23 Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

23 Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perpustaan. Penjelasan pengertian perpustaan berdasarkan pendapat para ahli terlengkap. Untuk lebih jelasnya silakam simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli

Pengertian Perpustaan Menurut Para Ahli

  1. Wiranto Dkk (1997)

    Pengertian perpustaan menurut Wiranto dan kawan-kawan adalah fasilitas atau tempat menyediakan sarana bahan bacaan.

  2. Sulistyo, Basuki (1991)

    Pengertian perpustaan menurut Sulistyo, Basuki adalah sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual.

  3. Sugiyanto

    Pengertian perpustakaan menurut Sugiyanto adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dan dapat digunakan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.

  4. Lasa (2007: 12)

    Pengertian perpustakaan menurut Lasa adalah kumpulan atau bangunan fisik sebagai tempat buku dikumpulkan dan disusun menurut sistem tertentu atau keperluan pemakai.

  5. Sutarno NS (2006: 11)

    Pengertian perpustakaan menurut Sutarno NS adalah mencakup suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan atau gedung tersendiri yang berisi buku koleksi, yang diatur dan disusun sedemikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan jiwa sewaktu-waktu diperlukan oleh pembaca.

  6. Ibrahim Bafadal

    Pengertian perpustakaan menurut Ibrahim Bafadal adalah suatu unit kerja dari satu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka, baik berupa buku-buku maupun berupa buku (non book material) yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya.

  7. Darmono

    Pengertian perpustakaan menurut Darmono adalah sebagai salah satu unit kerja yang berua tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis untuk digunakan oleh pemakai sebagai sumber informasi sekaligus sebagai sarana belajar yang menyenangkan.

  8. P.Sumardji

    Pengertian perpustakaan menurut P. Sumardji adalah koleksi yang terdiri dari bahan-bahan tertulis, tercetak maupun grafis lainnya seperti film, slide, piringan hitam, tape, dalam ruangan atau gedung yang diatur dan diorganisasikan dengan sistem tertentu agar dapat digunakan untuk keperluan studi, penelitian, pembacaan dan lain sebagainya.

  9. C. Larasati Miburga, dkk.

    Pengertian perpustakaan menurut C. Larasi Miburga dkk adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk dipergunkan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.

  10. Suhendar (2005: 3)

    Pengertian perpustakaan menurut Suhendar adalah unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka. Baik berupa buku maupun non buku yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat dipergunakan sebagai sumber informasi.

  11. UU No.43 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 1

    Pengertian perpustakaan menurut UU No.43 Tahun 2007 adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/ atau karya reka secara profesional dengan sistem yang bagu guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi bagi para pemustaka.

  12. Trimo dalam Sinaga (2005: 220)

    Pengertian perpustakaan menurut Trimo adalah sekumpulan bahan pustaka, baik yang tercetak maupun rekaman yang lainnya, pada suatu tempat tertentu yang telah diatur sedemikian rupa untuk mempermudah pemustaka mencari informasi yang diperlukannya dan yang tujuannya utamanya adalah untuk melayani kebutuhan informasi masyarakat yang dilayaninya dan bukan untuk diperdagangkan.

  13. Mudyana dan Royani dalam Sinaga (2005: 16)

    Pengertian perpustakaan sekolah menurut Mudyana dan Royani adalah sarana penunjang pendidikan di satu pihak sebagai pelestari ilmu pengetahuan, dan di lain pihak sebagai sumber bahan pendidikan yang akan diwariskan kepada generasi yang lebih mudah.

  14. Rohanda dalam Makalah Fungsi dan Peranan Perpustakaan (2010)

    Pengertian perpustakaan sekolah menurut Rohanda adalah unit kerja dan sebagai perangkat mutlak (complement) dari seolah yang bersangkutan.

  15. Deputi II Perpusnas RI

    Pengertian perpustakaan sekolah menurut Deputi II Perpusnas RI adalah salah satu sumber penting dalam upaya mendukung proses peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Melalui perpustakaan banyak informasi yang dapat digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan.

  16. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

    Pengertian perpustakaan menurut KBBI adalah tempat, gedung, ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dan sebagainya.

  17. Radom House

    Pengertian perpustakaan menurut Radom House adalah suatu tempat, berupa sebuah ruangan atau gedung yang berisi buku dan bahan lain untuk bacaan, studi, ataupun rujukan

  18. Ensiklopedia Britannica

    Pengertian perpustakaan menurut Ensiklopedia Britannica adalah himpunan bahan-bahan tertulis atau tercetak yang diatur dan diorganisir untuk tujuan studi dan penelitian atau pembacaan umum atau kedua-duanya.

  19. Reitz

    Pengertian perpustakaan menurut Reitz adalah kolek atau sekumpulan koleksi buku atau bahan lainnya yang diorganisasikan dan dipelihara untuk penggunaan/keperluan membaca, konsultasi, belajar, meneliti, yang dikelola oleh pustakawan dan staff terlatih lainnya dalam rangka menyediakan layanan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

  20. IFLA (Internastional Federation of Library Associations and Institutions)

    Pengertian perpustakaan menurut IFLA adalah kumpulan bahan tercetak dan non cetak dan/ atau sumber informasi dalam komputer yang disusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai.

  21. Wikipedia

    Pengertian perpustakaan menurut Wikipedia adalah dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Dalam arti modern perpustakaan adalah tempat untuk mengakses informasi dalam format apapun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut ataupun tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer)

  22. Ibnu Ahmad Saleh

    Pengertian perpustakaan menurut Ibnu Ahmad Saleh adalah tempat pengumpulan pustaka atau kumpulan pustaka yang diatur dan disusun dengan sistem tertentu, sehingga sewaktu-waktu diperlukan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.

  23. Wafford

    Pengertian perpustakaan menurut Wafford adalah sebagai salah satu organisasi sumber belajar untuk menyimpan, mengelola dan memberikan layanan bahan pustaka baik buku maupun non buku kepada masyarakat tertentu maupun masyarakat umum.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 23 Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung