Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Ruang Lingkup Terlengkap

Posted on

Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Ruang Lingkup Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang audit manajemen. Yang meliputi pengertian audit manajemen, tujuan audit manajemen, tahapan audit manajemen, ruang lingkup audit manajemen dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Audit Manajemen

Audit manajemen merupakan suatu teknik yang mencakup beberapa bidang yang luas mengenai prosedur, metode penilaian, kelayakan dan pendekatan-pendekatan. Pemeriksaan manajemen dibuat dalam menganalisa, menilai, melakukan peninjauan ulang dan menimbang hasil kerja perusahaan dibanding dengan standar yang sudah ditetapkan atau pedoman yang ditentukan dari perusahaan. Adapun tujuan dilakukan pemeriktaan manajemen yaitu untuk melakukan evaluasi efisiensi dan efektifitas perusahaan (Alexander Hamilton Institute, 1986:1)

Arens dan Loebbecke (2003:12) mengemukakan Audit Manajemen ialah evaluasi kepada semua prosedur dan metode organisasi perusahaan, dalam tujuan untuk mengevaluasi tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan.

Sedangkan Carmichael dan John Willingham (Auditing Concepts dan Methods) mengemukakan A Guide to current auditing theory and practise. 1996:625). Manajemen audit merupakan suatu telaah sistematis kepada kegiatan sebuah organisasi tertentu dalam hubungannya dengan tujuan-tujuan tertentu dengan maksud untuk menilai aktivitas, mengidentifikasi beberapa kesempatan untuk perbaikan, pengembangan rekomendasi bagi perbaikan atau tindakan lebih lanjut.

Tujuan Audit Manajemen
Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Ruang Lingkup

Tujuan audit manajemen adalah sebagai berikut:

Penilaian terhadap pengendalian
Berkaitan dengan pengendalian administrasi (administrative control) di sebuah perusahaan yang tujuannya untuk menentukan apakah pengendealian yang ada sudah sepadan dan terbukti efektif dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan perusahaan.

Penilaian Atas Pelaksanaan
Auditor menampung informasi untuk menentukan apakah aktivitas perusahaan sudah berjalan dengan efektif dan efisien.

Memberikan Bantuan Kepada Manajemen
Dengan jalan memberikan rekomentasi perbaikan yang dibutuhkan oleh perusahana. Dan sebagai auditor untuk membantu manajemen terlebih dahulu memahami prinsip-prinsip manajemen yang diterapkan dan fungsi-fungsi manajemen ykni planning organizing, staffing, leading dan controlling.

Manfaat Audit Manajemen

Manfaat dari audit manajemen adalah sebagai berikut:

  • Melakukan evaluasi tujuan, kebijakan, sasaran, peraturan, prosedur terhadap struktur organisasi yang belum ditetapkan sebelumnya.
  • Melakukan evaluasi kriteria pengukuran tercapainya tujuan organisasi dan menilai prestasi manajemen
  • Secara independen dan objektif melakukan penilaian prestasi individual dan aktivitas unit organisasi tertentu.
  • Melakukan penilaian efisiensi, efektivitas dan kehematan sistem perencanaan dan pengendalian manajemen.
  • Menemukan/mengidentifikasi masalah organisasi yang timbul dan apabila memungkinkan menetapkan penyebabnya.
  • Menilai/meyakini reliabilitas dan kegunaan beberapa laporan pengendalian manajemen.

Tahapan Audit Manajemen

Menurut Alexander Hamilton terdapat beberapa tahap dalam melaksanakan audit manajemen (Management Audit: Maximizing Your Company’s Effiency Effectiveness .1996)

Definisi Ruang Lingkup Proyek
Pada tahap audit manajemen ini adlaah tahap mengenal terhadap tujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang latar belakang dari aktivitas yang diperiksa. Hal ini bisa membantu auditor lebih mudah untuk mengidentifikasi masalah yang muncul, menemukan sebabnya dan selanjutnya melakukan tindakan perbaikan.

Rencana, Persiapan Dan Organisasi
Pemeriksaan manajemen di tahap ini yakni meneliti dan juga menelusuri ruang lingkup masing-masing sumber dokumentasi, selanjutnya dianalisa dan kemudian dilakukan perbaharuan

Pengumpulan Fakta dan Pembaharuan Dokumen
Pengumpulan semua data pemberitahan yang berkaitan dengan ruang lingkup dari proyek yang dimaksud. Data ini didapat dari surat menyurat dan untuk informasi yang non formal bisa didapatkan dengan langsung dari para pegawai dengan melakukan wawancara.

Riset Dan Analisis
Di tahapan ini dilakukan pemeriksaan, pengumpulan seluruh data dan bukti yang empiris yang sangat penting dalam mendukung sebuah kesimpulan. Dan selanjutnya penelitian akan dirubah sesuai dengan tujuan perencanaan dan evaluasi kondisi ruang lingkup tertentu.

Laporan
Dari hasil pengujian dan pemeriksaan yang dibahas selanjutnya ditahap akhir dibuat laporan hasil audit secara keseluruhan yang merupakan kesimpulan atas pemeriksaan yang dilaksanakan tersebut.

Ruang Lingkup Audit Manajemen

Ruang lingkup audit manajemen mencakup semua aspek aktivitas audit manajemen tersebut. Ruang lingkup ini bisa dalam bentuk semua aktivitas atau bisa juga hanga meliputi beberapa tertentu dari program atau kegiatan yang dijalankan oleh perusahaan.

Periode audit manajemen juga bervariasi. Seringkali dalam jangka waktu satu minggu, beberapa bulan atau bahkan lebih dari satu tahun. Sesuai dengan tujuan yang hendak diraih oleh perusahaan tersebut.Dalam menjalankan kerjanya, audit manajemen memiliki kriteria antara lain:

Kriteria Efektifitas dan Efisiensi
Efektifitas dan efisiensi dipakai sebagai sebuah standar untuk memperkecil risiko yang dapat terjadi. Keefektifan dan efisiensi sebuah perusahaan seharusnya melihat dari keamanan para pekerja, bagaimana perusahaan tersebut memperhatikan pekerjanya untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi yang diinginkan.

Kasus Sebagai Asersi Suatu Tindakan
Suatu yang menjadi aktivitas yang serius di kasus tersebut, diakibatkan oleh perusahaan kurang perhatian terhadap keselamatan para karyawan sehingga dibutuhkan inspeksi dengan melakukan deteksi risiko dengan cara pengawasan terhadap pekerjanya

Effect Sebagai Asersi Atas Hasil Suatu Tindakan
Dengan pemberlakuan standar bisa mengurani kecelakaan untuk para pekerjanya dan juga bisa memperbaiki risiko yang bisa saja terjadi dan masalah pelanggaran.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Ruang Lingkup Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: