Pengertian Tindakan Sosial Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis Lengkap

Posted on

Pengertian Tindakan Sosial Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis Lengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang tindakan sosial. Pembahasan yang meliputi pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis yang akan dijelaskan secara lengkap.Untuk itu ikutilah ulasan berikut ini sampai selesai.

Pengertian Tindakan Sosial Menurut Para Ahli

Tindakan Sosial adalah suatu perbuatan, perilaku atau aktivitas untuk mencapai tujuan subjektif dirinya. Tindakan sosial dilakukan oleh individu, kelompok atau masyarakat yang bisa atau mampu mengarahkan kepada individu, kelompok lain mampu mempengaruhinya.
Pengertian Tindakan Sosisal Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis Lengkap

Ada pengertian lain dari tindakan sosial yang dikemukakan oleh beberapa ahli diantaranya adalah:

  • Max Weber
    Pengertian tindakan sosial menurut max weber adalah sebagai tindakan manusia yang dapat memengaruhi individu-individu lainnya dalam masyarakat.
  • Emile Durkheim
    Pengertian tindakan sosial menurut Emile Durkheim adalah sebagai perilaku manusia yang diarahkan oleh norma-norma dan tipe solidaritas kelompok tempat ia hidup.
  • Karl Marx
    Pengertian tindakan sosial menurut Karl Marx adalah sebagai aktivitas manusia yang berusaha menghasilkan barang, atau mencoba sesuatu yang unik untuk mengejar tujuan tertentu.

Ciri-Ciri Tindakan Sosial

Tindakan sosial memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dilihat sebagai berikut:

  • Tindakan ini bermakna atau memiliki arti subjektif
  • Tindakan ini sifatnya nyata yang miliki sifat membatin dan sifat subjektif
  • Tindakan yang berpengaruh positif
  • Tindakan mengarah kepada orang lain agar ikut serta
  • Tindakan yang dilakukan adalah respon/tanggapan terhadap tindakan orang lain

Jenis-Jenis Tindakan Sosial

Menurut ahli Max Weber (George Ritzer, 1992) tindakan sosial dapat dibagi menjadi empat kategori yang dapat dijelaskan sebagaimana tertera dibawah ini.

  1. Zwerk Rational (Rasionalitas Instrumental)

    Bapak Guru Santoso membeli mobil agar beliau dapat sampai sekolah lebih awal. Budi memilih untuk belajar materi matematika yang akan diujikan besok daripada menonton aksi balapan F1 di televisi.

    Dalam dua bentuk tindakan sosial diatas masuk dalam kategori Zwerk Rational. Tindakan tersebut dilakukan setelah melalui pertimbangan yang matang tentang tujuan dan cara yang diambil untuk tujuan itu. Zwerk Rational melekat pada tindakan yang diarahkan secara rasional untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
    Contoh tindakan sosial rasional:

    • Setelah lulus SMP, Afan memutuskan bekerja daripada melanjutkan SMA. Alasannya karena Afan ingin segera dapat membantu orang tuanya dan membantu biaya sekolah adik-adiknya.
    • Sebagai pelatih Paskibar SMA, pak Sudar mengatur latihan yang keras dan disiplin agar anak didiknya dapat lolos ke Paskibra Nasional.
    • Untuk membantu memahami pelajaran yang tidak dimengertinya disekolah, Iwan mendaftar ke Lembaga Bimbingan Belajar terbaik yang ada dikotanya.
  2. Werk Rational (Rasionalitas Nilai)

    Tindakan sosial ini hampir sama dengan jenis tindakan rasionalitas intrumental. Tetapi dalam werk rational tindakan-tindakan sosial ditentukan oleh pertimbangan atas dasar keyakinan individu pada nilai-nilai estetis, etis dan keagamaan. Contohnya adalah:

    • Seorang pemuda memberikan tempat duduknya kepada seorang wanita tua yang sedang hamil karena ia memiliki keyakinan etis bahwa anak muda harus hormat kepada orang tua.
    • Seorang remaja yang memberi tumpangan karena melihat orang tua berjalan, ia memiliki keyakinan etis bahwa dengan membantu orang lain maka hidupnya akan indah.
  3. Affectual Action (Tindakan yang dipengaruhi emosi)

    Tindakan sosial dipengaruhi oleh emosi atau perasaan pelakunya.
    Contoh:

    • Seorang ibu menangis begitu mendengar cerita sedih dari temannya. Tindakan ini
      terjadi secara langsung tanpa terlebih dahulu mempertimbangkan alasannya.
    • Hubungan kasih sayang seorang suami kepada istrinya atau hubungan cinta kasih dua remaja yang sedang jatuh cinta.
  4. Traditional Action (Tindakan karena kebiasaan)

    Tindakan sosial ini dilakukan karena mengikuti tradisi atau kebiasaan yang sudah ada sejak dulu atau baku. Seseorang bertindak karena sudah menjadi kebiasaan atau sudah rutin dilakukan. Contohnya:

    • Tradisi mudik jika lebaran idul fitri. Kebanyak orang memaksakan diri untuk pulang kampung walaupun harus susah payah, rela bekerja lebih untuk mewujudkannya.
    • Upacara adat yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan mengikuti kebiasaan atau adat yang telah turun-temurun.
    • Tradisi mencium tangan dan mengucapkan salam kepada orang tua saat akan pergi dari rumah.

Demikianlah diatas telah dijelaskan tentang Pengertian Tindakan Sosial Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis Lengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian