Pengertian Animasi, Jenis-Jenis, Bentuk, Proses Pembuatan, Prinsip Terlengkap

Posted on

Pengertian Animasi, Jenis-Jenis, Bentuk, Proses Pembuatan, Prinsip Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang animasi. Yang mana penjelasan ini meliputi pengertian animasi, jenis-jenis animasi, bentuk animasi, proses pembuatan dan prinsip animasi dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Animasi, Jenis-Jenis, Bentuk, Proses Pembuatan, Prinsip

Pengertian Animasi

Animasi adalah yaitu gambar yang bergerk, berasal dari kumpulan objek yang sudah disusun sedemikian rupa dengan objek bisa dalam bentuk suatu tulisan, gambar hewan, gambar tumbuh-tumbuhan, gambar manusia dan lain sebagainya.

Animasi adalah sebuah grafika yang dimana menunjukkan gerakan secara urut dengan cepat menjadikan objek tersebut seperti hidup. Dengan perencanaan yang benar serta matang maka alur pergerakan animasi akan menarik untuk dilihat. Apabila dalam dunia multimedia animasi adalah cara menggunakan program di komputer untuk mendapatkan gerak sebuah objek di layar. Sedangkan orang yang membuat animasi dikenal dengan nama animator.

Saat ini istilah animasi sudah tidak awam lagi, karena kita biasa melihat animasi ditayangkan di televisi ataupun di internet. Saat ini pada umumnya orang-orang mengetahui animasi lewat film-film yang ditontonnya, karena film sekarang semakin sering diproduksi dan banyak yang menyukai.

Banyak perusahaan pembuat film animasi yang telah membuat filmya dengan hasil yang sangat bagus. Seperti Walt Disney, DreamWorks, Pixar dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Animasi

Ada beberapa jenis-jenis animasi antara lain sebagai berikut:

Jenis Animasi Berdasarkan Bentuk Karakter Yang Dibuatnya

Stop Motion Animation/Claymation
Dikenal juga dengan claymation, tekni dalam membuat animasi ini ditemukan oleh Blakton pada tahun kira-kira 1906. Memakai clay (tanah liat) sebagai objeknya. Teknik animasi clay sering digunakan untuk mendapatkan suatu visual eek untuk film-film di tahun 1950-1960 an.

Animasi 2 Dimensi/2D
Animasi jenis ini juga terkenal dengan sebutan kartu. Kartun atau Cartoon bisa didefinisikan sebagai gambar yang lucu, contohnya bisa dilihat di film-film kartun, banyak sekali gambar-gambar yang lucu yang ditunjukkan dan seringkali untuk menghibur, yang termasuk contohnya adalah tom & jerry.

Animasi 3 Dimensi/3D
Semakin berkembangnya teknologi utamanya teknologi komputer maka muncul animasi 3 Dimensi. Animasi 3D ini adalah hasil pengembangan dari animasi 2D. Di animasi 3D objek akan seperti semakin hidup dan juga seperti nyata. Banyak contoh film dengan menggunakan teknik animasi 3D dan CGI (Computer Generated Imagery).

Animasi Jepang
Animasi jepang disebut juga dengan Anime. Pada sekarang ini film-film anime banyak di senangi utamanya oleh para remaja, banyak sekali contoh film anime seperti Naruto, Dragon Ball dan lain sebagainya.

Jenis Animasi Berdasarkan Teknik Pembuatannya

Animasi Cel
Animasi Cel seringkali adalah lembaran-lembaran yang akan membentu animasi tunggal. Sehingga setiap cel adalah bagian terpisah, yang seperti objek dan juga latar belakangnya terpisah, sehingga dapat bergerak dengan sendirinya.

Animasi Frame
Animasi frame bisa disebut dengan teknik pembuatan yang sangat sederhana, seperti gambar/objek yang berbeda-beda di lembaran buku, kemudian buku tersebut dibuka secara cepat dengan jari maka gambar anime tersebut akan terlihat seperti sedang bergerak.

Animasi Path
Animasi path merupakan teknik pembuatan animasi yang berasal dari objek yang digerakkan, gerakan tersebut mengikuti garis yang sudah ditentukan oleh pembuatnya. Di aplikasi Macromedia Flash, teknik animasi path bisa dipakai dengan menggunakan layer tersendiri sebagia lintasan dari objeknya.

Animasi Sprite
Animasi sprite ini memungkinkan objek bisa bergerak secara sendiri, sehingga objek lainnya hanya sebagai background atau latar belakang yang tidak dapat bergerak.

Animasi Spline
Di teknik pembuatan animasi spline, objek yang bergerak tidak mengikuti lintasan garis lurus, dengan teknik ini memungkinkan objek yang bergerak seperti mengikuti lintasan yang berbentuk kurva.

Animasi Clay
Animasi ini memakai clay (tanah liat) sebagai objeknya. Tentu hal ini tidak menggunakan tanah liat biasa, tetapi umummnya menggunakan palasticin yaitu suatu baan yang lentur/elastis.

Animasi Vektor
Animasi vektor adalah teknik pembuatan animasi yang memakai rumus matematika dalam menggambar objeknya.

Animasi Karakter
Salah satu contoh dari animasi ini adalah animasi 3D yang sering dipakai untuk membuat suatu film. Di animasi karakter masing-masing objek mempunyai ciri dan gerakan yang berbeda, tetapi masing-masing objek terseubt bergerak secara bersamaan.

Prinsip-Prinsip Animasi

Terdapat beberapa prinsip animais yang antara lain sebagai berikut:

  • Solid Drawing (kemampuan menggambar)
  • Squash and Strech (menekan dan melentur)
  • Anticipation (antisipasi)
  • Staging (penataan gerak)
  • Straiht Ahead and Pose to pose
  • Follow Through and Overlappping Action (gerakan mengkuti)
  • Slow in and slow out
  • Archs (konstruksi lengkung)
  • Timing
  • Secondary Action (gerakan pendukung)
  • Exaggeration (melebihkan)
  • Appeal (daya tarik)

Demikialah telah dijelaskan tentang Pengertian Animasi, Jenis-Jenis, Bentuk, Proses Pembuatan, Prinsip Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: