Pengertian Akuntabilitas, Jenis-Jenis, Dimensi, Tingkatan Terlengkap

Posted on

Pengertian Akuntabilitas, Jenis-Jenis, Dimensi, Tingkatan Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Akuntabilitas. Yang meliputi pengertian akuntabilitas, jenis-jenis, dimensi, tingkatan yang dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Akuntabilitas, Jenis-Jenis, Dimensi, Tingkatan

Pengertian Akuntabilitas

Akuntabilitas yaitu suatu istilah mewujudkan tingkat pertanggungjawaban seseorang atau lembaga tertentu yang berkaitan dengan sistem administrasi.

Jenis-Jenis Akuntabilitas

Jenis atau macam-macam akuntabilitas adalah sebagai berikut:
Ada delapan jenis akuntabilitas menurut Bruce Stone, O.P Dwivedi dan Joseph G. Jabba yang berhubungan dengan moral, administratif, politik, manajerial, pasar, hukum dan peradilan, berkaitan dengan konstituen dan juga profesional.

  1. Akuntabilitas Politik
    Akuntabilitas politik merupakan suatu akuntabilitas umum dari suatu lembaga eksekutif pemerintah, lembaga legislatif parlemen dan juga lembaga yudikatif kehakiman kepada publik.
  2. Akuntabilitas Administrasi
    Peraturan dan norma internal dan juga beberapa komisi independen adalah suatu mekanisme utuk dapat menampung birokrasi dalam tanggung jawab administrasi pemerintah.

Sedangkan menurut Mardiasmo, akuntabilitas dibedakan menjadi 2 jenis, yakni:

  1. Akuntabilitas Vertikal
    Akuntabilitas vertikal yaitu akuntabilita berbentuk pertanggungjawaban yang dilaksanakan kepada atasan.
  2. Akuntabilitas Horizontal
    Akuntabilitas horizontal yaitu akuntabilitas berbentuk pertanggungjawaban yang dilaksanakan kepada orang maupun lembaga yang sejajar.

Menurut Mahmudi, akuntabilitas suatu lembaga publik dibedakan menjadi lima yaitu:

  1. Akuntabilitas Hukum dan Kejujuran
    Akuntabilitas Hukum dan kejujuran yaitu pertanggungjawaban yang berkaitan dengan kegiatan penegakan hukum dan norma kejujuran yang ditujukan dengan tidak melaksanakan berbagai penyalahgunaan kekuasaan dan wewenang yang dimiliki.
  2. Akuntabilitas Manajerial
    Akuntabilitas manajerial yaitu pertanggungjawaban yang berkaitan dengan pola kerja manajerial yang wajib dilaksanakan dengan efektif dan efisien.
  3. Akuntabilitas Program
    Akuntabilitas program yaitu pertanggungjawaban yang berhubungan dengan program yang hendak dilakukan. Orang yang mempunyai wewenang dalam program ini wajib bisa menunjukkan jika program yang hendak dibangun dapat berjalan dengan baik atua tidak dan apa saja usaha yang dapat dilakukan supaya program yang akan direncanakan dapat berjalan dengan optimal.
  4. Akuntabilitas Kebijakan
    Akuntabilitas kebijakan adalah akuntabilitas yang berkaitan dengan pertanggungjawaban lembaga publik kepada berbagai kebijakan dan keputusan yang telah diputuskan atau diambil. Dalam hal ini, orang yang memiliki peran didalam lembaga publik wajib bisa mempertanggungjawabkan setiap kebijakan yang telah ditetapkan baik itu dari tujuan, alasan pengambilan kebijakan, manfaat yang muncul, sampai berbagai hal negatif yang bisa saja timbul dari kebijakan yang akan atau sudah diambil.’
  5. Akuntabilitas Finansial
    Akuntabilitas finansial berhubungan dekat dengan pertanggungjawaban lembaga publik kepada setiap uang yang disetorkan masyarakat kepada pemerintah. Lembaga publik wajib bisa menerangkan bagaimana uang tersebut diperoleh, kemana uang tesebut dibelanjakan dan berbagai macam pertanggungjawaban lain.

Menurut Rosjidi (2001), akuntabilitas dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Akuntabilitas Internal
    Akuntabilitas yang berlaku untuk setiap tingkatan organisasi internal penyelenggaraan pemerintah Negara termasuk juga pemerintah yang mana masing-masing pejabat atau pengurus publik baik individu ataupun kelompok secara tingkatan wajib untuk mempertanggungjawabkan kepada atasannya langsung tentang perkembagnan kinerja aktivitas secara periodik ataupun sewaktu-waktu jika dibutuhkan.
  2. Akuntabilitas Eksternal
    Akuntabilitas yang menempel kepada setiap lembaga Negara sebagai suatu organisasi untuk mempertanggungjawabkan semua amanat yang sudah diterima dan dilakukan maupun perkembagan untuk dikomunikasikan kepada pihak eksternal lingkungannya.

Dimensi Akuntabilitas

Dimensi akuntabilitas dibedakan menjadi lima bagian menurut Syahrudin Rasul (2002:11)

  1. Akuntabilitas Hukum dan Kejujuran (Accuntability for probity and legality)

    Akuntabilitas hukum yaitu kepatuhan kepad hukum dan peraturan lain yang menjadi syarat didalam organisasi. Akuntabilitas kejujuran yaitu penghidaran penyalahgunaan jabatan, korupsi dan kolus. Akuntabilitas hukum menjamin penegakan supremasi hukum, sedangkan akuntabilitas kejujuran menjamin adanya praktik organisasi yang sehat.

  2. Akuntabilitas Program

    Program organisasi sebaiknya adalah program yang bermutu dan mendukung strategi dalam pencapaian visi, misi an tujuan organisasi. Lembaga publik wajib mempertanggungjawabkan program yang sudah dibuat sampai dengan pelaksanaan program.

  3. Akuntabilitas Manajerial

    Akuntabilitas manajerial atau akuntabilitas kinerja adalah pertanggungjawaban untuk melaksanakan pengelolaan organisasi secara efektif dan efisien.

  4. Akuntabilitas Kebijakan

    Organisasi publik harus dapat mempertanggungjawabkan kebijakan yang telah ditetapkan dengan mempertimbangkan dampak yang akan dihadapi kedepannya.

  5. Akuntabilitas Finansial

    Akuntabilitas finansial yaitu pertanggungjawaban lembaga publik dalam pemakaian dana publik (public money) secara ekonomis, efektif dan efisien, tidak ada kebocoran dana dan pemborosan dan juga korupsi.

Tingkatan Akuntabilitas

Adapun tingkatan akuntabilitas menurut Majalah Akuntansi adalah sebagai berikut:

  1. Akuntabilitas Personal: akuntabilitas yang berhubungan dengan diri sendiri
  2. Akuntabilitas Individu: akuntabilitas yang berhubungan dengan suatu pelaksanaan
  3. Akuntabilitas Tim: akuntabilitas yang dibedakan dalam kerja kelompok atau tim
  4. Akuntabilitas Organisasi: akuntabilitas internal dan eksternal dalam organisasi
  5. Akuntabilitas Stakeholders: akuntabilitas yang dipisahkan stakeholders dan organisasi.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Akuntabilitas, Jenis-Jenis, Dimensi, Tingkatan Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Silakan Baca Juga: