Pengertian Remunerasi, Tujuan, Indikator, Unsur-Unsur Terlengkap

Posted on

Pengertian Remunerasi, Tujuan, Indikator, Unsur-Unsur Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang remunerasi. Yang meliputi pengeritian remunerasi, pengertian remunerasi menurut para ahli, tujuan remunerasi, indikator remunerasi, dan unsur-unsur remunerasi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Remunerasi, Tujuan, Indikator, Unsur-Unsur

Pengertian Remunerasi

Dilihat dari kata terjemahan, Remunerasi adalah penggajian (payment) atau dengan sebutan lain remunerasi yaitu imbalan uang ataupun lainnya yang sudah ditetapkan oleh peraturan tertentu sebagai imbalan pekerjaan yang bersifat rutin.

Pengertian lain dari remunerasi adalah balas jasa atau imbalan yang diberikan oleh perusahana terhadap tenaga kerjanya sebagai prestasinya karena sudah membantu dalam meraih tujuan perusahaan.

Dan terdapat juga pengertian lainnya, Remunerasi yaitu imbalan yang diberikan kantor atau perusahaan kepada tenaga kerjanya karena sudah berjasa kepada kantor atau perusahaan dalam membantu mencapai tujuannya.

Istilah remunerasi sering ditemukan dan berkaitan dengan proses penggajian tenaga kerja, seperti remunerasi PNS, remunerasi TNI, remunerasi karyawan dan lain sebagainya. Istilah remunerasi ini juga tidak bisa dipisahkan dengan gaji dan upah. Gaji merupakan imbalan yang diberikan kepada tenaga kerja atau pegawai menurut periode waktu tertentu, contohnya harian, mingguan dan bulanan.

Sedangkan upah adalah imbalan yang diterima tenaga kerja atau pegawai menurut hitungan waktu yang tetap, jadi dapat memakai istilah seperti tarif per jam, tarif per dokumen dan lain sebagainya yang masih bisa dihitung.

Pengertian Remunerasi Menurut Para Ahli

1.Rosenberg (1983)

Pengertian remunerasi menurut Rosenberg adalah upah dan segala macam bentuk manfaat finansial lainnya yang diterima seseorang sebagai hasil dari suatu pekerjaan tertentu.

2.Komarrudin (1983)

Pengertian remunerasi menurut Komarrudin adalah bentuk pemberian prestasi balasan (balas jasa) atau hadiah khususnya untuk jasa yang sudah dipergunakan.

3.Mochammad Surya (2004)

Pengertian remunerasi menurut Mochammad Surya adalah sesuatu yang diterima pegawai sebagai bentuk imbalan dari kontribusi yang telah ia berikan kepada organisai dimana tempat dia bekerja.

4.Oxford American Dictionaries

Pengertian remunerasi menurut Oxford American Dictionaries adalah kata serapan dari bahasa Inggris remunerate yang berarti pay (someone) for services rendered or work done.

5.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian remunerasi menurut KBBI adalah sebagai pemberian hadiah (penghargaan atas jasa dan sebagainya; imbalan

Tujuan Remunerasi

Tujuan dari remunerasi adalah sebagai berikut:

  • Untuk mendorong terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas
  • Untuk menjaga sumber daya manusia yang produktif, supaya tidak pindah ke perusahana lain dan membentuk perilaku yang orientasinya pada layanan dan juga mengurani dan mencegah adanya tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)
  • Untuk menciptakan persaingan positif diantara tenaga kerja di suatu perusahaan
  • Untuk menghasilkan penghasilan atau keuuntungan yang sebesar-besarnya pada sebuah perusahaan dengan memanfaatkan modal seefektif dan seefisien mungkin
  • Untuk menciptakan dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja
  • Untuk menciptakan tata pengelolaan perusahaan yang baik dan bersih

Indikator Remunerasi

Indikator dari remunerasi yang menjadi pengaruh untuk tenaga kerja antara lain:

  • Remunerasi yang didapat oleh tenaga kerja harus sesuai dengan kontribusi yang dilakukan terhadap perusahaan atau kantor
  • Tinggi rendahnya tingkat remunerasi di suatu perusahaan
  • Umumnya remunerasi ini diberikan kepada tenaga kerja yang mempunyai kemampuan atau skill yang berprestasi

Unsur Remunerasi

Unsur-unsur dari remunerasi adalah sebagai berikut:
Ada dua unsur yang ada di remunerasi yakni kompensasi dan bonus atau komisi. Kompensasi merupakan keseluruhan hal yang diterima tenaga kerja atau pegawai baik dalam berupa fisik ataupun non fisik. Hal ini dapat dihitung dan dapat diberikan pada tenaga kerja dan seringkali kompensasi tidak dikenai pajak.

Sementara bonus atau komisi adalah imbalan yang diberikan kepada tenaga kerja atau pegawai dengan perhitungan presentase, seperti keuntungan penjualan produk. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Remunerasi, Tujuan, Indikator, Unsur-Unsur Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: