Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Tingkatan, Tipe, Tahapan Terlengkap

Posted on

Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Tingkatan, Tipe, Tahapan Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang apresiasi seni. Yang meliputi pengertian apresiasi seni, fungsi apresiasi seni, tujuan apresiasi seni, manfaat apresiasi seni, tingkatan apresiasi seni, tipe apresiasi seni dan tahapan apresiasi seni dengan pembahasan lengkap dan mudah dimengerti.
Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Tingkatan, Tipe, Tahapan

Pengertian Apresiasi Seni

Menurut etimologinya, apresiasi berasal dari bahasa Latin yakni “Apreciatio” yang artinya menghargai. Dalam bahasa Inggris “Appreciate” yang artinya menyadari, memahami, menghargai, dan menilai. Sedangkan dari terminologinya, Apresiasi adalah proses penilaian atau pengharagaan positif yang ditujukan seseorang terhadap sesuatu.

Kemudian pengertian dari apresiasi seni yiatu penilaian terhadap karya seni dari mulai mengenali, memberi sampai dengan menghargai seni.

Fungsi Apresiasi Seni

Fungsi dari apresiasi seni adalah sebagai berikut:

a. Untuk Meningkatkan Kecintaan Pada Karya Seni
Apresiasi ini bisa dijadikan sebagai suatu sarana untuk membaut rasa cinta kepada karya seni.

b.Untuk Menciptakan Penilaian
Penilaian ini bisa dalam bentuk sarana dalam menikamti, memberi empatik, memperoleh hiburan dan bertambahnya wawasan dan juga pengetahuan.

c.Agar Berkembang Suatu Kemampuan
d.Untuk Membangun Hubungan

Tujuan Apresiasi Seni

Tujuan dari apresiasi seni adalah untuk mengenalkan atau publikasi karya seni tersebut supaya karya seni lebih bisa dinikamati oleh khalayak atau masyarakat juga bermaksud dan tujuan seni bisa tersampaikan.

Dan juga tujuan apresiasi seni adalah mengembangkan nilai estetika karya seni, mengembangkan daya kreasi, dan menyempurnakan karya seni tersebut.

Manfaat Apresiasi Seni

Adapun manfaat dari apresiasi seni adalah:

  • Bisa mengenal bentuk-bentuk karya seni
  • Bisa membuat kecintaan terhadap karya seni menjadi meningkat dan terpupuk
  • Untuk sarana dalam melakukan penilaian, penikmatan, empati, hiburan serta edukasi
  • Untuk sarana dalam menimbulkan timbal balik positif antara pencipta dan penikmat karya seni
  • Memperoleh pengalaman dan ilmu baru ketika menikmati sebuah karya seni yang dapat dijadikan bekal untuk membuat dan mengembangkan karya seni di masa mendatang.

Tingkatan Apresiasi Seni

Terdapat tingkat jenis apresiasi seni yang terdiri atas, yaitu:

Tingkat Empatik
Tingkat empatik berhubungan dengan pikiran dan perasaan. Tingkat empatik tersebut dalam bentuk tangkatan inderawi atau tangkapan dari indra. Misalnya adalah apresiasi simpatik diantaranya pada saat mendengar karya seni musik, maka diri kita akan merasa nyaman dan betah mendengar karya yang sedang diperdengarkan, kemudian akan timbul penilaian terhadap karya tersebut bagus.

Tingkat Estetis
Tingkat Estetis mempunyai arti penilaian kepada keindahan. Tingkat apresiasi ini adalah pengamatan dan penghayatan. Dalam tingkat ini untuk penikmat seni dalam menampilkan suatu apresiasi yang lebih kepada pengamatan kepada bentuk karya seni. Misalnya adalah tingkat apresiasi estetis antara lain ketika kita melihat pagelaran seni teater atau yang lain, memerlukan sebuah pengamatan yang baik supaya sesuatu dengan penyampaian apresiasi estetis tersebut kepada siapa.

Tingkat Apresiasi Kritik
Tingkat apresiasi kritik adalah bentuk apresiasi yang memberikan suatu klarifikasi, dekskripsi, penjelasan, penganalisaan, evaluasi sehingga bisa diambil suatu kesimpulan. Misalnya adalah tingkat apresiasi kritik antara lain ajang pencarian bakat yang memerlukan ilmu mendalam yang mana masing-masing memberikan penampilan bakat yang dimiliki dalam bentuk penyampaian apresiasi yang lebih mendalam.

Tipe Apresiasi Seni

Terdapat dua tipe apresiasi seni, yakni Apresiasi Pasif dan Apresiasi Aktif

  • Apresiasi Pasif yaitu pelaku apresiasi snei yang masih awam tetapi mempunyai minat yang baik kepada sebuah karya seni.
  • Apresiasi Aktif yaitu apresiasi yang muncul sesudah seseorang melaksanakan penilaian terhadap sebuah karya seni.

Tahapan Apresiasi Seni

Tahapan dari apresiasi seni adalah sebagai berikut:

Pengamatan
Pengamatan kepada karya seni bukan hanya dilaksanakan dengan satu indera, tetapi memakai semua pribadi. Maksudnya adalah apresiasi dilaksanakan dengan ketajaman pengamatan seseorang serta pengetahuan ilmu seni.

Aktivitas Fisiologis
Aktivitas fisiologis adalah perbuatan nyata dalam melakukan sebuah pengamatan

Aktivitas Psikologis
Aktivitas psikologis adalah persepsi dengan evaluasi yang selanjutna dapat menimbulkan sebuah interprestasi imajinatif sebagai pendorong kreativitas

Aktivitas Penghayatan
Aktivitas penghayanan ini dapat dilakukan dengan pengamatan sebuah objek karya snei dengan lebih dalam

Aktivitas Penghargaan
Aktivitas penghargaan adalah sebuah evaluasi kepada objek dengan memberikan saran atau kritikan.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Tingkatan, Tipe, Tahapan Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimaksih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: