Pengertian Infertilitas, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Faktor Yang Menyebabkan Terlengkap

Posted on

Pengertian Infertilitas, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Faktor Yang Menyebabkan Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang infertilitas. Yang meliputi pengertian infertilitas, ciri-ciri infertilitas dan faktor yang menyebabkan infertilitas dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Infertilitas

Dalam Wikipedia, infertilitas adalah sebutan lain dari kemandulan yang definisinya yatitu suatu istilah dapat juga diartikan sebagai kegagalan, tidak berhasil, atau tidak dapat membentuk.

Sedangkan pengertian lain dari infertilitas adalah kondisi ketidakmampuan untunk menghasilkan keturunan, meskipun pasangan suami istri sudah menjalani hubungan seksual sebanyak 2-3 kali seminggu dalam kurun waktu satu tahun tanpa memakai alat kontrasepsi jenis apapun.

Menurut Papalia dan Olds (1998) infertil adalah suatu kondisi yang mana pasangan yang walaupun sudah menikah dalam kurun waktu relatif lama/lebih dari dua belas bulan lamanya tanpa memakai alat kontrasepsi akan tetapi belum juga mendapatkan anak.

Ciri-Ciri Infertilitas

Pasangan yang mengalami infertilitas, mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Pasangan tersebut mempunyai keinginan untuk memiliki anak.
  • Selama satu tahun atau lebih berhubungan seksual tetapi juga belum mendapatkan kehamilan
  • Menjalani hubungan seksual 2-3 kali seminggu dalam waktu satu tahun
  • Istri ataupun suami tidak pernah memakai alat kontrasepsi ataupun metode kontrasepsi, baik kondom, obat-obatan dan alat lain yang fungsinya untuk mencegah kehamilan.
  • Ketidakmampuan menurut biologisnya untuk mempertahankan kehamilan pada wanita.

Jenis-Jenis Infertilitas

Anwar (2005) menyatakan infertilitas dibedakan menjadi dua jenis yakni infertilitas primer dan infertilitas sekunder. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Infertilitas Primer
Adalah pasangan suami-istri belum bisa dan belum pernah mempunyai anak sesudah satiu tahun berhubungan seksual sebanyak 2-3 kali dalam satu minggunya tanpa memakai alat kontrasepsi dalam bentuk apapun.

Infertilitas Sekunder
Adalah pasangan suami istri sudah atau pernah mempunyai anak sebelumnya tetapi pada saat ini belum mampu mempunyai anak lagi sesudah satu tahun berhubungan seksual sebanyak 2-3 kali dalam satu minggunya tanpa memakai alat kontrasepsi atau metode kontrasepsi bentuk apapun.

Faktor Yang Mempengaruhi Infertilitas
Pengertian Infertilitas, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Faktor Yang Menyebabkan

Terdapat faktor yang menjadi pengaruh infertilitas, yakni:

Faktor Pria

Sebab infertilitas pada pria dibedakan menjadi tiga jenis, yakni:

Gangguan Produksi Sperma
Seperi karena kegagalan testis primer (hipergonadotropik hipogonadisme) dikarenakan oleh faktor genetik atau kerusakan langsung berhubungan anatomi, infeksi atau gonadoktoksi. Stimulasi gonadotropin yang tidak kuat dikarenakan faktor genetik, efek tumor hipotalamus atau pituitari atua pemakaian androgen eksogen.

Gangguan Fungsi Sperma
Misalnya karena antibodi antisperma, radang saluran genit (prostatitis), varikokel, kegagalan reaksi akrosom, ketidak normalan biokimia atau gangguan dari perlengkapan sperma (ke zona pelusida) atau penetrasi.

Sumbatan Pada Duktus
Misalnya karena vasektomi, tidak terdapaynya vas deferensi bilateral atau sumbatan kongenital atau yang diperoleh (acquired) pada epididimis atua duktus ejakulatorius (penanganan infertil)

Faktor Wanita

Sebab infertilitas pada wanita dibedakan menjadi empat jenis, yakni:

Gangguan Ovulasi
Gangguan ovulasi jumlahnya sekitar 30-40% pada semua kasus infertilitas wanita. Terjadinya anovulasi bisa dikarenakan tidak adanya atau sedikit produksi gona dotropin releasing hormon (GnRH) oleh hipotalamus, sekresi hormon prolaktin oleh tumor hipopise, PCOS dan kegagalan ovarium dini.

Kelainan Anatomis
Kelainan anatomis yang biasa dijumpai berkaitan dengan infertilitas adalah abnormalitas tuba fallopio dan peritoneum, faktor serviks, dan juga faktor uterus.

Endometrosis
Endometrosis berat dengan kerusakan tuba falopi dan ovarium membuat adhesi atau timbulnya endrometrioma, adalah penyebab infertilitas.

Infertilitas Yang Tidak Dapat Dijelaskan (Unexplained Infertility)
Infertilita syang tidak bisa dijelaksan adalah kondisi kurang dari distribusi efisiensi reproduksi atau abnormal dari fungsi sperma atau oosit, fertilisasi, implantasi atau perkembangan preembrio yang tidak bisa terdeteksi dengan metode evaluasi standard.

Selain diatas, infertilitas disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Biologis
  • Konsumsi makanan dan minuman yang tidak sesuai dengan metabolisme reproduksi
  • Merokok
  • Varicocele (pada laki-laki)

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Infertilitas, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Faktor Yang Menyebabkan Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: