17 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup, Contoh Terlengkap

Posted on

17 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kearifan lokal. Yang meliputi pengertian kearifan lokal menurut para ahli, ciri-ciri kearifan lokal, ruang lingkup danĀ  contoh kearifan lokal yang dibahas lengkap dan ringan. Untuk lebih detailnya silakan silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
17 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup, Contoh

Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli

Kearifan lokal adalah bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri.

  1. Sibarani (2012)

    Pengertian kearifan lokal menurut Sibarani adalah suatu bentuk pengetahuan asli dalam masyarakat yang berasal dari nilai luhur budaya masyarakat setempat untuk mengatur tatanan kehidupan masyarakat atau dikatakan bahwa kearifan lokal.

  2. Al Musafiri, Utaya Dan Astina (2016)

    Pengertian kearifan lokal menurut Al Musafiri, Utaya dan Astina adalah peran untuk mengurani dampak globalisasi dengan cara menananmkan nilai-nilai positif kepada remaja. Penanaman nilai tersebut didasarkan pada nilai, norma serta adat istiadat yang dimiliki setiap daerah.

  3. Warigan (2011)

    Pengertian kearifan lokal menurut adalah nilai-nilai yang ada kearifan lokal d Indonesia sudah terbukti turut menentukan kemajuan masyarakatnya.

  4. Paulo Freire (1970)

    Pengertian pendidikan berbasis kearifan lokal menurut Paulo Friere adalah pendidian yang mengajarkan peserta didik untuk selalu konkret dengan apa yang mereka hadapi. Hal ini sebagai mana Paulo Friere.

  5. Kamus Inggris-Indonesia

    Pengertian kearifan lokal menurut Kamus Inggris Indonesia adalah terdiri dari 2 kata yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (local. Local berarti setempat dan wisdom artinya kebijaksanaan. Dengan kata lain maka local wisdom bisa dipahami sebagai gagasan-gagasan, nilai-nilai pandangan-pandangan setempat yang sifatnya bijaksana, penuh kearifan, nilai baik yang tertanama dan diikuti oleh anggota masyarakatnya

  6. Apriyanto (2008)

    Pengertian kearifan lokal menurut Apriyanto adalah berbagai nilai yang diciptakan, dikembangkan dan dipertahankan oleh masyarakat yang menjadi pedoman hidup mereka.

  7. UU No. 32/2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

    Pengertian kearifan lokal menurut UU No. 32/2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat antara lain melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara lestari.

  8. Rahyono (2009)

    Pengertian kearifan lokal menurut Rahyono adalah kecerdasan manusia yang dimiliki oleh kelompokk etnis tertentu yang diperoleh melalui pengalaman masyarakat. Artinya, kearifan lokal disini yaitu hasil dari masyarakat tertentu melalui pengalaman mereka dan belum tentu dialami oleh masyarakat lain.

  9. Haryati Soebadio

    Pengertian kearifan lokal menurut Haryati Soebadio adalah suatu identitas atau kepribadian budaya bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu untuk menyaring dan memilikh akan budaya yang masuk kedalam diri dan watak dirinya.

  10. Sartini (2004)

    Pengertian kearifan lokal menurut Sartini adalah dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan setempat yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanaman dan diikuti oleh anggota masyarakatnya.

  11. Tjahjono et al (2000)

    Pengertian kearifan lokal menurut Tjahjojo et al adalah suatu sistem nilai dan norma yang disusun, dianut, dipahami dan diaplikasikan masyarakat lokal berdasarkan pemahaman dan pengalaman mereka dalam berinteraksi dengan lingkungan.

  12. Keraf (2002)

    Pengertian kearifan lokal menurut Keraf adalah mencapuk semua bentuk pengetahuan, keyakinan, pemahaman, wawasan, serta adat kebiasaan atau etika yang menuntun perilaku manusia dalam kehidupannya didalam komunitas ekologis.

  13. Sunaryo et al (2003)

    Pengertian kearifan lokal menurut Sunaryo et al menambahkan kearifan lokal bisa terbentuk dari suatu pengetahuan lokal yang telah demikian menyatu dengan sistem kepercayaan, norma dan budaya, serta diekspresikan didalam tradisi dan mitos yang dianut dalam jangka waktu yang cukup lama.

  14. S.Swarsi

    Pengertian kearifan lokal menurut S.Swarsi, secara konseptual kearifan lokal merupakan kebijaksanaan manusia yang bersandar pada filosofi nilai-nilai, etika, cara-cara dan perilaku yang melembaga secara tradisional. Kearifan lokal adalah nilai yang dianggap baik dan benar sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama, bahkan melembaga (Mariane, 2014)

  15. Phongphit dan Nantasuwan

    Pengertian kearifan lokal menurut Phongphit dan Nantasuwan adalah pengetahuan yang berdasarkan pengalaman masyarkat turun-temurun antargenerasi. Pengetahuan ini menjadi aturan bagi kegiatan sehari-hari masyarakat ketika berhubungan dengan keluarga, tetangga, masyarakat lain dan lingkungan sekitar.

  16. H.Quaritch Wales

    Pengertian local genius atau kearifan lokal menurut H.Quaritch Wales adalah kemampuan budaya setempat dalam menghadapi pengaruh kebudayaan asing pada waktu kedua kebudayaan itu berhubungan.

  17. I Ketut Gobyah

    Pengertian kearifan local genius atau lokal menurut I Ketut Gobyah adalah kebenaran yang telah mentradisi atau ajeg dalam suatu daerah. Kearifan lokal merupakan perpaduan antara nilai-nilai suci firman Tuhan dan berbagai nilai yang ada. Kearifan lokal terbentuk sebagai keunggulan budaya masyarakat setempat maupun kondisi geografis dalam arti luas. Kearifan lokal merupakan produk budaya masa lalu yang patut secara terus-menerus dijadikan pegangan hidup. Meskipun bernilai lokal tetapi nilai yang terkandung di dalamnya dianggap sangat universal.

Ciri-Ciri Kearifan Lokal

Ciri-ciri dari kearifan lokal adalah sebagai berikut:

  • Kearifan lokal merupakan bentuk warisan peradaban yang dilaksanakan secara terus menerus dari generasi ke generasi
  • Kearifan lokal dianggap bisa menjadi pengendali berbagai pengaruh dari luar
  • Kearifan lokal seringkali berhubungan dengan nilai dan moral pada masyarakat setempat
  • Kearifan lokal tidak tertulisakan tetapi tetap diakui sebagai kekayaan dalam berbagai segi pandang hukum
  • Kearifan lokal yakni bentuk sifat yang melekat pada seseorang menurut pada asalnya.

Ruang Lingkup Kearifan Lokal

Kearifan lokal adalah fenomena yang luas dan komprehensif. Ruang lingkupnya kearifan lokal sangat banyak dan beragam sehingga tidak dibatasi ruang. Kearifan lokal lebih menekankan pada tempat dan lokalitas dari kearifan tersebut sehingga tidak harus adalah suatu kearifan yang belum muncul dalam suatu komunitas sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan, alam dan interaksinya dengan masyarakat dan juga budaya lain.

Contoh Kearifan Lokal

Contoh dari kearifan lokal adalah sebagai berikut:

  • Bahasa daerah
  • Tarian daerah
  • Musik daerah

Demikianlah telah dijelaskan tentang 17 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Ruang Lingkup, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Silakan Baca Juga:

Save