Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis-Jenis, Karakteristik, Bentuk Terlengkap

Posted on

Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis-Jenis, Karakteristik, Bentuk Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Media Komunikasi. Yang meliputi pengertian media komunikasi, teori media komunikasi, fungsi media komunikasi, jenis-jenis media komunikasi, karakteristik media komunikasi dan bentuk media komunikasi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis-Jenis, Karakteristik, Bentuk

Pengertian Media Komunikasi

Media komunikasi adalah suatu sarana atau alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada publik. Media mendominasi dalam berkomunikasi yaitu panca indera manusia seperti telinga dan mata.

Media juga adalah jendela yang sangat mungkin kita untuk bisa melihat lingkungan yang lebih jauh, sebagai tafsiran yang bisa membantuk memahami pengalaman, sebagai landasan penyampai informasi, sebagai komunikasi interaktif yang mencakup pendapat audien, suatu pemberi tanda intruksi atau petunjuk, sebagai penyaring atau pembagi pengalaman dan fokus terhaap orang lain, cermin yang memberikan refleksi diri dan penghalang yang menutup kebenaran.

Media komunikasi juga merupakan sebagai suatu sarana yang digunakan untuk memproduksi, reproduksi, mengolah dan mendistribusikan dalam penyampaian suatu informasi. Media komunikasi mempunyai peranan pentng untuk kehidupan masyarakat.

Sederhananya, media komunikasi yaitu suatu perantara dalam penyampaian suatu informasi dari komunikator terhadap komunikan yang tujuannya supaya efisien untuk menyebarkan informasi atau pesan.

Teori Media

Terdapat beberapa teori media, antara lain sebagai berikut:

Teori Semiotik Pesan
Media memiliki daya tarik dari sudut pandang semiotik atas campuran suatu simbol yang diatur secara spasial dan kronologis untuk membuat suatu pesan, kesan dan menyampaikan suatu gagasan untuk menunjukkan sebuah makna dari publik.

Teori Sosiokultural Pesan
Media yang disajikan untuk sosialisasi dan kulturisasi dan juga penempatan suatu makna yang dapat memunculkan sebuah argumentasi dari publik terhadap media supaya bisa memberikan sebuah inforamsi yang memiliki karakter dan tidak membuat timbulnya SARA.

Teori Sosiopsikologis
Teori yang mencampurkan antara sosial dan psikologis dari audien yang menikmati sebuahmedia. Jika status sosial digabungkan dalam psikologis dari audien bisa dicontohnya sebagai sebuah konten atau isi acara yang sifatnya segmented/segmentaasi acara.

Teori Sibernitika
Pengaruh dari pendapat publik dari suatu isi media merupakan sebuah fenomeda yang membuat tertarik atau dapat disebut sebagai teori “spiral ketenangan” mengambarkan bahwa komunikasi interpersonal dan media berjalan bersama dalam perkembangan pendapat masyarakat.

Teori Kritis
Implikasi budaya yang lebih luas, dalam sebagian hal teori kritis ini dikatakan bahwa banyak ideologi atau paham dari sebuah pemilik meida yang seharusnya bisa dikritis oleh publik agar tidak ada keberpihakan dalam menyampaikan sebuah informasi.

Fungsi Media Komunikasi

Ada beberapa fungsi media komunikasi yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain:

Fungsi Media Komunikasi Menurut Marshall Mc Luhan

Efektifitas
Media komunikas akan menjadikanmudah kelancaran dalam menyampaikan informasi

Efisiensi
Media komunikasi akan menjadikan cepat penyampaian dalam suatu informasi

Konkrit
Media komunikasi akan membantu mempercepat konten pesan yang mempunyai sifat abstrak

Motivatif
Media komunikasi akan lebih atraktif dan memberikan suatu informasi yang bisa dipertanggungjawabkan

Fungsi Media Komunikasi Menurut Burgon Dan Huffner

Efisiensi Penyebaran Informasi
Penghematan dari segi biaya, tenaga, pemikiran dan waktu

Memperkuat Eksistensi Informasi
Media komunikasi yang hi-tech bisa membuat informasi maupun pesan lebih memiliki kesan kepada komunikan

Menghibur
Media komunikasi bisa membuat senang dan lebih menarik untuk audien

Kontrol Sosial
Media komunikasi adalah pengawasan dalam suatu kebijakan sosial

Jenis-Jenis Media Komunikasi Menurut Fungsi Media

Fungsi Produksi
Media komunikasi memiliki kegunaan supaya menghasilkan sebuah informasi

Fungsi Reproduksi
Media komunikasi memiliki kegunaan untuk bisa memproduksi ulang dan memperbanyak atau menggandakan suatu informasi

Fungsi Penyampai Informasi
Media komunikasi memiliki fungsi untuk bisa mengkomunikasikan dan menyebarluaskan pesan terhadap komunikan sebagai sasaran informasi

Karakteristik Media Komunikasi
Karakteristik suatu media komunikasi antara lain sebagai berikut:

Karakteristik Dalam Media Intra Personal
Pikiran adlaah umpan balik yang didapatkan oleh pribadi seseorang dan hanya memutar dalam diri sendiri, arus pesan yang tersampaikan merupakan persepsi yang memusat, efek yang dihasilkan dalam karakteristik intrapersonal yaitu sikap dan perilaku

Karakteristik Inter Personal
Semua panca indera berguna untuk menjadi umpan balik dari suatu informasi yang disampaikan, dengan cara kode tertulis, lisan, isyarat dan juga arus pesan dua arah dan memiliki efek kepada sikap yang tinggi dan rendah kepada kognitif.

Karakteristik Media Massa
Sifatnya lembaga, satu arah, meluas dan bersamana dan juga memakai peralatan teknis atau mekanis dan sifatnya terbuka

Karakteristik Media Publik
Didapatkan oleh seluruh alat indera baik lisan ataupun isyarat arus pesan yang disampaikan dapat satu atau dua arah banyak dan terbatas dan juga mempunyai efek tinggi kepada perilaku, namun demikian rendah kepada kognitif.

Bentuk Media Komunikasi

Adapun bentuk-bentuk dari media komunikasi adalah sebagai berikut:

Media Cetak
Seluruh jenis barang/media komunikasi yang bisa dilaksanakan dengan proses pencetakan dan bisa digunakan sebagai sarana penyampaian pesan atau informasi. Misalnya: Surat kabar, buku, brosur, majalah dan buletin

Media Visual atau Media Pandang
Penerimaan pesan yang disampaikan dengan melalui panca indera dan bisa dilihat. Misalnya: gambar dan foto

Media Audio
Penerimaan pesan yang disampaikan dengan melalui indera pendengaran. Misalnya: Radio dan tape recorder

Media Audio Visual Aid (AVA)
Media komunikasi yang bisa dilihat dan juga bisa didengar untuk memperoleh informasi secara bersamaan. Misalnya: Televisi, Laptop

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis-Jenis, Karakteristik, Bentuk Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: