Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri-Ciri, Kaidah, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri-Ciri, Kaidah, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Teks Iklan. Yang meliputi pengertian teks iklan, fungsi teks iklan, struktur teks iklan, jenis-jenis teks iklan, ciri-ciri teks iklan, kaidah kebahasaan teks iklan dan contoh teks iklan dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan merupakan suatu media atau wadah untuk mempromosikan atau memasarkan segala macam produk atau jasa yang sangat efektif kepada konsumen.

Pengertian lain dari teks iklan adalah sebuah media komunikasi yang efektif untuk memberikan informasi terhadap target audiens yang bertujuan untuk mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang, membujuk dan merayu target audiens. Tujuan dari dibuatnya teks iklan adalah sebagai pengenal suatu produk baik barang ataupun jasa kepada masyarakat, untuk menarik perhatian masyarakat agar mengenali, membeli, mengonsumsi dan memakai produk yang diiklankan.

Fungsi Teks Iklan

Sederhanya, teks iklan berarti sebagai pesan yang tujuannya adalah masyarakat dengan media untuk menawarkan dan membujuk orang agar membeli produk yang diiklankan. Berikut fungsi teks iklan yakni:

  • Sebagai persuasi atau usaha dalam mendekati, yakni memberik arahan konsumen untuk membeli produk baik barang ataupun jasa yang diiklankan.
  • Sebagai informasi, yakni penyampaian terhadap produk baru
  • Sebagai pengingat, yakni iklan mengingatkan konsumen mengenai produk tertentu supaya selalu memakai produk tersebut.

Struktur Teks Iklan

Struktur dari teks iklan adalah sebagai berikut:

Judul
Judul terletak pada bagian paling atas dari teks iklan, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan menempatkan nama produk pada bagian paling atas.

Nama Produk
Dalam hal ini berisi tentang nama produk yang diiklankan

Penjelasan Tentang Produk
Ini berisikan deskripsi produk yang di iklankan, seperti spesifikasi, cara memperoleh produk yang diiklankan, alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Jenis -Jenis Teks Iklan

Jenis-jenis iklan dalam teks iklan antara lain sebagai berikut:

  • Iklan pengumuman, yakni iklan yang mempunyai tujuan memberitahu masyarakat mengenai hal penting seperti kelahiran, ulang tahun, dan sejenisnya.
  • Iklan Undangan. Adlah iklan yang mengajak untuk ikut acara tertentu, seperti pernikahan
  • Iklan Layanan Masyarakat. Adalah iklan yang menjelaskan kepada masyarakat mengenai suatu program pemerintah atau swasta. Misalnya seperti iklam Program Keluar Berencana, Iklan anti-narkoba, dan sejenisnya.
  • Iklan Permintaan. Seperti iklan lowongan pekerjaan
  • Iklan Penawaran. Adalah iklan yang isinya tentang promosi produk atau jasa
  • Iklan artikel. Adalah iklan panjang tentang suatu hal mencakup kelebihan dan keunggulan produk atau jasa.

Ciri-Ciri Bahasa Teks Iklan

Ciri-ciri dari bahasa iklan adalah:

  • Bahasa yang dipakai untuk memberi pengaruh pada pikiran orang atau membuat orang menjadi tertarik untuk membeli atau memakai produk.
  • Pengenalan dan penjelasan produk barang atau jasa terhadap masyarakat
  • Penggunaan kalimat fakta dan pendapat.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan
Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri-Ciri, Kaidah, Contoh

Kaidah kebahasaan dari teks iklan yaitu:

Memakai Slogan
Slogam adalah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok dan mudah diingat dalam menyampaikan sesuatu. Slogan ini seringkali tersusun dari empat hingga lima kata yang mudah untuk diingat dan tentu mempunyai daya tarik yang kuat supaya pesan yang dituju bisa tersampaikan kepada orang yang diajak.

Dalam iklan, slogan adalh pernyataan atau susunan kata tertentu yang memberi penjelasan dengan singkat sebuah produk atau jasa layanan menjadikan mudah diingat dan dikenal oleh orang banyak. Kalimat sloga harus kreatif dan tidak tertinggal jaman supaya orang lebih mudah dalam mengingatnya.

Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif adalah kalimat yang memiliki tujuan untuk meyakinkan dan membujuk pembacanya supaya melakukan atau menerima gagasan penulis kepada suatu hal. Terdapat beberapa kalimat persuasif yang ada pada iklan produk tersebut, salah satunya adalah: Murah, Cepat dan Handal.

Memakai Subjek Orang Pertama
Teks iklan umumnya memakai subjek orang pertama tunggal atau jamak. Seperti aku, saya, kami untuk mengganti pihak atau instansi yang memasang iklan. Subjek yang dipakai pada teks iklan itu adalah subjek orang pertama jamak, yakni kami.

Contoh Teks Iklan

Berikut ini adalah contoh teks iklan produk:

  • Dijual cepat motor matic Mio tahun 2015, warna biru, body lecet pemakaian, mesin masih bagus, Kilometer masih sedikit, harga 14 juta Nego, Hub. 082324252627
  • Jual batangan Samsung Galaxy J2, mulus, noken. Harga 1 juta nego. Minat hub.085266661234

Demikianlah telah kami jelaskan tentang Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri-Ciri, Kaidah, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: