Pengertian Kartu Kredit, Fungsi, Jenis, Sistem Kerja, Keuntungan, Kerugian Terlengkap

Posted on

Pengertian Kartu Kredit, Fungsi, Jenis, Sistem Kerja, Keuntungan, Kerugian Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kartu kredit. Yang meliputi pengertian kartu kredit, fungsi kartu kredit, jenis-jenis kartu kredit, sistem kerja kartu kredit, keuntungan dan kerugian kartu kredit dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Kartu Kredit, Fungsi, Jenis, Sistem Kerja, Keuntungan, Kerugian

Pengertian Kartu Kredit

Kartu Kredit atau Credit Card yaitu sebuah kartu yang dikeluarkan oleh bank untuk pengguna atau nasabah sehingga dengan kartu tersebut pengguna bisa membeli barang ataupun jasa dari perusahaan yang menerima kartu tersebut tanpa pembayaran dengan cara tunai “hutang”.

Pengertian lain dari kartu kredit menurut Wikipedia adalah suatu jenis penyelesaian transaksi ritel (ritail) dan sistem kredit, yang namanya berasal dari kartu plastik yang diterbitkan kepada pengguna sistem tersebut. Suatu kartu kredit tidak sama dengan kartu debit yang mana penerbit kartu kredit meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening. Kartu kredit pada umumnya memiliki bentuk serta ukuran yang sama, yang telah dispesifikasikan oleh standar ISO 7810.

Kartu kredit juga bisa didefinisikan dengan uang elektronik yang dikeluarkan suatu instansi menjadikan bisa memungkinkan penggna kartu itu untuk mendapatkan kredit dalam transaksi yang pengembaliannya bisa dilakukan secara angsuran, sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Fungsi Kartu Kredit

Fungsi dari kartu kredit adalah sebagai berikut:

  • Kartu kredit untuk dana emergency, dana emergency tidak sama dengan dana tambahan maupn dana cadangan. Maksudnya adalah dengan dana emergency maka dana yang bisa dipakai untuk kebutuhan yang sifatnya gawat darurat atau mendesak. Seperti contohnya: harus operasi mendadak, akan melahirkan tetapi belum ada biaya dan lain sebagainya. Hal tersebut adalah salah satu fungsi dana emegency.
  • Kartu kredit untuk dana opportunity. Maksud dari dana opportunity adalah untuk mengambil peluang bisnis maupun berinvestasi yang belum tentu ketika peluang atau kesempatan itu datang kita memiliki dana untuk mengambilnya.
  • Fungsi berikutnya dari kartu kredit yiatu bisa digakai untuk mengumpulan seluruh bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan, sehingga waktu yang kita gunakan bisa lebih efisien. Bahkan untuk sekarang ini kartu kredit sudah ada yang mempunya fasilitas untuk pembayaran pengeluaran rutin, seperti tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan air dan tagihan lainnya.
  • Fungsi berikunya dari kartu kredit yakni bisa dipakai untuk mencatat biaya yang kita keluarakan dengan rutin, menjadikan bisa lebih mudah kita dalam pengelolaln keuangan.
  • Biaya yang kita keluarkan atau pengeluaran akan tertera dengan rinci pada rekening giro bisa melakukan cross checking dirumah di akhir bulan.
  • Pada jenis kartu kredit tertentu bisa memberi pelayanan asuransi kesehatan, pencurian, perjalanan ataupun kerusakan barang yang dibeli dengan kartu kredit tersebut. Namun hal tersebut harus dibicarakan dengan bank pada saat transaksi.

Sistem Kerja Kartu Kredit

Pada saat pengajuan untuk menjadi pengguna kartu kredit, maka yang harus dilakukan pertama kali adlaah mengajukan permohonan kartu kredit kepada pihak bank yang menerbitkan kartu kredit.

Hal tersebit dapat dilakukan dengan cara datang ke bank dan membawa persyaratan yang diminta oleh pihak bank. Dalam proses pengajuan kartu kredit, pihak bank akan melakukan beberapa proses terhadap aplikasi yang Anda ajukan, hal ini mencakup: Verifikasi data dan persyaratan yang Anda lampirkan, dan juga termasuk melaksanakan survei (apabila dibutuhkan).

Dalam proses pengajuan itu, bank memerlukan waktu kira-kira 14 hari, sampai akhirnya Anda memperoleh kartu kredit tersebut apabila telah disetujui pihak Bank.

Ketika Anda memperoleh kartu kredit, maka Anda akan mengetahui nama perusahaan penerbit kartu kredit yang tertera di permukaan kartu kredit yang Anda miliki. Seringkali perusahaan yang tertera adalah MasterCard, Visa, American Express, Diners Club, dan lain sebagainya.

Pada saat Anda yang merupakan pengguna kartu kredit melakukan sebuah transaksi atau belanja pada sebuah toko/ supermarket, maka sistem kerja kartu kretid adalah sebagai berikut:

  • Anda melakukan pembayaran dengan cara memberikan kartu kredit Anda kepada penjaga kasir, yang kemudian penjaga tersebut akan menggesek kartu kredit Anda pada mesin EDC (Elektronic Data Capture) yang dengan otomatis data yang ada pada kartu kredit Anda akan terbaca.
  • Mesin EDCC akan membaca garis-garis magnetik yang ada di balik kartu kredit Anda dan mengirimkan informasi kunci yang ada disana (seperti: nomor kartu kredit, plafon, tanggal kadaluarsa, dan lain sebagainya) ke bangk yang dipakai oleh pemilik toko.
  • Diwaktu yang bersamaan, bank yang bersangkutan akan menerima beberapa informasi yang ada didalam kartu kredit Anda dan melaksanakan pengecekan atau validasi transaksi tersebut pada saat itu juga.
  • Pihak bank yang dipakai oleh pemilik toko akan mengirimkan informasi tentang transaksi yang sedang Anda lakukan disana terhadap pihak perusahaan penerbit kartu kredit Anda (seperti: MasterCard, Visa, American Express)
  • Kemudian pihak perusahaan kartu kredit akan melaksanakan pengecekan tentang validasi kartu kredit Anda kepada pihak bank penerbit kartu kredit yang Anda pakai (seperti: BNI, BRI, BCA, MANDIRI, BII)
  • Setelah ada konfirmasi dari pihak bank yang Anda pakai, maka pihak perusahaan penerbit akan melanjutkan informasi tersebut kepada pihak bank yang dipakai oleh toko tempat Anda berbelanja, dan selanjutnya transaksi Anda dapat disetujui oleh mereka.

Keuntungan Dan Kerugian Kartu Kredit (Credit Card)

Adapun keuntungan dan kerugian dari pemakaian kartu kredit adalah sebagai berikut:

Keuntungan Kartu Kredit
Keutungan penggunaan kartu kredit antara lain adalah pada saat Anda ingin membeli sesuatu tetapi tidak mempunyai uang tunai, maka Anda bisa membayarnya dengan memakai kartu kredit.

Kartu kredit juga bisa dipakai untuk belanja online. Pada saat membeli barang yang mahal Anda tidak membutuhkan uang tunai, kartu kredit aman dibanding dengan memegang uang tunai, tetapi setiap pembelian dengan jangka waktu satu bulan atau tertentu harus bisa dilunasi.

Kerugian Kartu Kredit
Kerugian dari penggunaan kartu kredit adalah seringkali nasabah boros dalam berbelanja, karena nasabah merasa tidak mengeluarkan uang dalam membeli barang kebutuhannya padahal hal tersebut membuat nasabah untuk membayar tagihan kartu kredit.

Kartu kredit terkadang menjadikan masalah ketika dipakai untuk belanjat atau transaksi online. Oleh sebab itu nasabah harus berhati-hati untuk memakai data di kartu kredit yang dimiliki.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Kartu Kredit, Fungsi, Jenis, Sistem Kerja, Keuntungan, Kerugian Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: