11 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli, Jenis, Ciri-Ciri, Komponen, Tipe, Contoh Budaya Politik Terlengkap

Posted on

11 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli, Jenis, Ciri-Ciri, Komponen, Tipe, Contoh Budaya Politik Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang budaya politik. Pembahasan yang meliputi pengertian budaya politk, jenis, ciri-ciri, komponen, tipe dan contoh budaya politik yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih jelasnya simaklah ulasan dibawah ini dengan seksama
11 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli, Jenis, Ciri-Ciri, Komponen, Tipe, Contoh Budaya Politik

Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

  1. Moctar Massoed dan Collin Mac Andrews

    Pengertian budaya politik menurut Moctar Massoed dan Collin Mac Andrews adalah sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan negara dan politiknya.

  2. Miriam Budiardjo

    Pengertian budaya politik menurut Miriam Budiardjo adalah keseluruhan dari pandangan-pandangan politk seperti norma, pola orientasi terhadap politik dan pandangan hidup pada umumnya.

  3. Austin Ranney

    Pengertian budaya politik menurut Austin Ranney adalah seperangkat pandangan-pandangan tentang politikĀ  dan pemerintahan yang dipegang secara bersama-sama, sebuah pola orientasi terhadap objek-objek politik.

  4. Rusadi Kantaprawita

    Pengertian budaya politik menurut Rusadi Kantaprawita adalah persepsi manusia, pola sikap terhadap berbagai masalah politik dan peristiwa politik terbawa pula ke dalam pembentukan struktur dan proses kegiatan politkk masyarakat maupun pemerintahan.

  5. Rusadi Sumintapura

    Pengertian budaya politik menurut Rusadi Sumintapura adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politkk yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik.

  6. Samuel Beer

    Pengertian budaya politik menurut Samuel Beer adalah nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap tentang bagaimana pemerintahan seharusnya dilaksanakan dan apa yang harus dilaksanakan oleh pemerintah.

  7. Sidney Verba

    Pengertian budaya politik menurut Sidney Verba adalah suatu sistem kepercayaan empirik, simbol-simbol ekpresif dan nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi dimana tindakan politik dilakukan

  8. Alan R. Ball

    Pengertian budaya politik menurut Alan R. Ball adalah suatu susunan yang terdiri dari sikap, kepercayaan, emosi dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem politik dan isu-isu politik

  9. Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell. Jr

    Pengertian budaya politik menurut Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell. Jr adalah sikap, keyakinan, nilai dan keterampilan yang berlaku bagi seluruh populasi, juga kecenderungan dan pola-pola khusus yang terdapat pada bagian-bagian tertentu dari populasi.

  10. Larry Diamond

    Pengertian budaya politik menurut Larry Diamond adalah suatu konsep yang terdiri dari sikap, keyakinan, nilai-nilai, dan keterampilan yang sedang berlaku bagi seluruh anggota masyarakat, termasuk pola kecenderungan khusus serta pola-pola kebiasaan yang terdapat pada kelompok-kelompok dalam masyarakat.

  11. Wikipedia

    Pengertian budaya politik menurut Wikipedia adalah suatu masyarakat dalam kehidupan bernegara, penyelenggaraan administrasi negara, politik pemerintahan, hukum, norma kebiasaan yang dihayati oleh seluruh anggota masyarakat setiap harinya.

Jenis-Jenis Budaya Politik

Secara umum budaya politik dapag dibagi menjadi tiga jenis yaitu:

  1. Budaya politik apatis (tidak acuh, masa bodoh, dan pasif)
  2. Budaya politik mobilisasi (didorong atau sengaja dimobilisasi)
  3. Budaya politik partisipatif (aktif)

Ciri-Ciri Budaya Politik

  • Adanya kekuasaan yang diatur
  • Adanya kegiatan partai-partai politik
  • Adanya gejolak masyarakat kepada penguasa yang memerintah/kekuasaan yang memerintah
  • Adanya budaya politik terhadap masalah legitimasi
  • Proses pembuatan kebijakan pemerintah
  • Tingkah laku aparat negara

Komponen-Komponen Budaya Politik

Komponen budaya politik dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Orientasi Kognitif
    Orientasi kognitif merupakan orientasi yang menyangkut pemahaman dan keyakinan individu terhadap sistem politik dan atributnya. Seperti lambang negara, ibukota negara dan lain-lain.
  • Orientasi Afektif
    Orientasi afektif adalah orientasi yang menyangkut emosional individu dalam budaya politik yang sedang berjalan dalam pemerintahan
  • Orientasi Evaluatif
    Orientasi evaluatif adalah orientasi yang menyangkut kapasitas seseorang dalam rangka memberikan penilaian terhadap sistem politik yang berlangsung dan bagaimana perang individu didalamnya. Yang mempengaruhi adalah pendidikan, kondisi, latar belakang, pemahaman dan lain-lain.

Tipe-Tipe Budaya Politik

Budaya politik mempunyai tiga tipe atau macam yang bisa dijabarkan sebagai berikut:

  1. Budaya Politik Parokial

    Budaya politik parokial adalah budaya politik dengan tingkat partisipasi politiknya yang sangat rendah. Pada umumnya, budaya politik dengan tipe ini ada dalam masyarakat tradisional dan lebih bersifat sederhana.Ciri-Ciri budaya politik parokial adalah:

    • Ruang lingkup yang kecil dan sempit
    • Bersifat apatis
    • Rendahnya pengetahuan politik
    • Ketidakpedulian dan menarik diri dari kehidupan politik
    • Masyarakat tidak memiliki minat terhadap objek politik yang begitu luas
    • Peranan politik yang bersifat khusus tidak ada
    • Rendahnya kesadaran masyarakat akan kewenangan dan kekuasaan
  2. Budaya Politik Subjek

    Budaya politik subjek atau disebut juga dengan budaya politik kaula merupakan budaya politk dimana masyarakatnya relatif maju baik dari segi sosial atau ekonominya, tetapi masih relatif pasif. Orang yang tahu budaya politik ini secara pasif patuh terhadap para pejabat pemerintahan dan undang-undang, tetapi tidak melibatkan diri dalam politik atau memberi suara dalam pemilu.
    Ciri-ciri budaya politk subjek adalah:

    • Masyarakat sadar sepenuhnya terhadap orientasi pemerintah
    • Masyarakat menerima apa yang berasal dari pemerinta, tetapi sedikit memberi masukan dan tuntutan pada pemerintah.
    • Menerima keputusan yang dianggap sebagai keputusan yang tidak dapat dikoreksi ataupun ditentang.
    • Sikap masyarakat sebagai aktor politik pasif
    • Warga meletakkan keadaan, minat, dan perhatian pada sistem politik umum dan khusus pada objek output sedangkan kesadarannya pada input dan kesadaran sebagai aktor politik masih rendah.
  3. Budaya Politik Partisipan

    Budaya politik partisipan adalah budaya politik yang ditandai dengan adanya kesadaran politik yang tinggi atau bisa disebut sebagai budaya yang anggotanya cenderung diorientasikan secara eksplisit terhadap suatu sistem keseluruhan dan struktur serta proses politik dan administratif.
    Ciri-ciri budaya politik partisipan adalah:

    • Masyarakat sadar akan hak dan tanggung jawabnya, dan menggunakan hak dan menanggung kewajibannya.
    • Tidak mudah langsung menerima keadaan, tunduk pada keadaan, disiplin tapi menilai dengan penuh kesadaran semua objek politik.
    • Kehidupan politik sebagai sarana transaksi.
    • Sadar sebagai warga negara yang aktif dan berperan sebagai aktivis.

Contoh Budaya Politik

Didalam lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga ataupun lingkungan sekolah dapat melakukan budaya politik. Berikut ini adalah beberapa contoh budaya politik di lingkungan keluarga, masyarakat dan lingkungan sekolah

  • Mengikuti pemilu untuk yang sudah berumur 17 tahun keatas dengan tertib dan sehat.
  • Mengikuti pemilihan ketua osis
  • Menyalurkan pendapat dan pikiran dalam forum atau musyawarah
  • Ikut berpartisipasi dalam kegiatan karang taruna atau organisasi sekolah
  • Mendengarkan nasihat orang tua
  • Bermusyawarah dengan keluarga untuk mengambil sebuah keputusan

Demikianlah telah dijelaskan 11 Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli, Jenis, Ciri-Ciri, Komponen, Tipe, Contoh Budaya Politik Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung