Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Posted on

Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia – Pancasila merupakan kaidah dasar negara kesatuan Indonesia. Hal tersebut berarti bahwa hukum baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis dan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam negara Republik Indonesia harus bersumber pada kaidah dasar negara. Penerapan Pancasila sebagai dasar negara memiliki konsekuensi setiap kebijakan hukum harus bersumber dan berdasar pada Pancasila. Dampak selanjutnya adalah apabila ada peraturan (termasuk di dalamnya UUD 1945) yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur Pancasila, maka sudah sepatutnya peraturan tersebut dicabut.

Pancasila sebagai dasar negara juga harus menjadi konsepsi dasar tentang kehidupan yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia. Dalam konsepsi dasar tersebut terkandung gagasan dan pikiran tentang kehidupan yang dianggap baik dan benar bagi bangsa Indonesia yang bersifat majemuk. Pancasila sebagai dasar negara juga berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut memiliki arti Pancasila sebagai petunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di segala bidang.

Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Pancasila direnungi dan dilahirkan dari budaya bangsa sendiri yang sudah ada, tumbuh, dan berkembang berabad-abad lamanya. Pancasila adalah nilai luhur milik bangsa Indonesia sejak sebelum mendeklarasikan diri sebagai bangsa Indonesia. Nilai-nilai tersebut menancap di hati setiap leluhur kita. Nilai-nilai tersebut dipegang dengan teguh sebagai pandangan hudup leluhur kita jauh sebelum Indonesia lahir. Pancasila merangkum nilai-nilai yang terkandung dalam adat-istiadat, kebudayaan, dan agama-agama yang ada di Indonesia. Pancasila menjadi dasar pandangan hidup dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia.

Pancasila berperan sebagai sebuah ukuran/kriteria umum yang diterima dan berlaku sama untuk semua pihak. Pancasila mengandungi gagasan-gagasan yang tersusun secara sistematis yang diyakini kebenarannya oleh suatu masyarakat, kemudian diwujudkan di dalam kehidupan nyata. Dasar pandangan Pancasila yang tercermin dalam hidup ditempatkan secara sistematis dalam seluruh aspek kehidupan mencakup aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan didalam upaya mewujudkan cita-cita dalam bernegara. Dasar negara diharapkan mampu menjadi pegangan dan pedoman untuk negara dalam memecahkan masalah-masalah politik, ekonomi, sosial dan budaya yang timbul dalam gerak masyarakat yang makin maju.

Beberapan alasan mengapa Pancasila memenuhi syarat sebagai dasar negara Indonesia

1. Pancasila mampu menampung keadaan yang beragam dalam bangsa Indonesia. Dapat ditinjau dari keanekaragaman agama, suku bangsa, adat budaya, ras, golongan dan sebagainya. Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, menjamin kebebasan seluruh warga negara dalam urusan keyakinan dan peribadatan. Sementara itu Sila ketiga, persatuan Indonesia, mengikat keanekaragaman dalam satu kesatuan bangsa dengan tetap menjunjung sikap saling menghormati.

2. Pancasila menjamin keutuhan kehidupan bangsa Indonesia yang plural. Sikap menjunjung tinggi dan menghargai manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan secara adil. Hal tersebut terterah dalam sila kedua yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab.

3. Pancasila memiliki potensi menjamin keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Sebagai bangsa yang terdiri atas ribuan pulau, dengan budaya yang berbeda-beda dan ratusan bahasa yang berbeda, memerlukan sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.

4. Pancasila memberikan jaminan terhadap berlangsungnya demokrasi dan terjaganya hak asasi manusia sesuai dengan budaya bangsa. Hal ini dijamin oleh butir sila keempat Pancasila yakni Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

5. Pancasila mampu mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. Sila kelima adalah Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia harus menjadi acuan dalam mencapai tujuan tersebut.

Masalah yang nyata adalah bagaimana Pancasila dapat efektif berfungsi sebagai sebagai dasar negara. Ada beberapa fakor yang sangat mempengaruhi suatu dasar yang sudah menjadi nilai tetap dapat bertahan, yakni (1) bahwa dasar negara haruslah berisi nilai-nilai dasar yang berkualitas, (2) dasar negara dipahami sampai pada tingkat sikap dan tingkah laku masyarakat, (3) terdapat kemampuan masyarakat untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran yang relevan dengan nilai dasar Pancasila tanpa menghilangkan esensi Pancasila, dan (4) seberapa jauh dasar negara itu membudaya dan diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Berkaca pada fakta sejarah yang telah membuktikan faktor kualitas nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar Negara tidak perlu diragukan. Namun, faktor pemahaman dan sikap masyarakat, faktor kemampuan masyarakat, dan faktor pembudayaan dan pengamalan Pancasila sebagai dasar negara masih memerlukan upaya yang lebih berarti lagi untuk mempertahankan dan mengokohkan Pancasila. Berangkat dari penjabaran tersebut perlu adanya usaha secara yang serius dalam segala aspek kehidupan masyarakat untuk memahami Pancasila sebagai dasar negara.

Demikianlah pembahasan kita mengenaiĀ Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. terimakasih šŸ™‚