15 Pengertian Sistem Pengendalian Intern Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

15 Pengertian Sistem Pengendalian Intern Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Sistem Pengendalian Intern. Yang mana pembahasan ini berdasarkan pernyataan para ahli yang sudah dirangkum dari beberapa sumber. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Sistem Pengendalian Intern Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Pengendalian Intern Menurut Para Ahli

1.Mulyadi (2013:164)

Pengertian pengendalian intern menurut Mulyadi adalah meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan kenadalan data akuntasi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.

2.Ardiyos dalam Tuty (2012:11)

Pengertian pengendalian intern menurut Ardiyos adalah:

  • Pengendalian internal adalah suatu sistm yang disusun sedemikian rupa, sehingga antara bagian yang satu secara otomatis akan mengawasi bagian yang lainnya.
  • Pengedalian internal¬† adalah suatu pengujian kebenaran yang dilakukan dengan mencocokkan berbagai angka-angka dan transaksi yang dilaksanakan oleh petugas yang berbeda.

3.Hery (2013:159)

Pengertian pengendalian intern menurut Hery adalah seperangkat kebijakan dan prosedur untuk melindungi aset atau kekayaan perusahaan dari segala bentuk tindakan penyalahgunaan, menjadmin tersedianya informasi akuntansi perusahaan yang akurat, serta memastikan bahwa semua ketentuan (peraturan) hukum/undang-undang serta kebijakan manajemen telah dipatuhi atau dijalankan sebagaimana mestinya oleh seluruh karyawan perusahaan.

4.Valery G. Kumaat (2011:15)

Pengertian pengendalian intern menurut Valery G. Kumaat adalah suatu cara untuk mengarahkan, mengawasi dan mengukur sumber daya suatu organisasi. Ia berperan penting untuk mencegah dan mendeteksi penggelapan (fraud) dan melindungi sumber daya organisasi baik yang berwujud maupun tidak (seperti reputasi atau hak kekayaan intelektual seperti merek dagang).

5.COSO (Committee of Sponsoring Organizations) dari Treadway Commision dalam Azhar Susanto (2013:95)

Pengertian pengendalian intern menurut COSO adalah suatu proses yang dipengaruhi oleh dewan direksi, manajemen dan karyawan yang dirancang untuk memberikan jaminan yang meyakinkan bahwa tujuan organisasi akan dapat dicapai melalui: efisiensi dan efektifitas operasi, penyajian laporan keuangan uang dapat dipercaya, ketaatan terhadap undang-undang dan aturan yang berlaku.

6.Krismiaji (2010:218)

Pengertian pengendalian intern menurut Krismiaji adalah rencana organisasi dan metode yang digunakan untuk menjaga atau melindungi aktiva dan menghasilkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya.

7.Amin Widjaja Tunggal (2010:195)

Pengertian pengendalian intern menurut Amin Widjaja Tunggal adalah suatu proses yang dijalankan oleh Dewan Komisaris, Manajemen, Personal entitas lain yang didesain untuk memberikan keyanikan memadai tentang pencapaian tiga golongan tujuan berikut ini: (a) keandalan pelaporan keuangan (b) Efektifitas dan efisiensi operasi, dan (c) Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

8.James Hall (2011:180)

Pengertian pembuatan dan pemeliharaan sistem pengendalian intern menurut James Hall adalah kewajiban pihak manajemen yang penting. Aspek mendasar dari tanggung jawab penyediaan informasi pihak manajemen adalah untuk memberikan jaminan yang wajar bagi pemegang saham bahwa perusahaan dikendalikan dengan baik. Selain itu pihak manajemen bertanggung jawab untuk melengkapi pemegang saham serta investor dengan informasi keuangan yang andal dan tepat waktu.

9.Nugroho Widjayanto (1985:4)

Pengertian pengendalian intern menurut Nugroho Widjayanto adalah sistem yang terjalin dalam organisasi dengan menerapkan berbagai metode dan cara atau tolok ukur lainnya dengan tujuan agar kegiatan berjalan menurut apa yang digariskan.

10.Romney dan Steinbart (2003)

Pengertian pengendalian intern menurut Romney dan Steinbart adalah internal control is the plan of organizations and the method of business use to safeguard assets, provide accurate and reliable information, promote and improve operational efficiency and encourage adherence to prescribe managerial policies

11.AICPA (American Institute of Certified Public Accountants)

Pengertian pengendalian intern menurut AICPA adalah meliputi struktur organisasi, semua metode dan ketentuan-ketentuan yang terkoordinasi yang dianut dalam perusahaan untuk melindungi harta kekayaan, yang terkoordinasi yang dianut dalam perusahaan untuk melindungi harta kekayaan, memeriksa ketelitian, dan seberapa jauh data akuntansi dapat dipercaya meningkatkan efisiensi usaha dan mendorong diataatinya kebijakan perusahaan yang telah diterapkan.

12.Niswonger Warren Reeve Fees (2000:183)

Pengertian pengendalian internal menurut Niswonger Warren Reeve Fees adalah kebijakan dan prosedur yang melindungi aktiva dari penyalahgunaan, memastikan bahwa informasi usaha akurat, dan memastikan bahwa perundang-undangan serta peraturn dipatuhi sebagaimana mestinya.

13.Zaki Baridwan (1998:97)

Pengertian pengendalian internal dalam arti semput menurut Zaki Baridwan adalah pengecekan penjumlahan, baik penjumlahan mendatar (cross footing) maupun penjumlahan menurun (footing). Dalam arti luas pengendalian internal tidak hanya meliputi pekerjaan pengecekan tetapi juga meliputi semua alat-alat yang dipergunakan manajemen untuk mengadakan pengawasan.

14.Alvin A. Arens dan James K. Loebecke dalam buku Auditing An Integreted Approach (2000:315)

Pengertian pengendalian internal menurut Alvin A. Arens dan James K. Loebecke adalah internal control is a process designed to provide reasonable insurancethe achievement of managements objectives in the following categories: (a) Reliability of financial reporting, (b) Effectiveness and efficiency of operations, (c) Compliance with applicabel laws dan regulation

15.Boynton, Johnson, Kell (2003:373)

Pengertian pengendalian internal menurut Boynton, Johnson, Kell adalah suatu proses, yang dilaksanakan oleh dewan direksi, manajemen, dan personel lainnya dlaam suatu entitas, yang dirancang untuk menyediakan keyakinan yang memadai berkenaan dengan pencapaian tujuan dalam kategori berikut:

  • Keandalan pelaporan keuangan
  • Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku
  • Efektivitas dan efisiensi operasi

Demikianlah telah dijelaskan tentang 15 Pengertian Sistem Pengendalian Intern Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: