Pengertian VGA CARD, Fungsi, Jenis, Bentuk, Kelebihan Dan Kekurangan VGA Card Terlengkap

Posted on

Pengertian VGA CARD, Fungsi, Jenis, Bentuk, Kelebihan Dan Kekurangan VGA Card Terlengkap – Pada pembahasan materi kali ini kami akan menjelaskan tentang perangkat komputer yaitu VGA Card. Penjelasan ini meliputi tentang pengertian vga card, apa fungsinya, jenis-jenis vga card, bentuknya, kelebihan dan kekurangan dari vga card. Untuk lebih jelasnya simaklah ulasaan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian VGA CARD, Fungsi, Jenis, Bentuk, Kelebihan Dan Kekurangan VGA Card Terlengkap

Pengertian VGA Card

VGA (Video Graphics Array) adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987 (Wikipedia).
Pengertian lain dari vga card adalah sebuah kartu grafis yang fungsinya mengolah data grafis untuk ditampilkan pada layar monitor komputer.

VGA merupakan standar dalam grafis yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Seperti tampilan windows yang sampai sekarang masih menggunakan modus VGA yang karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

VGA card juga biasa dinamakan dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics adapter atau display adapter.

Fungsi Vga Card

Vga card berfungi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Misalnya untuk desain grafis atau bermain video game diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Selain itu vga card juga mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Kartu vga card juga berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis di layar monitor. Tempat letaknya kartu grafis pada komputer dinamakan dengan slot expansi. Chipset pada kartu VGA banyak macamnya karena setiap pabrik pembuat kartu VGA mempunyai chipset andalan masing-masing. Banyak produsen chipset vga seperti NVidia, ATI, Sis, STB, OTi, Number Nine (#9), Trident dan lain-lain

Jenis-Jenis VGA card

Vga card mempunyai beberapa jenis yang bisa dijelaskan sebagai berikut:

  • VGA ISA
    VGA ISA adalah jenis kartu vga yang dipasang pada slot ekspansi ISA (Industry Standart Architecture) bus yang bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit. Namun kartu jenis ini sudah tidak digunakan lagi, karena kecepatan transfer datanya yang lambat, tampilan kehalusan gambar dan kombinasi warna yang ditampilkan juga sangat terbatas. Teknologi slot ekspansi ISA bus sistem I/O 8-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981, sedangkan yang sistem I/O 16-bit pada tahun 1984.
  • VGA EISA
    VGA EISA adalah jenis kartu Vga yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Estended Industry Standart Architecture) bus yang sistem I/O nya 32-bit. Seperti pada generasi sebelumnya yaitu VGA ISA, kartu VGA EISA pada saat ini sudah tidak dipergunakan lagi, karena kecepatan yang terbatas, kehalusan gambar dan kombinasi warnaya yang dihasilkan juga terbatas. Teknologi slot eskpansi EISA bus dengan sistem I/O 32-Bit pertama kali dirilis pada tahun 1988 oleh “Gangs of Nine” (yaitu sebuah konsorsium vendor pembuat kompatibel dari IBM PC), yang mempunyai tegangan 5volt dan 12 volt dan kecepatan clock-nya 8,33 MHz sedangkankan kecepatan transfernya 32MB/s
  • VGA PCI
    VGA PCI adalah jenis kartu Vga yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang sistem I/Onya adalah 32-bit atau 64-bit. Kartu vga jenis ini untuk saat sekarang sudah jarang dipergunakan, karena adanya keterbatasan pada fitur-fiturnya. Pada tahun 1993 pertama kali teknologi slot ekspansi PCI ini dipakai dengan sistem I/O nya 32-bit atau 63-bit.
  • VGA AGP
    VGA AGP adalah jenis kartu Vga yang dipasang pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang sistem I/O nya adalah 128-bit atau 256-bit. Awalnya kartu Vga ini dibuat untuk meningkatkan transer data terhadap memori secara signifikan dari CPU ke perangkat “tampilan atau display”.Kartu ini dikeluarkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu AGP 1x dan AGP 2x dengan nilai tegangan 3,3 volt, AGP 4x dan AGP 8x dengan nilai tegangan 1,5 volt, dan AGP Universal. Jenis terakhir darai VGA AGP adalah AGP Pro.
  • VGA PCIe
    VGA PCIe adalah jenis kartu Vga yang dipasang pada slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang sistem I/O nya adalah berangkaian seri. Dengan kecepatan transfer hingga 32GB/s. Slot PCIe adalah pengembangan selanjutnya dari generasi slot ekspansi PCI. Dengan kemampuan luar biasa, dengan nama PCI Express yang diperuntukkan guna memasang peralatan-peralatan interface (antarmuka) dengan teknologi terkini yang membutuhkan kecepatan transfer sangat tinggi.
    Teknologi slot PCIe dengan sistem I/O berangkaian seri pertama kali digunakan pada tahun 2004. Dan versi slot ekspansi PCIe yang beredar di pasaran adalah PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x.

Bentuk Vga Card

Menurut bentuknya Vga card terbagi menjadi 2 bentuk yaitu VGA Card On board dan VGA Card add-on. Kartu VGA onboard bisa ditemukan pada semua mainboard/motherboard pada komputer atau laptop yang sudah terpasang satu paket.

Jenis Vga onboard dapat digunakan untuk menampilkan output pada layar dengan sangat baik. Namun jika ingin melakukan pemprosesan grafis yang tingkat tinggi, kita perlu kartu VGA Card Add-on jika dirasa Vga card onboard kurang maksimal hasilnya. Untuk para desainer, gamer dengan spesifikasi tinggi atau 3D, editor film sangat memerlukan VGA Card Add-on ini.

Oleh sebab itu, VGA Card Add-on pemasangannya sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tetapi perangkat ini hanya bisa ditambahkan pada personal komputer saja, untuk laptop tidak tersedia slot penambahan kartu vga. Dan juga Vga Card add-on ini membutuhkan daya listrik yang tinggi dan hanya bisa dipenuhi jika menggunakan PC.

Kelebihan Dan Kekurangan VGA Card

Untuk Vga Card onboard mempunyai kelebihan karena sudah menjadi satu dengan mainboard/motherboard komputer. Sehingga dapat dipastikan tidak ada masalah dengan komputer ketika digunakan. VGA jenis ini dapat dibilang gratis, karena setiap pembelian mainboar, sudah otomatis terpasang kartu Vga Card onboard ini. Tentu akan menghemat biaya.

Untuk kekurangan Vga Card onboard adalah tidak memiliki memori sendiri, akibatnya terjadi pemotongan memori utama CPU atau laptop pada RAM untuk digunakan oleh VGA. Jika RAM kecil atau terbatas, maka kinerja PC/laptop akan melambat secara keseluruhan.

Untuk VGA Card Add-on memiliki kelebihan bisa melakukan pekerjaan yang membutuhkan grafis tingkat tinggi atau rendering berat dan juga tidak memakan memori utama atau RAM pada CPU. Proses yang sedang berlangsung menggunakan VGA Card add-on tidak akan membebani processor dan komputer tetap akan bekerja dengan cepat.

Dan kelemahan dari vga card add-on adalah harga yang tinggi, bahkan dapat lebih mahal daripada seperangkat motherboard/mainboard ditambah dengan prossesor serta RAM. Kelemahan lainnya adalah membutuhkan tenaga listrik yang besar. Untuk itu membutuhkan power supply yang kapasitasnya besar

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian VGA CARD, Fungsi, Jenis, Bentuk, Kelebihan Dan Kekurangan VGA Card Terlengkap semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung