Pengertian Seminar Pendidikan, Tujuan, Fungsi, Yang Terlibat, Yang Perlu Diperhatikan Terlengkap

Posted on

Pengertian Seminar Pendidikan, Tujuan, Fungsi, Yang Terlibat, Yang Perlu Diperhatikan Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang seminar pendidikan. Yang mana pembahasan ini meliputi pengertian seminar pendidikan, tujuan seminar pendidikan, fungsi seminar pendidikan, yang terlibat dalam seminar dan yang perlu diperhatikan dalam seminar pendikan dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini.
Pengertian Seminar Pendidikan, Tujuan, Fungsi, Yang Terlibat, Yang Perlu Diperhatikan

Pengertian Seminar Pendidikan

Berdasarkan terminologinya seminar yaitu suatu aktivitas yang diadakan untuk menyampaikan suatu karya ilmiah dari seorang pakar atau peneliti yang dipresentasikan pada peserta supaya bisa mengambil keputusan yang sama terhadap karya ilmiah antara sumber dengan peserta.

Pendidikan adalah usaha secara sadar dan terencana untuk mewujudkan situasi belajar dan proses pembelajaran supaya peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan juta keterampilan yang dibutuhkan dirinya dan masyarakat.

Berdasarkan dua pengertian diatas maka yang dimaksud dengan seminar pendidikan yaitu suatu kegiatan menyampaikan karya ilmiah tentang pendidikan yang direncanakan dan dipresentasikan dengan sumber atau peneliti dalam mengambil keputusan dan bertujuan untuk menyamakan pendapat terhadap suatu hasil karya ilmiah tersebut demi untuk mengambil kebenaran isi dari hasil karya ilmiah.

Seminar pendidikan seringkali dilakukan oleh seorang mahasiswa dalam mempertanggungjawabkan karya ilmiah yang dia buat. Dalam hal ini seorang mahasiswa yang kreatif tentu benar-benar dapat mempertanggung jawabkan karya ilmiah yang dia hasilkan. Kecakapan dalam berbahasa atau retorika juga bisa menarik perhatian orang lain yang mendengarkan pada saat ia berbicara untuk mendukung hasil karyanya.

Tujuan Seminar Pendidikan

Dalam seminar pendidikan wajib merencanakan waktu, tempat, peserta dan juga menentukan pengarah dan sumber dari hasil karya ilmiah supaya bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan seminar yang hendak dilakukan.

Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan dari seminar pendidikan adalah untuk mengoresksi kembali hasil suatu karya ilmiah untuk mengambil keputusan bersama demi sempurnanya hasil.

Fungsi Seminar Pendidikan

Sebagai mahasiswa yang aktif seharusnya mengikuti seminar, karena seminar sangat berguna untuk memperdalam ilmu selain itu seminar membuat kita bebas mengaspirasaikan pendaat ataupun pertanyaan yang sulit untuk diketahui.

Seminar pendidikan juga memiliki fungsi sebagai media komunikasi agar saling memberikan ikut serta pengetahuan dan saling bertukar pengalaman dan juga merupakan tempat ilmuan untuk mengidentifikasikan masalah, mengembangkan rencana dan metodologi penelitian dan tempat ilmuan berfikir bagaimana cara menerapakan hasil penelitiannya.

Yang Terlibat Dalam Seminar

Yang terlihat dalam sebuah seminar antara lain:

  • Ruang seminar
  • Pengarah
  • Peserta
  • Moderator
  • Notulen
  • Jalannya seminar

Yang Perlu Diperhatikan Supaya Seminar Berjalan Baik

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar seminar berjalan dengan baik adalah:

  • Seminar merupakan sebuah diskusi dua arah, tidak ada seorang yang lebih mendominasi pembicaraan, adalah tugas moderator untuk memperhatikan ini.
  • Seminar dapat dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan yang telah jelas ada jawabannya, lalu mengarah ke pertanyaan-pertanyaan lain yang lebih dalam dan tidak ada jelas jawabannya. Pertanyaan jenis kedualah yang memberikan manfaat terbesar, tidak banyak pertanyaan yang seperti demikian.
  • Semua pertanyaan dan pertanyaan dinyatakan dengan jelas tanpa ambiguitas, apabila suatu pertanyaan atau pertanyaan belum jelas, moderator harus dapat menunjukkan itu dan meminta sang pengujar untuk memperjelasnya.
  • Masih berkaitan denga poin pertama, masing-masing pertanyaan wajib jelas sebelum ditanggapi dengan jawaban. Penanggap berhak meminta penjelasan yang lebih lanjut terhadap pertanyan sebelum dia menjawab. Tanggapan tentunya juga harus relevan dengan pertanyaan, moderato juga harus memperhatikan.
  • Suatu pertanyaan dapat dilihat yang menjadi jembatan terhadap pertanyaan lain yang lebih mendasar, hanya cara demikian sebuah seminar bisa memberikan manfaat lebih.
  • Apabila ada istilah yang sama, tetapi digunakan dengan artian yang berbeda oleh beberapa orang, moderator harus menunjukkan itu dan membuat kesepakatan dalam arti apa istilah itu dipakai sebelum melanjutkan seminar.
  • Suatu seminar yang baik tidaklah harus menghasilkan suatu kesimpulan tunggal. Masing-masing orang dapat pulang dengan pendapatnya masing-masing. Dan yang paling penting adalah mata mereka lebih terbuka, mereka sudah melihat ide-ide yang baru yang pada sebelumnya tidak terpikirkan oleh mereka.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Seminar Pendidikan, Tujuan, Fungsi, Yang Terlibat, Yang Perlu Diperhatikan Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: