Pengertian Administrasi Negara, Tujuan, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Administrasi Negara, Tujuan, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Administrasi Negara. Yang meliputi pengertian administrasi negara, tujuan, ciri-ciri dan ruang lingkup administrasi negara serta contoh administrasi negara yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Administrasi Negara, Tujuan, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup, Contoh

Pengertian Administrasi Negara

Administrasi Negara atau administrasi publik yaitu serangkaian aktivitas yang dilaksanakan oleh aparatur negara atau pemerintah untuk tercapainya tujuan negara dengan efisien. Secara sederhana, definisi administrasi publik merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana pengelolaan suatu organisasi publik

Pengertian lain dari administrasi negara atau administrasi publik adalah suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang mencakup lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif dan juga seluruh hal yang berhubungan dengan publik yang cakupannya kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara dan etika yang mengatur penyelenggaraan negara.

Tujuan Administrasi Negara

Tujuan administrasi negara bergantung terhadap tujuan negara itu sendiri. Dan tujuan dari suatu negara sesuai dengan falsafah negaranya. Tujuan administrasi negara didalam negara yang berdemokrasi yaitu untuk mencapai tujuan negara yang sudah ditetapkan oleh rakyat, yakni untuk mempertahankan keamanan, menyelenggarakan kesejahteraan, mewujudkan kemerdekaan dan ketertiban serta menegakkan keadilan dari pada rakyat, atau dengan kata lain untuk mewujudkan kehidupan yang baik untuk rakyat.

Sehingga tugas administrasi negara adalah untuk memberikan pelayanan yang baik kepada kepentingan rakya atau untuk mengabdi terhadap keinginan rakyat.
Supaya penyelenggaraan administrasi negara dapat dirasakan untuk kepentingan rakyat, maka didalam administrasi negara dibutuhkan adanya:

  • Social Participation: Yakni rakyat ikut serta didalam administrasi negara.
  • Social Responsibility: Yakni pertanggung jawaban dari administrator negara kepada rakyat.
  • Social Support: Adalah dukungan dari rakyat terhadap administrasi negara
  • Social Control: Adalah adanya pengawasan dari rakyat terhadap aktivitas dan tindakan administrasi negara.

Untuk sebab itu dalam negara demokrasi administrasi negara didalam usahanya meraih tujuan negara yang sudah ditetapkan bersifat demokratis juga atau disebut dengan demokratic administration/demokratic management atau open management.

Ciri-Ciri Administrasi Negara

Ciri-ciri dari administrasi negara adalah sebagai berikut:

  1. Administrasi Negara adalah suatu aktivitas yang tidak dapat dihindari (Unavoidable), titik tekan yang mendasar di administrasi negara adalah dalam hubungannya antara negara dan masyarakat sifatnya pasti, tidak sama dengan hubungan masyarakat dengan institusi privat (swasta) yang sifatnya temporary (sewaktu-waktu)
  2. Administrasi Negara mempunyai prioritas, administrasi negara mempunyai tanggung jawab moral dalam mensejahterakan masyarakat. Untuk itu administrasi negara mempunyai prioritas dalam memberikan arahan ataupun pelayanan
  3. Administrasi Negara mempunyai monopoli untuk memakai wewenang dan kekuasaan. Negara berwenang untuk memaksa keinginan pada masyarakat untuk bisa tercipta kepatuhan terhadap hukum. Kekuasaan untuk melakukan paksaan dipahami sebagai coercive power. Administrasi Negara juga adalah perwujudan hal tersebut dan diwujudkan dalam lembaga negara seperti kepolisian, kehakiman, dan lain-lain
  4. Administrasi Negara mempunyai ukuran yang tidak ada batasnya. Lingkungan masyarakat dalam negara yang mencakup batasan teritorial suatu negara, maka disana terdapat administrasi negara.
  5. Top Management Administrasi Negara sifatnya Politis. Birokrasi yaitu suatu organisasi publik yang dipimpin pejabat pilihan publik dan sifatnya non karier, para pejabat tersebut dipilih dengan periode waktu tertentu.
  6. Pelaksanaan administrasi negara relatif sulit untuk diukur. Administrasi negara adalah institusi publik yang mempunyai tujuan melayani masyarakat. Dalam hal ini bisa dipahami, tujuan administrasi negara adalah untuk mencapai perdamaian dan peningkatan kualitas hidup pada seluruh tatanan negara. Karena mempunyai tingkat kompleksitas yang tinggi dan tujuan tersebut sifatnya politis serta multitafsir maka administrasi negara mejadi relatif sulit diukur.

Ruang Lingkup Administrasi Negara

Ada beberapa ruang lingkup administrasi suatu negara, menurut Nikolaor Henry (1995) ada beberapa ruang lingkup, yaitu:

  • Organisasi publik yang memiliki prinsip suatu model organisasi dan perilaku birokrasi.
  • Management publik. Dalam management publik cakupannya ilmu dan sistem manajemen, anggaran publik, evaluasi program, produktifitas dan lain-lain.
  • Implementasi. Hal ini memiliki arti berkaitan pendekatan untuk kebijakan publik dan implementasi dari kebijakan tersebut, administrasi pemerintah, privatisasi dan etika birokrasi.

Contoh Administrasi Negara

Contoh administrasi negara adalah sebagai berikut, diantaranya:

  • Aturan reshufle kabinet yang dilakukan oleh Presiden
  • Aturan tentang pembentukan badan dan komisi-komisi pemerintahan
  • Tata cara memberi pelayanan terhadap masyarakat

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Administrasi Negara, Tujuan, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Silakan Baca Juga: