Pengertian Kromosom, Struktur, Jenis, Bentuk, Jumlah Terlengkap

Posted on

Pengertian Kromosom, Struktur, Jenis, Bentuk, Jumlah Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang kromosom. Pembahasan yang meliputi pengertian, struktur, jenis, bentuk dan jumlah kromosom yang akan dibahas dengan lengkap. Untuk lebih jelasnya simaklah pembahasan dibawah ini.
Pengertian Kromosom, Struktur, Jenis, Bentuk, Jumlah Terlengkap

Pengertian Kromosom

Kromosom pertama kali dikemukakan oleh W.Waldenger dan mempunyai arti chroma yang  artinya warna dan soam yang artinya badan. Dari kedua kata tersebut kromosom dapat diartikan sebagai badan halus yang berbentuk batang panjang atau pendek, lurus atau bengkok yang mudah menyerap zat warna.

Dalam setiap makhluk hidup ukuran dan bentuk kromosom berbeda-beda. Didalam tubuh makhluk hidup kromosom terdapat di dalam inti sel. Kromosom ini yang membawa sifat individu dan membawa informasi genetika, karena didalam kromosom mengandung gen.

Struktur Kromosom

Kromosom sel-sel eukariota terdiri atas bahan kompleks yang disebut dengan kromatin. Kromatin tersusun atas 27% DNA (deoxyribonucleic acid) dan 67% protein, dan 6% RNA (ribonucleic acid). Sepertiga penyusun kromosom adalah DNA.

Protein didalam kromosom adalah berupa histon. Histon adalah protein yang konsentrasi asam amino yang tinggi dengan gugus tambahan (-NH2). Histon melekat erat di DNA, membentuk subunit-subunit seperti manik-manik pada rantai DNA yang disebut nukleosom.

Protein nonhiston pada kromosom lebih banyak mengandung asam amino gugus tambahan (-COOH) daripada histon. Sebagian besar protein nonhiston berubah menjadi enzim yang mengatalisis proses transkripsi dan replikasi asam nukleat.Enzim ini disebut enzim poimerase.

Struktur sebuah kromosom terdiri atas dua bagian, yaitu:

  1. Sentromer

    Sentromer/kinetokor atau yang disebut juga dengan kepala kromosom. Didalamnya terdapat gen. Sentromer berfungsi ketika pembelahan sel, yaitu sebagai tempat melekatnya benang-benang gelendong yang mengarahkan pembelahan sel. Berdasarkan letak sentromernya, kromosom dibedakan menjadi:

    • Kromosom metasentrik: letak sentromernya ditengah dan kedua lengannya sama panjang, atau disebut juga bentuk V.
    • Kromosom akrosentrik: letak sentromernya mendekati ujung sehingga lengannya sangat pendek, disebut bentuk J.
    • Kromosom submetasentrik: letak sentromernya mendekati bagian tengah sehingga lengan yang satu lebih panjang dari lengan lainnya.
    • Kromosom telosentrik: letak sentromernya di ujung sehingga hanya memiliki satu lengan, disebut bentuk I.
  2. Lengan Kromosom

    Lengan kromosom adalah badan dari kromosom itu sendiri. Disebut juga kromatid. Pada umumnya kromosom mempunyai dua lengan yang dibatasi oleh sentromer. Pada lengan kromosom tersusun oleh selaput (membran), kromonema, dan matriks.

Jenis Kromosom

Didalam sel tubuh suatu makhluk hidup pasti mempunyai satu set kromosom yang jumlahnya tertentu. Satu set tersebut dibedakan menjadi 2 jenis, pertama autosom (kromosom tubuh) dan gonosom (kromosom kelamin)

  • Autosom
    Autosom disebut juga dengan kromosom tubuh/kromosom somatik. Autosom adalah kromosom penentu sifat-sifat sel tubuh (sel somatik) tetapi tidak berperan dalam menentukan jenis kelamin suatu organisme. Jumlah autosom dalam sel tubuh adalah 2n-2, dimana n= jumlah seluruh kromosom. Dengan contoh, jumlah autosom sel tubuh manusia adalah 46-2= 44 atau 22 pasang.
  • Gonosom
    Gonosom disebut juga kromosom seks/kromosom kelamin karena kromosom ini yang berperan dalam menentukan jenis kelamin suatu organisme. Pada sel tubuh manusia ada dua buah kromosom seks. Jenis kelamin pada manusia ditentukan oleh jenis kromosom ini. Orang yang jenis kelamin laki-laki mempunyai kromosom X dan kromosom Y (XY), sedangkan untuk wanita mempunyai sepasang kromosom X (XX).

Bentuk Kromosom

Bentuk kromosom berdasarkan letak sentromernya, kromosom dibedakan menjadi beberapa bentuk yaitu ada kromosom yang mempunyai satu lengan, ada kromosom yang mempunyai dua lengan. Bentuk-bentuk dari kromosom adalah

  • Telosentrik: kromosom yang letak sentromernya di ujung kromosom.
  • Akrosentrik: kromosom yang letak sentromernya mendekati salah satu ujung
  • Submetasentrik: kromosom yang letak sentromernya mendekati bagian tengah kromosom
  • Metasentrik: kromosom yang letak sentromernya di tengah-tengah sehingga bentuknya seperti huruf V

Jumlah Kromosom

Jumlah krosomom setipa makhluk hidup berbeda-beda atau bervariasi. Makhluk hidup yang struktur tubuhya lebih kompleks kadang memiliki jumlah kromosom yan lebih banyak daripada makhluk hidup dengan struktur tubuh lebih sederhana. Contohnya adalah bakteri yang merupakan makhluk hidup dengan struktur tubuh sederhana dan hanya memiliki satu buah kromosom.

Walaupun bervariasi, jumlah kromosom setiap jenis organisme akan selalu tetap dan terdapat bentuk yang saling berpasangan.
Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  1. Manusia : 46 kromosom
  2. Simpanse: 48 kromosom
  3. Kera: 48 kromosom
  4. Kuda: 64 kromosom
  5. Lembu/sapi: 60 kromosom
  6. Keledai: 62 kromosom
  7. Anjing: 78 kromosom
  8. Kucing: 38 kromosom
  9. Tikus rumah: 40 kromosom
  10. Tikus sawah: 42 kromosom
  11. Merpati: 80 kromosom
  12. Ayam: 78 kromosom
  13. Kalkun: 82 kromosom
  14. Katak: 26 kromosom
  15. Ikan Mas: 94 kromosom
  16. Bintang Laut: 36 kromosom
  17. Ulat Sutra: 56 kromosom
  18. Lalat rumah: 12 kromosom
  19. Nyamuk:6 kromosom
  20. Cacing tanah: 36 kromosom

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Kromosom, Struktur, Jenis, Bentuk, Jumlah Terlengkap semoga dengan adanya penjelasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung