14 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenis Persepsi Terlengkap

Posted on

14 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenis Persepsi Terlengkap – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang persepsi. Apa itu persepsi? dan apa saja jenis-jenis dari persepsi? semua akan dibahas lengkap dibawah ini. Untuk itulah bacalah dengan seksama ulasan berikut ini.
14 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenis Persepsi

Persepsi meliputi semua sinyal dalam sistem saraf, yang merupakan hasil dari fisik atau kimia dari organ pengindra. Persepsi dibentuk oleh pembelajaran, ingatan, harapan, dan perhatian. Fungsinya sangat bergantung pada sistem saraf.

Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli

Persepsi berasal dari bahasa latin yaitu perceptio, percipio yang artinya adalah tindakan menyusun, mengenali, dan menafsirkan informasi sensoris untuk memberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan. Selain pengertian secara umum diatas, berikut ini adalah pengertian persepsi menurut beberapa ahli.

  1. Joseph A. Devito

    Pengertian persepsi menurut Joseph A. Devito adalah proses menjadi sadar akan banyaknya stimulus yang mempengaruhi indera kita.

  2. Maramis

    Pengertian persepsi menurut Maramis adalah daya mengenal barang, kualitas atau hubungan dan perbedaan melalui proses mengamati, mengetahui dan mengartikan setelah panca indera mendapat rangsangan.

  3. Desirato

    Pengertian persepsi menurut Desirato adalah pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.

  4. Eysenck Dalam Asrori (2009:215)

    Pengertian persepsi menurut Eysenck adalah proses belajar dan pengalaman. Hasil proses belajar dan interaksi seseorang akan memberikan pengalaman bagi dirinya untuk dapat membandingkan keadaan yang dihadapi.

  5. Robbins (1999:124)

    Pengertian persepsi menurut Robbins adalah kesan yang diperoleh individu melalui panca indera kemudia dianalisa, diinterprestasikan, dan kemudia dievaluasi, sehingga individu tersebut memperoleh makna.

  6. Irwanto (1991:71)

    Pengertian persepsi menurut Irwanto adalah proses diterimanya rangsang (objek, kualitas, hubungan antar gejala, maupun peristiwa) sampai rangsang itu disadari dan dimengerti.

  7. Wirawan Sarwono (1983:89)

    Pengertian persepsi menurut Wirawan Sarwono adalah kemampuan seseorang untuk mengorganisir suatu pengamatan. Kemampuan tersebut antara lain, kemampuan membedakan, mengelompokkan, dan memfokuskan.

  8. Slameto (2010:102)

    Pengertian persepsi menurut Slameto adalah proses yang berkaitan dengan masuknya pesan atau informasi kedalam otak manusia.

  9. Rahmat (1990:64)

    Pengertian persepsi menurut Rahmat adalah pengalaman tentang objek, peristiwa dan hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.

  10. Asrori

    Pengertian persepsi menurut Asrori adalah proses individu dalam menginterprestasikan, mengorganisasikan dan memberi makna terhadap stimulus yang berasal dari lingkungan dari individu berada, hal ini merupakan hasil dari proses belajar dan pengalaman.

  11. Purwodarminto

    Pengertian persepsi menurut Purwodarminto adalah tanggapan langsung dari suatu serapan atau proses seseorang dalam mengetahui beberapa hal melalui penginderaan.

  12. Bimo Walgito

    Pengertian persepsi menurut Bimo Walgito adalah suatu proses yang didahului oleh penginderaan yaitu merupakan proses yang berwujud diterimanya stimulus oleh invidu melalui alat indera atau juga disebut proses sensoris.

  13. Kamus Besar Psikologi

    Pengertian persepsi menurut Kamus Besar Psikologi adalah suatu proses pengamatan seseorang terhadap lingkungan dengan menggunakan indra-indra yang dimiliki sehingga ia menjadi sadar akan segala sesuatu yang ada dilingkungannya.

  14. Gibson

    Pengertian persepsi menurut Gibson adalah proses kognitif yang dipergunakan oleh individu untuk menafsirkan dan memahami dunia sekitarnya.

Jenis-Jenis Persepsi

Persepsi mempunyai beberapa jenis hal ini karena proses pemahaman terhadap rangsang atau stimulus.

  1. Persepsi Visual

    Persepsi visual diperoleh dari indera penglihatan. Persepsi visual adalah persepsi yang paling awal atau pertama kali berkembang pada bayu, dan hal ini memengaruhi bayi dan balita untuk memahami dunianya. Persepsi visual adalah topik utama dalam bahasan persepsi secara umum. Persepsi visual adalah hasil dari apa yang kita lihat baik sebelum melihat atau masih membayangkan dan sesudah melakukan pada objek yang dituju.

  2. Persepsi Auditori

    Persepsi jenis ini didapat dari indera pendengaran berupa telinga.

  3. Persepsi Perabaan

    Persepsi perabaan didapat melaui indera takti berupa kulit.

  4. Persepsi Penciuman

    Persepsi penciuman atau olfaktori didapat dari indera penciuman yaitu hidung.

  5. Persepsi Pengecapan

    Persepsi ini didapat dari indera pengecapan yang berupa lidah.

  6. Persepsi Selektif

    Persepsi selektif adalah menginterprestasikan secara selektif apa yang dilihat seseorang yang berdasarkan minat, latar belakang, pengalan dan sikap seseorang.

Demikianlah telah dijelanskan tentanng 14 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenis Persepsi Terlengkap, semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung