Pengertian Tajuk Rencana, Fungsi, Ciri-Ciri, Materi, Struktur Terlengkap

Posted on

Pengertian Tajuk Rencana, Fungsi, Ciri-Ciri, Materi, Struktur Terlengkap -Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Tajuk Rencana. Yang meliputi pengertian tajuk rencana, fungsi tajuk rencana, ciri-ciri tajuk rencana, materi tajuk rencana dan struktur tajuk rencana dengan pembahasan lengkap dan mudah dimengerti. Agar lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Tajuk Rencana, Fungsi, Ciri-Ciri, Materi, Struktur

Pengertian Tajuk Rencana

Tajuk rencana adalah tulisan yang terdapat dalam penerbitan sebuah media massa yang menggambarkan pandangan media tersebut terkait suatu peristiwa penting. Pengertian lain dari tajuk rencana yaitu suatu pendapat dan juga sikap resmi sebuah media sebagai institusi pengerbitan terhadap suatu peristiwa atau persoalan yang sedang menjadi pembahasan di masyarakat luas.

Istilah tajuk rencana biasanya berhubungan dengan dunia jurnalistik atau media massa yang lebih spesifiknya adalah surat kabar. Tajuk rencana ditulis sering kali mencerminkan sikap sebuah media massa terhadap suatu fenomena atau permasalahan yang tengah terjadi dan berkembang diperbincangkan oleh masyarakat.

Fungsi Tajuk Rencana

Dapat disimpulkan secara umum fungsi dari tajuk rencana adalah untuk menjelaskan berita, menjelaskan berarti dan akibatnya dari suatu fenomena kepada masyarakat luas. Tajuk rencana juga menjadi isi dari latar belakang dari hubungan-hubungan dengan fakta sosial dan jufa faktor yang bisa menjaid pengaruh secara keseluruhan. Dalam sebuah tajuk rencan ada analisa tentang kondisi yang fungsinya untuk mempersiapkan masyarakat tentang berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi dan juga meneruskan penilaian secara moral terhadap berita tersebut.

Ciri-Ciri Tajuk Rencana

Adapun ciri-ciri dari tajuk rencana adalah sebagai berikut:

  • Berisikan pendapat atau opini tentang kejadian/peristiwa yang sedang hangat dibicarakan
  • Berisi ulasan terhadap suatu masalah yang dimuat
  • Seringkali skala nasional, berita internasional bisa menjadi tajuk rencan/editorial, jika berita tersebut akan memberi dampak kepaga nasional
  • Adanya pikiran subjektif dari redaksi

Materi Pada Tajuk Rencana

Terdapat beberapa materi yang biasa dimuat di tajuk rencana antara lain sebagai berikut:

Materi Berisi Informasi
Berisikan materi yang menjelaskan peristiwa yang tengah berkembang dan banyak dibicarakan masyarakat secara aktual.

Materi Yang Menjelaskan
Memberikan penjelasan secara mendetail dan jelas pada sebuah masalah yang sedang hangat di perbincangkan di masyarakat dan interpensi tertentu.

Materi Yang Argumentatif
Materi yang sifatnya argumenatatif adalah dalam penulisannya melakukan analisa yang dengan landasan alasan-alasan yang didukung data dan juga fakta akurat, dan juga memaparkan jawaban-jawaban pertanyaan sebab dan akibat.

Materi Yang Membujuk
Seringkali mater ini sifatnya membujuk unutk mengajak berbagai kalangan untuk merespon peristiwa yang sedang terjadi

Materi Yang Memuji
Materi ini berisikan materik yang sifatnya memberikan suatu penghargaan tentang suatu pihak yang dinilai sudah berhasil melaksanakan sesuatu atau karena sudah berjasa terhadap masyarakat luas.

Materi Yang Menghibur
Materi ini adalah yang bersifat memberikan hiburan terhadap para pembaca. Seringkali berisi humor yang dipakai untuk menarik masyarakat untuk memperhatikan suatu peristiwa yang sedang berkembang atau diperbincangkan.

Struktur Teks Tajuk Rencana

Struktur teks adalah suatu bagian yang terpisah yang membangun suatu tajuk rencana sehingga menjadi teks yang utuh, berikut struktur dari tajuk rencana secara umum:

Thesis Statement “Pertanyaan Pendapat”
Thesis statement adalah pertanyaan pendapat berisikan suatu topik tentang kejadian atau permasalahan yang akan dibahas. Dapat juga dikatakan sebagai sudut pandang penulis tentang peristiwa atau permasalahan yang sedang berkembang pada masyarakat. Di bagian ini mengacu kepada pertanyaan atau dapat juga mengacu pada suatu teori yang selanjutnya akan diperkuat oleh argumentasi “alasan”

Argumentasi “Alasan”
Adalah alasan yang menjadi penguat pendapat atau opini yang hendak disampaikan, argumentasi ini bisa dalam bentuk fakta-fakta, pertanyaan umum, menurut ahi, opini hasil penelitian dan lain sebagainya. Di bagian in penulis berupaya untuk meyakinkan masyarakat bahwa apa yang ditulisnya adalah benar adanya.

Reiteration “Pernyataan Ulang Pendapat”
Adalah bagian akhir pada teks, berisikan pernyataan atau penegarasan kembali tentang pendapat yang sudah ditulis agar pembaca lebi yakin terhadap isi teks tersebut, seringkali ada juga yang ditambahkan dengan saran-saran terhadap para pembaca.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Tajuk Rencana, Fungsi, Ciri-Ciri, Materi, Struktur Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: