dan yang paling penting adalah penyusunan anggaran dana. Dalam penyusunan anggran dana anda harus memperhitungkan segala kebutuhan acara kegiatan anda secara jelas. Untuk itu dibutuhkan sie bendahara dalam menyusun anggaran dana. Misalnya saja dalam agenda kegiatan sebuah acara yang besar dan spektakuler tetapi menghabiskan dana yang kelewat besar bisa jadi justru menunjukkan kurang piawainya para panitia dalam mengelola acara. Untuk itu, Anda harus melakukan riset yang mendalam terkait harga-harga barang dan layanan jasa yang dicantumkan dalam anggaran dana kegiatan. Misalnya, nilai sewa gedung, dana konsumsi, dekorasi, sewa kursi dan meja, dan lain-lain. Hal ini juga yang menjadi salah satu persoalan penting dalam mencari sebuah sponsor.

Dari ketujuh hal tersebut dapat digunakan sebagai cara dan contoh membuat proposal kegiatan. Demikianlah pembahasan kita mengenaiĀ Cara Membuat dan Contoh Proposal Kegiatan Lengkap, semoga bermanfaat. terimakasih šŸ™‚