Pengertian Taman Hutan Raya, Tujuan, Kriteria Terlengkap

Posted on

Pengertian Taman Hutan Raya, Tujuan, Kriteria Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang taman hutan raya. Yang meliputi pengertian taman hutan raya, kriteria dan tujuan taman hutan raya dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Taman Hutan Raya, Tujuan, Kriteria

Pengertian Taman Hutan Raya

Taman hutan raya adalah area pelestarian alam yang bertujuan untuk mengoleksi tumbuhan dan atau satwa yang alami atau bukan alami, dari jenis asli dan atau bukan jenis asli, yang dimanfaatkan untuk keperluan umum sebagai tujuan penelitian, ilmu pengetahuan dan pendidikan. Serta untuk fasilitas penunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi.

Taman hutan raya termasuk dalam jenis kawasan konservasi di Indonesia menurut Undang-Undang No.5 tahun 1990.

Tujuan Adanya Taman Hutan Raya

Taman hutan raya dibentuk din Indonesia bukan tidak memiliki tujuan atau maksud. Taman hutan raya sengaja dibuat oleh pemerintah sebagai penunjang program-program pemerintah. Keberadaan taman hutan raya sangat diharapkan memiliki fungsi perlindungan sistem penyangga kehidupan keanekaragaman macam tumbuhan serta juga satwa serta keindahan alamnya bisa digunakan untuk tujuan rekreasi.

Dan juga keberadaan taman hutan raya bisa diharapkan dapat memenuhi fungsi konservasi, koleksi, edukasi, dan dengan tidak langsung bisa menjadi peningkat sosial ekonomi masyarakt yang berada disekitarnya. Lebih lengkapnya beberapa tujuan pemerintah mengadakan taman hutan raya diantaranya sebagai berikut:

Terjaminnya Kelestarian Kawasan Hutang Dan Juga Ekosistemnya
Tujuan pendaan pengelolaan taman hutan raya yang pertama dan yang paling utama adalah terjaminnnya kelestarian hutan dan juga ekosistem hutan yang ada didalamny. Tujuan ini seolah menjadi tujuan yang paling utama. TAman hutan raya sebagai satu bagian dari hutan konservasi hanya diperuntukkan untuk menjaga kelestarian hutan dan ekosistem yang ada didalamnya, seperti tanaman dan juga binatang-binatang yang didalamnya supaya tidak menjadi objek perburuan liar.

Terbinanya Koleksi Tumbuhan Dan Satwa
Pengelolaan taman hutan raya juga memiliki tujuan lain yaitu menjadikan banyak jenis tumbuhan serta satwa. Bertambahnya koleksi juga sekaligus supaya tumuhan dan hewan tersebut selalu terawat, berkembang biak sehingga terhindar dari kepunahan.

Potensi Sumber Daya Alam
Keberadaan taman hutan raya mempunyai banyak potensi sumber daya alam. Sehingga binatan dan tumbuh-tumbuhan juta didalamnya sumber daya alam, khususnya adalah sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Tanaman memiliki banyak fungsi, disamping mempunyai fungsi pohon yang masih hidup, hutan juga memiliki fungsi-fungsi lain. Begitu juga dengan binatang, binatang juga memiliki banyak manfaat.

Menunjang Dalam Berbagai Proses (Penelitian, Pendidikan, Budaya, Adat Istiadat)
Tujuan yang paling penting dari pengelolaan taman hutan raya adalah sebagai penunjang berbagai jenis kegiatan manusia. Kegiatan ini tentu saja kegiatan yang penting dan beraneka ragam. Beberapa jenis aktivitas yang bisa dilakukan di taman hutan raya misalnya rekreasi, penelitian, pengembangan, kebudayaan dan juga adat istiadat.

Kriteria Yang Memenuhi Syarat Taman Hutan Raya

Terdapat beberapa kriteria yang harus ada untuk memenuhi syarat taman hutan raya diantaranya adalah sebagai berikut:

Memiliki Suatu Ciri Khas
Ciri agar suatu kawasan dijadikan sebagai taman hutan raya yaitu memiliki suatu ciri khas khusus atau tersendiri. Ciri khas ini dapat berupa asli atau alami dan dapat juga karena dibuat oleh manusia, keunikan atau ciri khas ini juga dapat berada dalam kawasan yang ekosistemnya masih utuh ataupun yang ekosistemnya telah berubah.

Mempunyai Keindahan Alam
Suatu kawasan juga dapat dijadikan sebagai taman hutan raya jika mempunyai keindahan alam. Selain keindahan alam, kawasan ini juga dapat memiliki gejala alam, seperti terdapatnya sumber air pana, mata air dan lain-lainnya.

Berukuran Luas
Kawasan yang dipiih sebagai taman hutan raya juga memiliki luas yang cukup utnuk bisa menampung berbagai jenis tumbuhan serta satwa baik jenis asli kawasan itu ataupun bukan asli kawasan itu.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Taman Hutan Raya, Tujuan, Kriteria Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: