26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang piutang. Penjelasan yang meliputi pengertian piutang yang berdasarkan pendapat para ahli yang lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih lengkapnya simaklah ulasan dibawah ini dengan seksama.
26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli

Pengertian Piutang Menurut Para Ahli

  1. Skousen dan Stice

    Pengertian piutang menurut Skousen dan Stice adalah piutang yang dihubungkan dengan aktivitas operasi normal sebuah bisnis, yaitu penjualan kredit barang atau jasa untuk pelanggan. Piutang wesel adalah piutang yang diterbitkan oleh janji tertulis formal untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal tertentu. Sedangkan piutang lain-lain adalah piutang apapun yang muncul dari transaksi yang tidak secara langsung berhubungan dengan aktivitas operasi normal sebuah bisnis.

  2. Kieso dan Weygandt

    Pengertian piutang menurutĀ Kieso dan Weygandt klaim yang diadakan terhadap pelanggan untuk uang, barang, jasa dan lain-lain.

  3. Rudianto (2009: 224)

    Pengertian piutang menurut Rudianto adalah klaim perusahaan atas uang, barang, atau jasa kepada pihak lain akibat transaksi di masa lalu

  4. Martono Dan Harjito (2007: 95)

    Pengertian piutang menurut Martono dan Harjito adalah tagihan perusahaan kepada pelanggan atau pembeli atau pihak lain yang membeli produk perusahaan.

  5. Niswonger (2006: 240)

    Pengertian piutang menurut Niswonger adalah uang pelanggan, tetapi karena kurang formal bila dibandingkan dengan wesel dan tidak memperhitungkan bungan.

  6. Warren Reeve Dan Fess (2005: 404)

    Pengertian piutang menurut Warren Reeve dan Fess adalah semua klaim dalam bentuk uang terhadap pihak lain, termasuk individu, perusahaan, atau organisasi lain.

  7. Wibowo Dan Abu Bakar Arif (2005: 151)

    Pengertian piutang menurut Wibowo dan Abu Bakar Arif adalah klaim terhadap sejumlah uang yang diharapkan akanĀ  diperoleh pada masa yang akan datang.

  8. Jusup (2005: 52)

    Pengertian piutang menurut Jusup adalah hak untuk menagih sejumlah uang oleh penjual kepada pembeli yang timbul karena adanya suatu transaksi.

  9. Soemarso (2004: 338)

    Pengertian piutang menurut Soemarso adalah kebiasaan perusahaan untuk memberikan kelonggaran bagi para pelanggan pada waktu melakukan penjualan. Kelonggaran tersebut biasanya dalam bentuk izin bagi pelangggan untuk membayar kemudian atas penjualan barang/jasa yang dilakukan.

  10. Baridwan (2004: 123)

    Pengertian piutang menurut Baridwan adalah klaim sebuah perusahaan atas uang, barang atau jasa terhadap pihak lain.

  11. Enny Pudjiastuti (2004: 117)

    Pengertian piutang menurut Enny Pudjiastuti adalah proses penjualan barang hasil produksi secara kredit.

  12. Van Horne Dan Wachowics (2005)

    Pengertian piutang menurut Van Horne dan Wachowicz adalah sejumlah uang yang dialihkan kepemilikannya kepada suatu perusahaan oleh para pelanggan yang telah membeli barang atau jasa secara kredit.

  13. Al Haryono Jusuf (2003: 52)

    Pengertian piutang menurut Al Haryono Jusuf adalah hak untuk menagih sejumlah uang dari sipenjual kepada sipembeli yang timbul karena adanya suatu transaksi.

  14. Bambang Riyanto (2008: 85)

    Pengertian piutang menurut Bambang Riyanto adalah elemen modal kerja yang juga selalu dalam keadaan berputar secara terus menerus dalam rantai perputaran modal kerja.

  15. Sri Dwi Ari Ambarwati (2010: 155)

    Pengertian piutang menurut Sri Dwi Ari Ambarwati adalah sejumlah saldo yang akan diterima dari pelanggan.

  16. Wikipedia

    Pengertian piutang menurut Wikipedia adalah salah satu jenis transaksi akuntansi yang mengurusi penagihan konsumen yang berhutang pada seseorang, suatu perusahaan, atau suatu organisasi untuk barang dan layanan yang telah diberikan pada konsumen tersebut.

  17. Rusdi Akbar (2004: 199)

    Pengertian piutang menurut Rusdi Akbar adalah meliputi semua hak atau klaim perusahaan pada organisasi lainuntuk menerima sejumlah kas, barang, atau jasa di masa yang akan datang sebagaiakibat kejadian pada masa yang lalu.

  18. Mohammad Musclich (2003: 109)

    Pengertian piutang menurut Mohammad Muslich adalah Piutang terjadi karena penjualan barang dan jasa tersebut dilakukansecara kredit yang umumnya dilakukan untuk memperbesar penjualan.

  19. Smith (2005: 286)

    Pengertian piutang menurut Smith adalah piutan dapat didefinisikan dalam arti luas sebagai hak atau klaim terhadap pihak lain atas uang, barang, dan jasa. Namun, untuk tujuan akuntansi, istilah ini umumnya diterpakan sebagai klaim yang diharapkan dapat diselesaikan melalui penerimaan kas.

  20. M. Munandar (2006: 77)

    Pengertian piutang menurut M. Munandar adalah tagian perusahaan kepada pihak lain yang nantinya akan dimintakan pembayarannya bilama telah sampai jatuh tempo.

  21. S. Hadibroto

    Pengertian piutang menurut S. Hadibroto adalah klaim terhadap pihak lain, apakah klaim tersebut berupa uang, barang atau jasa, untuk maksud akuntansi istilah dipergunakan dalam arti yang lebih sempit yaitu merupakan klaim yang diharapkan akan diselesaikan dengan uang.

  22. Praswoto Dan Julianty (2002: 147)

    Pengertian piutang menurut Praswoto dan Julianty adalah piutang berisikan pemberian kredit yang diberikan perusahaan kepada konsumennya ketika menjual barangnya. Mereka mengambil setiap bentuk penjualan kredit dimana perusahaan meneruskannya kembali kepada perusahaan lain.

  23. Idriyo Gitosudarmo Dan Basri (2002: 81)

    Pengertian piutang menurut Indriyo Gitosudarmo dan Basri adalah aktiva atau kekayaan perusahaan yang timbul sebagai akibat dari dilaksanakannya kebijakan penjualan kredit.

  24. Syamsuddin (2001: 254)

    Pengertian piutang menurut Syamsuddin adalah meliputi semua transaksi pembelian secara kredit tetapi tidak membutuhkan suatu bentuk catatan atau surat formal yang ditandatangani yang menyatakan kewajiban pihak pembeli kepada pihak penjual.

  25. Hadri (2008: 198)

    Pengertian piutang menurut Hadri adalah piutang dagang merupakan hak klaim atau tagihan berupa uang atau bentuk lainnya kepada seseorang atau suatu perusahaan.

  26. Horngren dan Harrison (2007: 436)

    Pengertian piutang menurut Horngren dan Harrison adalah klaim moneter terhadap pihak lain.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasi telah berkunjung