Pengertian Stiker, Fungsi, Bentuk, Contoh, Jenis Bahan Yang Digunakan Lengkap

Posted on

Pengertian Stiker Fungsi Bentuk Contoh Jenis Bahan Yang Digunakan Lengkap – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan yaitu tentang Stiker. Pembahasan yang lengkap mengenai stiker mulai dari pengertian, fungsi, jenis, bentuk, contoh dan bahan yang digunakan akan dibahas secara lengkap dan mudah dipahami. Untuk itu simaklah ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Stiker Fungsi Bentuk Contoh Jenis Bahan Yang Digunakan Lengkap

Stiker/sticker adalah suatu media informasi visual yang berupa lembaran kertas kecil atau plastik yang dapat ditempelkan. Jika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia stiker adalah lembaran kecil kertas atau plastik yang ditempel.

Stiker adalah media promosi yang ditempel atau dilekatkan pada produk atau barang yang menunjukan identitas suatu produk agar mudah dikenal orang.

Fungsi Stiker

Dalam dunia industri stiker berfungsi sebagai label yang ditempel pada botol, kemasan atau objek produk. Kualitas stiker yang bagus dapat menambah kepercayaan konsumen untuk membeli produk tersebut. Selain itu fungsi stiker dalam suatu promosi, bentuk stiker dan gambar yang menarik dapat meningkatkan daya beli produk.

Pada umumnya stiker berfungsi dalam meningkatkan nilai jual suatu produk dan sebagai media informasi produk kepada pelanggan atau konsumen.

Bentuk Stiker

Untuk bentuk, stiker biasanya dibuat sesuai dengan pemesanan dari pihak yang akan melakukan promosi. Bentuknya ada yang kotak atau bulat untuk yang sederhana hingga bentuk stiker yang dibuat dengan berbagai potongan yang hanya bisa dilakukan dengan pisau pond. Dijaman sekarang ini, banyak sekali muncul usaha cutting stiker, yang artinya bisa membuat stiker sesuai dengan keinginan dan bentuknya pun beragam dan ini dilakukan oleh mesin cutting.

Untuk tingkat teknologi yang sudah canggih. Bentuk stiker bisa dibuat dengan versi timbul, jadi seolah-olah gambar yang dihasilkan terlihat lebih nyata.

Contoh Stiker

Berikut ini kami sertakan beberapa contoh stiker yang bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Pengertian Stiker Fungsi Bentuk Contoh Jenis Bahan Yang Digunakan Lengkap

Jenis Bahan Stiker

Ada banyak jenis bahan stiker yang biasa dipakai dalam promosi diantaranya dibawah ini

  • Stiker Vinyl (dari bahan plastik)

    Dengan menggunakan bahan kertas yang lentur maka daya tahan jenis stiker ini sangat baik karena lebih tahan terhadap air dan cuaca. Namun jenis stiker ini tidak dapat diprin dengan printer inkjet biasa, hanya bisa diprint menggunakan Laserjet print.
    Jenis ini bahan ini memiliki permukaan yang glossy dan cocok diaplikasikan untuk stiker outdoor.

    Namun untuk percetakan yang sudah menggunakan teknologi digital printing bisa digunakan untuk mencetak pada keperluan pilkada dan pemilu. Bisa mencetak foto mirip dengan aslinya dan ini sangat bagus apabila ditempel pada mobil dan tidak luntur terkena hujan.

  • Stiker Chromo (dari bahan kertas licin)

    Bagus apabila dicetak fullcolor, dengan harga yang cukup murah. Biasanya diaplikasikan pada label botol, promosi, Pilkada dan stiker Pemilu dengan harga ekonomis. Kelemahan jenis bahan chromo ini adalah cepat luntur apabila terkena hujan.

  • Stiker HVS

    Jenis bahan ini sangat bagus untuk kegiatan industri/label. Jenis stiker ini bisa ditulis, bagus untuk sebuah travel, penerbangan, barcode dan lain-lain.
    Stiker ini bisa diprin menggunakan printer dengan tinta biasa. Kelemahannya adalah memiliki daya tahan terbatas, dan lemnya mudah mengelupas. Biasanya diaplikasikan pada souvenir

  • Stiker Crome

    Jenis bahan stiker ini mempunyai lapisan glitter atau berkilau. Untuk jenis stiker ini tidak dapat diprint. Biasanya dipakai untuk scorlet pada kendaraan bermotor, agar tidak tergores langsung mengenai bodi motor tersebut.

Demikianlah diatas telah dijelaskan Pengertian Stiker Fungsi Bentuk Contoh Jenis Bahan Yang Digunakan Lengkap. Semoga menambah pengetahuan kalian tentang Stiker. Terimakasih telah berkunjung