Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli Lengkap – Manajemen Perusahaan, istilah dari manajemen lebih sering kita dengar dari sebuah perusahaan. Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam perusahaan terdapat berbagai divisi yang menggunakan tingkatan dalam kepemimpinannya. Ada pun pengertian dari manajemen perusahaan adalah proses memimpin, pengadministrasian dan mengarahkan perusahaan. Di dalam proses manajemen perusahaan ini menggunakan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.

Pada umumnya manajemen perusahaan tidak jauh berbeda dari manajemen-manajemen lainnya. Ada pun perbedaannya terletak dari fungsi, tugas dari sistem manajemen itu sendiri. Istilah kata manajemen berasal dari bahasa Inggris yakni manage atau yang diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu mengendalikan atau mengelola. Selain itu definisi dari istilah manajemen adalah suatu seni mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan utama dalam suatu organisasi melalui proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), dan mengelola (Controlling) sumber daya manusia dengan cara efektif dan efisien.

Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli

Kemudian berikut ini adalah pengertian manajemen perusahaan yang dilihat dari sudut pandang para ahli, antara lain:

1. Menurut George R. Terry (1997)

Manajemen perusahaan adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya.

2. Menurut Koontz

Manajemen perusahaan adalah suatu seni yang produktif yang didasarkan pada suatu pemahaman ilmu,  ilmu dan seni tidaklah bertentangan, namun masing masing saling melengkapi.

3. Menurut Stoner

Istilah manajemen perusahaan adalah sebuah ilmu manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

4. Menurut Wilson

Manajemen adalah sebuah rangkaian tindakan tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. prosess merupakan suatu rangkaian aktivitas yang dijalankan dengan sistem yang sistematis.

5. Menurut Lawrance A Appley

Manajemen dalam sebuah perusahaan merupakan sebuah seni untuk mencapai sebuah tujuan yang dinginkan dan dilaksanakan dengan usaha orang lain.

6. Menurut Mary Parker

Manajemen perusahaan sebagai suatu seni, dimana tiap-tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain.

Tingkatan dalam Manajemen Perusahaan

Di dalam manajemen perusahaan juga memiliki tingkatan atau level yang terdiri dari beberapa bagian antara lain:

  1. Yang pertama adalah Top Management, terdiri dari Board of Director atau Chief of Executive, dan Senior Executive.
  2. Yang kedua adalah Midle Management; terdiri dari Departement of Division Head.
  3. Yang terakhir adalah Lower Management; terdiri dari Superintenden, General Foreman, dan Supervisor .

Jika dilihat dari sisi kemampuan berfikir dan manajerial maka semakin tinggi tingkat kedudukan seseorang dalam suatu organisasi maka akan akan dituntut kemampuannya dalam hal: Konseptual atau membuat konsep tentang arah dan tujuan akhir organisasi yang ingin dicapai. Menentukan Strategi, Menguasai dan memahami konsep secara Makro, demikian sebaliknya semakin rendah kedudukan seseorang yang dituntut darinya adalah kemampuan dalam hal : teknis operasional, dan kemampuan secara mikro.

Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli Lengkap

Di dalam menjalankan sebuah manajemen perusahaan juga memliki sistem atau divisi atau departemen kepemimpinannya yang bertingkat yaitu:

1. Human Research
Devisi ini memiliki tugas dalam memberikan saran dan wawasan untuk menarik, mempertahankan dan memberikan apresiasi pada karyawan.

2. Credit Risk
Devisi ini mengawasi dan melindungi aset perusahaan. Devisi ini memiliki informasi lengkap dan dapat berpengaruh pada perusahaan.

3. Corporate Treasury
Devisi ini mengelola sumber daya keuangan secara global untuk mencapai tujuan.

4. Compliance
Devisi ini pada perusahaan bertugas untuk mengidentifikasi dan memberikan bimbingan pada pelanggaran kepatuhan dan mendesain program peraturan yang efektif dalam mendukung komitmen perusahaan.

5. Firm Risk Management
Devisi ini juga mengembangkan manajemen risiko untuk digunakan pada kerjasama dengan perusahaan lain.

6. Firm Strategy and Execution
Membantu dalam pengambilan keputusan untuk memperkuat jasa keuangan secara global.

7. Finance
Melaporkan keuangan perusahaan kepada CEO.

8. Internal Audit
Memberikan tinjauan independen dari kualitas pengendalian internal, manajemen risiko, dan sistem tata kelola proses perusahaan.

9. Market Risk
Mengelola semua eksposur risiko pasar dalam kegiatan bisnis perusahaan.

10. Operational Risk
Bekerja sama dengan unit bisnis dan kelompok kontrol untuk membantu memastikan perusahaan memiliki program yang transparan.

Demikianlah pembahan singkat kita mengenai Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli Lengkap, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih 🙂