19 Pengertian SIG Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

19 Pengertian SIG Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang SIG atau sistem informasi geografis. Yaitu pengertian SIG menurut para ahli yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
19 Pengertian SIG Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG) Menurut Para Ahli

  1. Petrus Paryono

    Pengertian SIG menurut Petrus Paryono adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, manipulasi, menganalisis informasi geografi.

  2. Prahasta

    Pengertian SIG menurut Prahasta adalah sejenis software yang dapat digunakan untuk pemasukan, penyimpanan, manipulasi, menampilkan dan keluaran informasi geografis berikut atribut-atributnya.

  3. Alter

    Pengertian SIG menurut Alter adalah sistem informasi yang mendukung pengorganisasian data sehingga dapat diakses dengan menunjuk daerah pada sebuah peta.

  4. Linden (1987)

    Pengertian SIG menurut Linden adalah sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi), analisis dan penayangan data secara spasial terkait dengan muka bumi.

  5. Calkin dan Tomlison (1984)

    Pengertian SIG menurut Calkin dan Tomlison adalah sistem komputerisasi data yang penting.

  6. Berry (1988)

    Pengertian SIG menurut Berry adalah sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan.

  7. Gistut (1994)

    Pengertian SIG menurut Gistut adalah sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan spasisal dan mampu mengitegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karakteristik fenomena yang ditemukan di lokasi tersebut. SIG yang lengkap mencakup metodologi dan teknologi yang diperlukan, yaitu data spasial perangkat keras, perangkat lunak dan struktur organisasi.

  8. Bernhardsen (2002)

    Pengertian SIG menurut Bernhardsen adalah sistem komputer yang difunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk akuisisi dan verifiksi data, kompilasi data, penyimpanan data, perubahan dan pembaharuan data, manajemen dan pertukaran data, manipulasi data, pemanggilan dan presentasi data serta analisa data.

  9. Marbie et al (1983)

    Pengertian SIG menurut Marbie et al adalah penanganan data keruangan.

  10. Murai (1999)

    Pengertian SIG menurut Murai adalah sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya.

  11. Kang-Tsung Chang (2002)

    Pengertian SIG menurut Kang-Tsung Chang adalah a computer system for capturing, storing, quering, analyzing, and displaying geographic data.

  12. Burrough (1986)

    Pengertian SIG menurut Burrough adalah alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang di inginkan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.

  13. Aronaff (1989)

    Pengertian SIG menurut Aronaff adalah sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi dan menganalisa data serta memberi uraian.

  14. Esri (1990) dalam Purnomo, Heri

    Pengertian SIG menurut Esri adalah sistem komputer yang menangani serta memakai data yang menggambarkan tempat-tempat dipermukaan bumi.

  15. Barus Wiradisastra (2000)

    Pengertian SIG menurut Barus Wiradisastra adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data bereferensi spasial atau berkoordinat geografi.

  16. Setiawan Iwan (2011)

    Pengertian SIG menurut Setiawan Iwan adalah suatu sistem yang berorientasi kepada letak geografis di atas permukaan bumi, berbasis komputer yang mempunyai kemapuan mengolah, memanipulasi serta menampilkan data spasial maupun atribut.

  17. Purwadhi (2001)

    Pengertian SIG menurut Purwadhi adalah suatu sistem yang mengorganisir perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan data, serta dapat mendayagunakan sistem penyimpanan, pengolahan, maupun analisis data secara simultan, sehingga dapat diperoleh informasi berkaitan dengan aspek keruangan.

  18. Wikipedia

    Pengertian SIG menurut Wikipedia adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferenssi keruangan)

  19. Consorsium Aceh-Nias

    Pengertian SIG menurut Consorsium Aceh-Nias adalah suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data geografis, dan sumber daya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk memasukkan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengitegrasikan, menganalisa ataupun menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 19 Pengertian SIG Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Silakan Baca Juga: