17 Pengertian Rokok Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

17 Pengertian Rokok Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang rokok. Dimana penjelasan disini yaitu berhubungan dengan pengertian rokok dan merokok dari beberapa ahli yang sudah dikaji. Agar lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Rokok Menurut Para Ahli

Pengertian Rokok Menurut Para Ahli

1.Heryani (2014)

Pengertian rokok menurut Heryani adalah hasil olahan tembakau yang terbungkus, dihasilkan dari tanaman Nicotiana Tabacum, Nicotiana Rustica dan spesia lainnya atau sintetisnya yang mengandung nikotin dan tar dengan atau tanpa bahan tambahan.

2.PP No.19 Tahun 2013

Pengertian rokok menurut PP. No.19 Tahun 2013 adalah hasil olahan tembakau dibungkus termasuk cerutu ataupun bentuk lainnya yang dihasilkan dari tanaman Nicotiana tabacum, Nicotiana rustica dan spesies lainnya atau sistetisnya yang mengandung nikotin dan tar dengan atau tanpa bahan tambahan.

3.PP No. 81/1999 pasal 1 ayat 1

Pengertian rokok menurut PP No. 81/1999 pasal 1 ayat 1 adalah hasil olahan tembakau terbungkus termasuk cerutu atau bentuk lainnya yang dihasilkan dari tanaman Nicotiana tabacum, Nicotiana rustica dan spesies lainnya atau sintetisnya yang mengandung nikotin dan tara dengan atau tanpa bahan tambahan.

4.Wikipedia

Pengertian rokok menurut Wikipedia adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah.

5.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian rokok menurut KBBI adalah gulungan tembakau (kira-kira sebesar kelingking) yang dibungkus (daun nipah, kertas)

6.Sunarno (2008:45)

Pengertian rokok menurut Sunarno adalah termasuk narkoba jenis zat adiktif, karena seorang perokok biasanya ketagihan. Zat yang terkandung didalam rokok menjadi penyebab orang merasa ketagihan. Zat tersebut yaitu nikotin. Orang yang merokok seringkali merasa nikmat dan nyaman dan juga bisa meningkatkan produktivitas. Tetapi apabila mereka tidak merokok maka akan merasa loyo, tidak produktif, tidak berdaya dan lemas.

7.Em Zul Fajri Dan Ratu Aprilia Senja (2008:714)

Pengertian rokok menurut Em Zul Fajri Dan Ratu Aprilia Senja adalah gulungan tembakau yang dibakar dan dihisap asapnya.

8.Dody D.A Armis Dally dkk (2010:188)

Pengertian rokok menurut Dody D.A Armis Dally dkk adalah gulungan tembakau dengan kertas atau daun jagung.

9.Poerwadarminta

Pengertian rokok menurut Poerdarminta adalah gulungan tembakau yang berbalut daun nipah atau kertas.

Setelah mengetahui pengertian rokok, maka dibawah ini kami sertakan juga pengertian merokok menurut para ahli.

Pengertian Merokok Menurut Para Ahli

1.Aiman Husaini (2006:21)

Pengertian merokok menurut Aiman Husaini adalah membakar tembakau dan daun tar, serta menghisap asap yang dihasilkannya.

2.Armstrong (1990)

Pengertian merokok menurut Armstrong adalah menghisap asap tembakau yang dibakar ke dalam tubuh dan menghembuskannya kembali keluar.

3.Levy (1984)

Pengertian merokok menurut Levy adalah sesuatu yang dilakukan seseorang berupa membakar dan menghisapnya serta dapat menimbulkan asap yang dapat terhisap oleh orang-orang disekitarnya.

4.Poerwadarminta (1995)

Pengertian merokok menurut Poerwadarminta adalah menghisap rokok, sedangkan rokok sendiri adalah gulungan tembakau yang berbalut daun nipah atau kertas.

5.Sitepoe (2000)

Pengertian merokok menurut membakar tembakau yang kemudian diisap asapnya, baik menggunakan rokok maupun menggunakan pipa.

6.Subanada (2004)

Pengertian merokok menurut Subanada adalah sebuah kebiasaan yang dapat memberikan kenikmatan bagi si perokok, namun dilain pihak dapat menimbulkan dampak buruk baik bagi si perokok itu sendiri maupun orang-orang disekitarnya.

7.Sumarno (Mulyadi, 2007)

Pengertian merokok menurut Sumarno menjelaskan cara merokok yang biasa dibedakan menjadi dua cara yakni cara yang pertama adalah dengang menghisap dan menelan asap rokok ke dalam paru-paru kemudian dihembuskan. Cara yang kedua dilakukan dengan lebih moderat yakni hanya menghisap sampai mulut kemudian dihembuskan melalui mulut atau hidung. Perilaku merokok merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merugikan kesehatan dan menyebabkan ketergantungan pada perokok.

8.Ogawa (Ulhaq, 2008)

Pengertian merokok menurut Ogawa adalah dahulu rokok disebut sebagai kebiasaan atau ketagihan. Sekarang merokok disebut sebagau Tobacco Dependency atau ketergantungan pada tembakau. Ketergantungan pada tembakau adalah sebagai perilaku penggunaan tembakau yang menetap, biasanya lebih dari 1/2 bungkus per hari, dengan tambahan adanya distres yang disebabkan oleh kebutuhan akan tembakau secara berulang-ulang.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 17 Pengertian Rokok Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: