8 Pengertian Manajemen Operasional, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup Dan Contoh Terlengkap

Posted on

8 Pengertian Manajemen Operasional, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup Dan Contoh Terlengkap – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Manajemen Operasional. Pembahasan yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi, ciri-ciri, ruang lingkup dan contoh yang akan dijelaskan dengan lengkap. Untuk itu simaklah pembahasan dibawah ini.
8 Pengertian Manajemen Operasional, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup Dan Contoh Terlengkap

Pengertian Manajemen Operasional Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari ahli mengenai pengertian manajemen operasional diantaranya adalah:

  1. Jay Heizer Dan Berry Rander (2009:4)

    Pengertian manajemen operasional menurut Jay Heizer dan Berry Rander adalah serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.

  2. Wiliam J. Stevenson (2009:4)

    Pengertian manajemen operasional menurut Wiliam J. Stevenson adalah sistem manajemen atau serangkaian proses dalam pembuatan produk atau penyediaan jasa.

  3. Richard L. Darft (2006:216)

    Pengertian manajemen operasional menurut Richard L. Daft adalah bidang manajemen yang mengkhususkan pada produksi barang, serta menggunakan alat dan teknik khusus untuk memecahkan masalah produksi.

  4. James Evans Dan David Collier (2007:5)

    Pengertian manajemen operasional menurut James Evans Dan David Collier adalah ilmu dan seni untuk memastikan bahwa barang dan jasa diciptakan dan berhasil dikirim ke pelanggan.

  5. Eddy Herjanto (2007:2)

    Pengertian manajemen operasional menurut Eddy Herjanto adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan barang, jasa dan kombinasinya, melalui proses transformasi dari sumber daya produksi menjadi keluaran yang diinginkan.

  6. Pangestu Subagyo

    Pengertian manajemen operasional menurut Pangestu Subagyo adalah suatu penerapan ilmu manajemen untuk mengatur suatu kegiatan produksi atau operasi agar bisa dilakukan secara efisien.

  7. Umum

    Pengertian manajemen operasional secara umum adalah suatu pengelolaan secara maksimal penggunaan semua faktor produksi yang ada baik itu tenaga kerja (SDM), mesin, peralatan, bahan, dan faktor produksi yang lainnya dalam proses transformasi untuk menjadi berbagai macam produk barang atau jasa.

  8. Businesdictionary.com

    Pengertian manajemen operasional menurut businesdictionary adalah desain, pelaksanaan, dan pengendalian operasi yang mengkonversi sumber daya menjadi barang dan jasa yang diinginkan, dan menerapkan startegi bisnis perusahaan.

Tujuan Manajemen Operasional

Dalam sebuah manajemen operasional mempunyai tujuan, yaitu:

  • Meningkatkan Efisiensi (efficiency) yang bertujuan dala meningkatkan efisiensi
  • Meningkatkan efektivitas (Productivity) yang untuk meningkatkan produktivitas
  • Mengurangi Biaya (economy) yang untuk mengurangi biaya dalam operasional perusahaan
  • Meningkatkan Kualitas (Quality) untuk meningkatkan kualitas didalam perusahaan
  • Mengurangi waktu proses produksi (Reduced processing time) untuk mengurangi waktu dalam proses produksi perusahaan

Ciri-Ciri Manajemen Operasional

Dalam manajemen operasional mempunyai ciri-ciri atau karakteristik. Ahli Zulian Yamit (2003) menyebutkan karakteristik manajemen operasional yaitu:

  • Mempunyai tujuan untuk menghasilkan barang dan jasa
  • Mempunyai kegiatan yaitu dalam proses transformasi
  • Terdapat suatu mekanisme yang mengendalikan proses operasional

Fungsi Manajemen Operasional

Fungsi dari manajemen operasional diantaranya adalah:

  • Perencanaan
    Dalam fungsi perencanaan, seorang manajer operasi menentukan suatu tujuan perencanaan kualitas dan kuantitas untuk bahan baku yang dipakai dalam proses produksi barang atau jasa.
  • Pengorganisasian
    Dalam fungsi pengorganisasian manajer operasi menentukan sebuah struktur individu, grup, seksi, bagian, divisi untuk mencapai tujuan organisasi. Manajer operasi juga menentukan dalam sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan operasi dan mengatur wewenang, tanggung jawab yang digunakan dalam melaksanakannya.
  • Penggerakan
    Dalam fungsi penggerakan, sebuah manajemen operasional mempunyai fungsi yang dilakukan dengan memimpin, mengawasi dan memotivasi karyawan dalam melakukan pekerjaan.
  • Pengendalian
    Manajemen operasional memiliki fungsi untuk mengembangkan standar dan jaringan komunikasi yang diperlukan agar sebuah pengorganisasian dan penggerakan sesuai dengan yang direncanakan dan tercapainya tujuan.

Ruang Lingkup Manajemen Operasional

Ruang lingkup pada manajemen operasional berhubungan dengan beberapa aspek yang bisa dijelaskan sebagai berikut.

  • Aspek Struktural
    Aspek ini yaitu aspek yang berhubungan dengan pengaturan komponen yang sifatnya membangun suatu sistem manajemen operasional dan saling berinteraksi satu dengan lainnya.
  • Aspek Fungsional
    Aspek fungsional adalah aspek yang kaitannya dengan manajerial dan pengorganisasian semua perangkat struktural ataupun interaksi yang dimulai dari perencanaan, penerapan, pengendalian dan perbaikan supaya diperoleh sebuah kinerja yang optimal
  • Aspek Lingkungan
    Yaitu sebuah aspek dalam sistem manajemen operasional dalam memperhatikan perkembangan dan kecenderungan yang hubungannya erat terhadap lingkunganRuang lingkup diatas berhubungan dengan sebuah keputusan terhadap proses operasional pada sistem produksi, pemilihan dan persiapan sistem operasional yang meliputi:

    • Pengambilan sebuah keputusan terhadap perencanaan tentang jumlah kapasitas produksi
    • Pengambilan sebuah keputusan dalam perencanaan bangunan pabrik, tata letak fasilitas
    • Pengambilan sebuah keputusan dalam desain proses transormasi
    • Pengambilan sebuah keputusan dalam rancangan/desain aliran kerja
    • Pengambilan sebuah keputusan dalam manajemen persediaan
    • Pengambilan sebuah keputusan manajemen proyek
    • Pengambilan sebuah keputusan dalam membuat jadwal kerja
    • Pengambilan sebuah keputusan untuk pengendalian dan pengawasan kualitas
    • Pengambilan sebuah keputusan untuk pemeliharaan/maintanance fasilitas produksi

Contoh Manajemen Operasional

Contoh dari manajemen operasional adalah sebagai berikut:

  • Produk barang: Pertanian, perkebunan, perikanan, pabrik pembuatan produk barang, industri berat atau ringan, konstruksi, pertambangan, otomotif, perkantoran, perumahan.
  • Produk jasa: pendidikan, hukum, perdagangan, layanan masyarakat, transportasi, asuransi, administrasi, real estate, jasa perbaikan, jasa profesional.

Demikanlah telah dijelaskan tentang 8 Pengertian Manajemen Operasional, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup Dan Contoh Terlengkap semoga dapat menambah pengetahuan dan ilmu kalian. Terimakasih telah berkunjung