Pengertian Tesis, Ciri Tesis, Tujuan, Jenis-Jenis, Karakteristik Tesis Terlengkap

Posted on

Pengertian Tesis, Ciri Tesis, Tujuan, Jenis-Jenis, Karakteristik Tesis Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang tesis. Penjelasan disini meliputi pengertian tesis, ciri-ciri tesis, tujuan tesis, jenis tesis, karakteristik tesis yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Tesis, Ciri Tesis, Tujuan, Jenis-Jenis, Karakteristik Tesis

Pada jenjang pendidikan tertentu orang melakukan pembuatan tesis. Untuk yang mengambil jurusan pada disiplin ilmu tertentu pasti tidak asing dengan istilah ini. Tesis ini adalah sebuah karya tulis ilmiah dalam membuatnya yang tujuannya untuk mendapatkan gelar tertentu pada pendidikan di perguruan tinggi. Orang yang membuatnya haruslah paham tentang apa yang akan dijadikan materi atau ilmu sentral dalam pembuatan tesis. Untuk itu tidak sembarang orang bisa membuat tesis kecuali yang menekuni bidangnya atau menguasai ilmu yang akan dijadikan tesis.

Pengertian Tesis

Wikipedia

Pengertian tesis menurut Wikipedia adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh arguman yang dikemukakan dalam karya tulis ilmiah; untuk mendapatkan gelar pada perguruan tinggi.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian tesis menurut KBBI adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen dalam karangan; untuk mendapatkan gelarh kesarjanaan pada perguruan tinggi.

Pengertin lain dari tesis adalah teori yang dilandasi oleh berbagai macam argumen yang dinyatakan atau ditulis dalam bentuk karangan yang sengajat dibuat untuk dapat menyelesaikan program pendidikan tertentu sehingga penulis patut dan berhak untuk mendapatkan gelar yang sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuninya.

Dalam membuat sebuah tesis, semakin baik kualitas tesis yang dibuat, maka semakin terbukti kemampuan orang yang membuatnya dalam penguasasn disiplin ilmu yang telah ditekuninya. Ini juga membuktikan bahwa dirinya memang serius dan bisa menguasai ilmu yang ditekuninya tersebut.

Ciri-Ciri Tesis

Dalam sebuah tesis yang disini masuk dalah salah satu karya ilmiah, maka terdapat ciri-cirinya yaitu:

  • Dalam penyajian karya ilmiah maka strukturnya sangat ketat, seringkali terdiri dari bagian awal atau pendahuluan, bagian inti atau pokok pembahasan dan bagian penutup (berisi kesimpulan)
  • Jenis komponen karya ilmiah beragaml, tetapi semua karya ilmiah mempunyai pendahuluan, bagian inti, penutup dan daftar pustaka
  • Sikap seorang penulis dalam sebuah karya ilmiah objektif, yang berarti karya tersebut disampaikan dengan gaya bahasa impersonal, dengan penggunaan bentuk pasif yang banyak, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua
  • Bahasa yang dipakai adalah bahasa baku

Tujuan Tesis

Tujuan dari sebuah karya ilmiah tesis adalah untuk menjelaskan dengan mudah fenomenang ilmu pentahuan secara komprehensif, merumuskan hipotesis atau dugaan berdasarkan teori dan menghasilkan jawaban dari hipotesis tersebut.

Jenis-Jenis Tesis

Pada umummnya tesis dibagi menjadi dua jenis yiatu tesis kuantitatif dan tesis kualitatif yang dapat kalian baca penjelasannya dibawah ini.

  • Tesis Kuantitatif

    Tesis kuantitatif adalah tesis yang dibikin atau dibuat untuk mendirikan ataupun membangun berbagai macam pernyataan maupun kerangka hipotetikal. Tesis kuantitatif sering pula disebu Nalar Deduktif Hipotetikal.

  • Tesis Kualitatif

    Tesis kualitatif adalah jenis tesis yang dibikin bukan untuk membangun berbagai macam pernyataan maupun kerangka hipotetikal. Tesis jenis ini ditujukan sebagai penelitian yang bersifat non kuantitatif. Sering disebut dengan Nalar Induktif Non Hipotetikal.

Karakteristik Tesis

Sebuah tesis yang dibuat biasanya mempunyai 4 karakteristik dasar. yaitu:

  1. Tesis biasanya hanya fokus pada salah satu isu sentral yang ada dalam suatu disiplin ilmu pendidikan saja. Tesis ini dibuat menyesuaikan dengan jenis program studi yang sedang diambil oleh seseorang yang membuatnya.
  2. Tesis dibangun dengan berlandaskan pengujian empirik pada suatu posisi teoritis tertentu.
  3. Selalu memakai data primer sebagai data utama dan ditambahkan dengan beberapa data sekunder sebagai data penunjang atau bisa juga data pembanding.
  4. Harus wajib ditulis dengan memakai tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika program studi yang diambil adalah program bahasa asing, maka tesis tersebut juga harus ditulis memakai tata bahasa asing dengan baik dan benar.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Tesis, Ciri Tesis, Tujuan, Jenis-Jenis, Karakteristik Tesis Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung