Pengertian Asuransi Jiwa, Jenis Polis, Manfaat, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Asuransi Jiwa, Jenis Polis, Manfaat, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang asuransi jiwa. Yang meliputi pengertian asuransi jiwa, jenis-jenis polis asuransi, manfaat dan contoh asuransi jiwa dengan pembahasan lengkap dan ringan. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Asuransi Jiwa, Jenis Polis, Manfaat, Contoh

Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan sebuah asuransi yang memiliki tujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial yang tidak diduga yang disebabkan karena meninggal dengan terlalu cepat maupun hidupnya terlalu lama. Dengan pengertian lain asuransi jiwa adalah suatu kontrak perjanjian antara pemegang polis dan perusahaan asuransi atau insurer yang mana pihak asuransi berjanji untuk membayar nominal uang apabila terjadi risiko kematian terhadap pihak pemegang asuransi/polis.

Jenis-Jenis Polis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa mempunyai jenis-jenis atau macam produk yang dimana setiap jenis produk tersebut mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Beberapa jenis produk asuransi jiwa ini mempunyai tujuan untuk melayani macam-macam keperluan kemampuan dan daya beli masyarakat.

Asuransi Jiwa Berjangka “Term”

Yaitu sebuah kebijakan yang sederhana dan yang paling murah. Polis ini biasanya diambil dalam jangka waktu tertentu seperti antara 10, 20, atau 30 tahun. Tujuannya adalah untuk menyediakan kebutuhan tempo seperti untuk pendidikan anak, rumah, pembayaran hipotek dan lain sebagainya.

Jenis-jenis dari produk ini sangat tepat untuk kalian yang mempunyai kebutuhan untuk biaya asuransi yang besar akan tetapi hanya mempunyai daya beli yang terbatas.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup “Whole Life”

Adalah salah satu jenis dasar Asuransi Jiwa Permanen yang menawarkan proteksi asuransi seumur hidup untuk seseorang. Apabila ingin mendapatkan manfaat yang lebih dari sekedar santunan kematian maupun menginginkan ide tabungan jangka panjang. Dan menginginkan proteksi jiwa sekaligus mempunyai tabungan untuk kebutuhan darurat seperti biaya tagihan rumah sakit.

Atau apabila mengingkan memperoleh pertumbuhan modal investasi bisa mempertimbangkan untuk membeli polis asuransi ini. Tetapi harus bersedia untuk membayar premi yang lebih tinggi daripada Asuaransi Jiwa Berjangka.

Asuransi Jiwa Dwiguna “Endowment”

Adalah sebuah jenis dari asuransi jiwa yang menawarkan dua keuntungan sekaligus. Manfaatnya yang pertama dalam bentuk penerimaan sejumlah pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia dalam periode waktu tertentu sesuai dengan ketentuan polis asuransi yang sudah dibeli. Kedua yaitu apabila tertanggung masih hidup ketika jangka waktu berakhir, tertanggung akan memperoleh seluruh uang pertanggungan.

Sebelum melakukan pembelian asuransi, hengaknya untuk mencari informasi terlebih atau sebanyak-banyaknya terhadap beberapa jenis perusahaan asuransi, kemudian membandingkan proteksi atau pertanggungan yang ditawarkan dengan premi yang harus dibayar. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah berapa banyak anggota keluarga yang menjadi tanggungan dan investarisir kebutuhan pendidikan yang diperlukan untuk anak yang dimiliki.

Manfaat Asuransi Jiwa

Manfaat dari asuransi jiwa antara lain sebagai berikut:

  • Meminimalisir risiko yang tidak terduga, siapapun tidak ingin dapat mengantisipasi ataupun menduga terjadi suatu bencana didalam keluarga. Dengan asuransi, perlindungan dapat diperoleh sehingga akan terasa ringan.
  • Keluarga lebih terjamin, apabila sewaktuwaktu terjadi sesuatu pada keluarga, adanya “dana cadangan” yakni klaim asuransi yang bisa digunakan untuk membantu keluarga.
  • Banyak hal hal yang dapat disiapkan, seperti pendidikan anak, pengeluaran keluarga bulanan, sampai berbagai kebutuhan yang bersifat rutin, seringkali dapat terbantu dengan dana talangan yang telah disiapkan dari skema asuransi jiwa.
  • Banyak macam fasilitas menjadikan mudah dapat diperoleh melalui asuransi jiwa, jika sekarang asuransi jiwa banyak digabung dengan berbagai macam perencanaan lain yang dapat membantu di saat-saat sulit di masa yang akan datang.
  • Menentramkan pikiran terhadap masa depan, khususnya untuk yang menjadi kepala keluarga adanya asuransi jiwa bisa membuat pikiran menjadi lebih tentram sebab akan ada dana cadangan apabila terjadi seuatu kelak. Dengan begitu kerja dapat menjadi lebih tenang dan juga hasilnya juga lebih maksimal.

Contoh Asuransi Jiwa

Berikut ini adalah beberapa contoh perusahaan Asuransi Jiwa yang telah terdaftar dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

  • Asuransi Jiwa AXA Finansial
  • Asuransi Jiwa AXA Life
  • AXA Mandiri
  • Bakrie Life
  • BNI Life
  • Bumi Asih Jaya
  • MNC Life Assurance
  • Ace Life Assurance
  • Asuransi Jiwa Bumiputera 1912
  • Asuransi Jiwa FWD
  • Asuransi Jiwa Alianz Life Indonesia
  • Dan lain sebagainya

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Asuransi Jiwa, Jenis Polis, Manfaat, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: