18 Pengertian Risiko Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

18 Pengertian Risiko Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang risiko. Yang mana penjelasan ini berdasarkan menurut pernyataan para ahli dengan pendapat mereka masing-masing. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Risiko Menurut Para Ahli

1.Arthur Williams dan Richard, M.H

Pengertian risiko menurut Arthur Williams dan Richard, M.H adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode tertentu.

2.A.Abas Salim

Pengertian risiko menurut A.Abas Salim adalah ketidakpastian (uncertainly) yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian.

3.Soekarno

Pengertian risiko menurut Soekarno adalah ketidapastian atas terjadinya suatu peristiwa

4.Herman Darmawi

Pengertian risiko menurut Herman Darmawi adalah penyebaran/penyimpanan hasil aktual dari hasil yang diharapkan.

5.Herman Darmawi

Pengertian risiko menurut Herman Darmawi adlah sesuatu hasil (outcome) yang berbeda dengan yang diharapkan.

6.Prof. Dr.Ir. Soemarno, M.S

Pengertian risiko menurut Prof.Dr.Ir.Soemarno, M.S adalah suatu kondisi yang timbul karena ketidakpastian dengan seluruh konsekuensi tidak menguntungkan yang mungkin terjadi disebut resiko.

7.Isto

Pengertian risiko menurut Isto adalah bahaya yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang berlangsung atau kejadian yang akan datang.

8.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian risiko menurut KBBI adalah kemungkinan terjadinya peristiwa yang dapat merugikan perusahaan.

9.Subekti

Pengertian risiko menurut Subekti adalah kewajiban memikul kerugian yang disebabkan karena suatu kejadian di luar kesalahan salah satu pihak.

10.Sri Redjeki Hartono
Pengertian Risiko Menurut Para Ahli

Pengertian risiko menurut Sri Redjeki Hartono adalah suatu ketidakpastian di masa yang akan datang tentang kerugian.

11.Arthur J. Keown (2000)

Pengertian risiko menurut Arthur J. Keown adalah prospek suatu hasil yang tidak disukai (operasional sebagai deviasi standar)

12.Hanafi (2000)

Pengertian risiko menurut Hanafi adalah besarnya penyimpangan antara tingkat pengembalian yang diharapkan (expected return-ER) dengan tingkat pengembalian aktual (actual return)

13.Martono dan Agus Harjito

Pengertian risiko menurut Martono dan Agus Harjito adalah penyimpangan hasil (return) yang diperoleh dari rencana hasil (return) yang diharapkan.

14.Ferdinand Silalahi

Pengertian risiko menurut Ferdinand Silalahi adalah penyimpangan hasil aktual dari hasil yang diharapkan.

15.Wideman

Pengertian risiko menurut Wideman adalah ketidakpastian yang menimbulkan akibat yang merugikan.

16.Wideman dalam Husen (2009)

Pengertian risiko proyek menurut Wideman dalam Husen adalah efek akumulasi dari peluang kejadian yang tidak pasti yang mempengaruhi sasaran dan tujuan proyek.

17.Herman Darmawi

Pengertian risiko menurut Herman Darmawi adalah penyebaran/penyimpangan hasil aktual dari hasil yang diharapkan. Resiko adalah probabiiltas sesuatu hasil/outcome yang berbeda dengan yang diharapkan.

18.Voughan

Pengertian risiko menurut Voughan yakni:

  • Risk is the chance of loss
    Risiko merupakan kesempatan terjadinya kerugian. Chance of loss berkaitan dengan suatu exposure (keterbukaan) terhadap kemungkinan kerugian. Didalam ilmu statistik, chance dimanfaatkan untuk menunjukkan tingkat probabilitas terhadap situasi tertentu. Sebagian penulis menolak pengertian ini karena adanya perbedaan antara tingkat risiko dengan tingkat kerugian. Dalam hal chance of loss 100%, artinya kerugian adalah pasti sehingga risiko tidak ada.
  • Risk is the possibility of loss
    Risiko adalah kemungkinan kerugian. Istilah possibility artinya bahwa probabilitas sesuatu kejadian berada di antara nol dan satu. Tetapi, pengertian ini kurang cocok digunakan dalam analisis secara kuantitatif.
  • Risk is uncertainly
    Risiko adalah ketidakpastian. Uncertainly bisa bersifat subjektif dan objektif. Subjective uncertainly adalh penilaian individu terhadap situasi risiko yang berdasarkan pada pengetahuan dan sikap individu yang bersangkutan. Objective uncertainly bisa dijelaskan pada dua definisi risiko berikut.
  • Risk is the dispersion of actual from expected results
    Risiko adalah penyebaran hasil aktual dari hasil yang diharapkan. Ahli statistik mengemukakan risiko sebagai derajat penyimpangan sesuatu nilai di sekitar suatu posisi sentral atau di sekitar titik rata-rata.
  • Risk is the probability of any outcome different from the one expected
    Risiko adalah probabilitas sesuatu outcome berbeda dengan outcome yang diharapkan. Menurut pengertian tersebut, risiko bukan probabilitas dari suatu kejadian tunggal, tetapi probabilitas dari beberapa outcome yang berbeda dari yang diharapkan.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 18 Pengertian Risiko Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya

Silakan Baca Juga: