Pengertian Hutan Suaka Alam, Manfaat, Fungsi, Ciri-Ciri, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Hutan Suaka Alam, Manfaat, Fungsi, Ciri-Ciri, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang hutan suaka alam. Yang meliputi pengertian hutan suaka alam, manfaat dan fungsi hutan suaka alam, ciri-ciri hutan suaka alam dan contoh hutan suaka alam dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Hutan Suaka Alam, Manfaat, Fungsi, Ciri-Ciri, Contoh

Pengertian Hutan Suaka Alam

Di Indonesia terdapat banyak hutan yang termasuk didalamnya adalah hutan suaka alam. Hutan suaka alah adalah hutan yang mempunyai ciri khas tertentu dan juga mempunyai fungsi utama yakni sebagai daerah pengawetan keanekaragaman hayati tumbuhan dan juga satwa serta ekosistem, yang fungsinya sebagai wilayah sistem penyangga dalam kehidupan.

Terdapat Undang-Undang yang mengatur mengenai kawasan hutan suaka alam yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Cagar alam juga adalah satu diantara banyak kawasan hutan suaka alam yang didalamnya memiliki kekhasan dan keanekaragaman flora, fauna, dan ekosistem tertentu yang dilindungi dan juga perkembangannya dari ekosistem tersebut berlangsung secara alamiah. Baik flora ataupun fauna yang hidup didalam area cagar agalm tersebut keberadaanya sangat dilinguni.

Manfaat Dan Fungsi Hutan Suaka Alam

Hutan suaka alam memiliki manfaat dan juga fungsi pokok sebagai Merupakan tempat pengawetan keanekaragaman tumbuhan, satwa dan ekosistem kehidupan. Untuk wilayah sistem penyangga kehidupan.

Ciri-Ciri Hutan Suaka Alam

Terdapat ciri-ciri dari hutan suaka alam, yakni:

  • Hutan suaka alam mempunyai spesies flora yang unik dan pada sekarang ini hanya ada di tempat tersebut.
  • Hutan suaka alam mempunyai spesies flore yang unik yang tidak dapat ditumbuhkan pada tempat lain.
  • Hutan suaka alam mempunyai spesies fauna yang unik yang pada sekarang ini hanya bisa dan ada ditempat tersebut
  • Hutan suaka alam mempunyai spesies fauna yang unik yang tidak dapat tumbuh dan berkembang biak pada tempat lain.
  • Hutan suaka alam mempunyai manfaat untuk kehidupan flora, fauna, dan masyarakat menurut geografis, geologis, hidrologis, atmosferik, dan juga sosial ekonomi
  • Hutan suaka alam apabila dihilangkan bisa memberikan efek negatif secara geografis, geologis, hidrologis, atmosferik, dan juga sosial ekonomi yang berlangsung dalam waktu cepat.

Contoh Hutan Suaka Alam

Ada beberapa contoh kategori dari hutan suaka alam, yakni:

Cagar Alam
Cagar alam adalah suatu kawasan hutan suaka alam yang kondisi alamnya memiliki kekhasan baik flora, fauna serta ekosistemnya yang harus dilindungi dan dilestarikan dan perkembangannya berlangsung secara alami sesuai dengan kondisi aslinya. Contoh kawasan cagar alam di Indonesia yaitu Pananjung Pangandaran di Jawa Barat dan Nusa Kambangan di Jawa Barat.

Cagar Biosfer
Cagar biosfer adalah suatu kawasan yang terdiri atas ekosistem asli, ekosistem unik serta ekosistem yang keberadaannya sudah mengalami degradasi dan semua unsur alamnya dilindungi dan juga dilestarikan untuk kepentingan penelitian dan pendidikan.

Taman Hutan Raya
Taman hutan raya adalah suatu kawasan pelestarian alam yang bertujuan untuk mengkoleksi flora dan fauna yang alami maupun bukan, jenis asli atau bukan asli, yang dimanfaatkan untuk kepentingan umum untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan dan pendidikan. Contohnya adalah Kebun Raya di Bogor

Suaka Margasatwa
Suaka margasatwa adalau hutan suaka lama yang memiliki ciri khas dalam keanekaragamana atau keunikan jenis satwa yang untuk kelangsungan hidupnya bisa dilakukan pembinaan terhadap habitatnya. Contohnya adalah Taman Nasional Ujung Kulon Banten.

Taman Nasional
Taman nasional adalah kawasan tanah yang dilindungi oleh pemerintah pusat dari perkembangan manusia dan polusi. Contohnya adalah Taman Nasional Bali Barat untuk tempat penangkaran jalak bali yang termasuk kategori hewang langka. Taman Nasional Ujung Kulon tempat penangkaran badak bercula satu yang nyaris punah, hewan ini hanya ada di Indonesia.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Hutan Suaka Alam, Manfaat, Fungsi, Ciri-Ciri, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: