Pengertian Indeks Harga, Kegunaan, Ciri, Jenis, Peranan Indeks Harga Lengkap

Posted on

Pengertian Indeks Harga, Kegunaan, Ciri, Jenis, Peranan Indeks Harga Lengkap – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Indeks Harga. Pembahasan yang meliputi pengertian, kegunaan, ciri-ciri, jenis-jenis indeks harga dan peranan indeks harga. Untuk lebih lengkapnya simaklah ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Indeks Harga, Kegunaan, Ciri, Jenis, Peranan Indeks Harga Lengkap

Pengertian Indeks Harga

Indeks harga adalah perbandingan perubahan suatu harga dari tahun tertentu (given year) terhadap tahun dasar (based year). Atau bisa juga diartikan sebuah presentase yang mengukur satu variabel pada suatu waktu tertentu atau lokasi relatif terhadap besarnya variabel yang sama pada waktu dan lokasi lainnya. Bisa juga indeks harga adalah suatu ukuran yang memberikan informasi tentang perubahan yang terjadi pada harga dari setiap waktu ke waktu lainnya.

Kegunaan Indeks Harga

Kegunaan indeks harga adalah:

  • Sebagai dasar dalam pembuatan kebijakan ekonomi
  • Sebagai dasar dalam penentuan kebijakan harga
  • Sebagai alat untuk ukur tingkat kemajuan ekonomi
  • Sebagai alat untuk menyelidiki faktor-faktor yang mendorong
  • Sebagai alat dalam menentukan harga bagi para pedagang

Ciri-Ciri Indeks Harga

Ciri-ciri dari indeks harga adalah sebagai berikut

  • Indeks harga dipergunakan sebagai standar perbandingan harga dari waktu ke waktu.
  • Ketika menetapkan indeks harga harus didasarkan pada harga yang relevan
  • Indeks harga penetapannya berdasarkan sampel, bukan populasi
  • Indeks harga penghitungannya berdasarkan waktu yang memiliki ekonomi yang stabil
  • Perhitungan indeks harga dengan cara menggunakan metode yang tepat dan sesuai
  • Cara menghitung indeks harga dapat dengan cara membagi harga tahun akan dihitung indeksnya dengan harga tahun dasar lalu dikali 100.

Jenis-Jenis Indeks Harga

Indeks harga terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  • Indeks Harga Konsumen (IHK)

    Indeks harga konsumen adalah penggambaran perubahan harga suatu barang dan/atau jasa yang dibeli oleh konsumen. Indeks harga konsumen menampilkan data tentang harga barang dan/atau jasa yang dikumpulkan dari berbagai daerah atau kota. Dalam data ini akan tergambar perilaku konsumen dalam membelanjakan pendapatan yang diperolehnya. Dalam pengambilan data terbagi menjadi empat kelompok yang terdiri dari makanan, pakaian, perumahan dan aneka barang dan jasa. Berdasarkan indeks harga konsumen (IHK) ini bisa digunakan dalam mengukur tingkat ekonomi suatu negara. Dapat juga menjadi dasar ketika menentukan gaji, uah, uang pensiunan dan kontrak lainnya.

  • Indeks Harga Produsen (IHP)

    Indeks harga produsen atau yang disebut juga dengan indeks harga pedagang besar adalah suatu perbandingan antara harga barang dan/atau jasa yang dibeli produsen pada waktu tertentu. Indeks harga produsen meliputi bahan mentah dan bahan setengah jadi dan jenis barang yang dibandingkan dikelompokkan menjadi beberapa sektor dan setiap sektor mempunyai subsektor.

  • Indeks Harga Yang Harus Di Bayar Dan Diterima Petani

    Indeks harga yang dibayar petani adalah indeks harga yang menjadi gambaran perkembangan harga kebutuhan rumah tangga petani, baik itu kebutuhan konsumsi rumah tangga ataupun proses produksi pertanian yang terdiri dari pupuk, benih, dan obat-obatan. Indeks harga yang dibayar petani dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah, harga makanan, pakaian, perumahan, aneka barang dan nilai tukar uang.

  • Indeks Harga Implisit (GNP Deflator)

    Indeks harga implisit berguna untuk menentukan tingkat inflasi dari waktu ke waktu yang cara membandingkan GNP (Gross National Product) nominal pada tahun tertentu dengan GNP riil.

Peranan Indeks Harga

  1. Indeks harga merupakan petunjuk atau barometer dari keadaan ekonomi secara umum. Hal ini bermaksud sebagai berikut:
    -Indeks harga dapat menunjukan secara tepat tentang trend perdagangan
    -Indeks harga diterima oleh petani dapat menggambarkan kemakmuran dibidang agraria
  2. Indeks harga umum merupakan suatu pedoman untuk berbagai macam administrasi dan kebijakan perusahaan.
  3. Indeks harga dapat dipergunakan sebagai deflator. Pengaruh perubahan harga dapat dihilangkan dengan cara membagi nilai tertentu dengan indeks harga yang lebih sesuai.
  4. Indeks harga dapat digunakan sebagai pedoman ketika membeli berbagai jenis barang.
  5. Indeks harga barang konsumsi merupakan suatu pedoman dalam mengatur gaji buruh atau untuk menyesuaikan kenaikan gaji buruh ketika terjadi inflasi.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Indeks Harga, Kegunaan, Ciri, Jenis, Peranan Indeks Harga Lengkap semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung