Pengertian Teks Tantangan, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Cara Menyusun, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Teks Tantangan, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Cara Menyusun, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Teks Tantangan. Yang meliputi pengertian teks tantangan, struktur teks tantangan, kaidah kebahasaan teks tantangan, ciri-ciri teks tantangan, cara menyusun teks tantangan dan contoh teks tantangan dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Teks Tantangan

Teks tantangan adalah teks yang didalamnya terkandung informasi sanggahan atau bantahan terhadap hal-hal yang kontroversial atau suatu hal yang diperdebatkan dalam masyarakat yang dilengkapi dengan data dan juga argumen yang bisa memperkuat bantahan tersebut. Teks tantangan ini fungsinya sebagai sanggahan atau penyangga ketika debat berlangsung.

Struktur Teks Tantangan

Terdapat tiga struktur yang menyusun teks tantangan, berikut penjelasan selengkapnya.

Pengantar (Isu)
Adalah bagian yang terkandung topik yang hendak dibantah atau disanggah

Argumen
Adalah bagian yang terkandung serangkaian alasan atau bukti yang bertujuan mendukung bantahan

Simpulan
Adalah baigan yang terkandung didalamyan pernyataan yang memberi penegasan terhadpa bantahan

Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan
Pengertian Teks Tantangan, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Cara Menyusun, Contoh

Teks tantangan mempunyai empat kaidah kebahasaan yang wajib diketahui sebelum membuat suatu teks tantagan, berikut kaidah kebahasaan teks tantagan tersebut, yakni:

Kalimat Kompleks
Adalah kalimat yang mempunyai lebih dari satu struktur dan satu kata kerja

Kata Hubung Atau Konjungsi
Adalah kata yang fungsinya untuk penghubung antara kata satu dengan kata lainnya.

Kata Rujukan
Adalah kata yang menggambarkan rujukan sebagai pemberi informasi

Pilihan Kata
Adalah kata yang dipakai supaya gagasan teks bisa tersampaikan dengan baik dan benar.

Ciri-Ciri Teks Tantangan

Terdapat ciri-ciri dari teks tantangan, yakni:

  • Struktur tersusun atas Pengantar (Isu), Argumen (tantangan), dan Simpulan atau saran
  • Berisi informasi yang didalamnya ada bantahan terhadap suatu hal yang menjadi perdebatan di masyarakat dan dilengkapi dengan data-data dan argumen sebagai penguat bantahan
  • Ciri-ciri kebahasaan teks tantangan adalah kalimat kompleks, kata hubung, kata rujukan, dan pilihan kata.

Cara Menyusun Teks Tantangan

Cara menyusun atau membut teks tantangan adalah sebagai berikut:

1.Pertama. Menentukan tema dan judul teks tantangan
2.Kedua. Mencari sumber informasi yang hendak dibuat bahan pembicaraan
3.Ketiga. Melakukan analisa pada bahan dengan mengolah data atau informasi sehingga menjadi pernyataan dalam bentuk:

  • Susunan kalimat dalam bentuk kalimat topik di masing-masing struktur teks
  • Mengembangkan kalimat topik dengan kalimat pengembang
  • Menyusun paragraf sesuai dengan struktur
  • Menyunting kalimat sesuai dengan unsur bahasa
  • Penggambungan paragraf menjadi teks terpadu
  • Hasil analisa kemundian disusun teks dengan urutan struktur sehingga menjadi teks tantangan yang utuh.

Contoh Teks Tantangan Dan Strukturnya

1.Teks Tantangan Mengenai Lingkungan Sekolah

Kebijakan Sekolah Yang Mewajibkan Melepas Jaket Di Lingkungan Sekolah

Pengantar (Isu)
Sekarang ini, didalam sekolah semakin ketat dalam menjalankan peraturannya. Seperti dalam hal peraturan berhubungan dengan melepas jaket pada lingkungan sekolah. Peraturan ini dianggap bisa menurunkan masalah kedisiplinan siswa, terlebih dalam hal perlengkapan atribut sekolah.

Sebagian sekolah sudah menerapkan peraturan tersebut untuk mencapai tujuan tertentu, seperti untuk menilai dalam adiwiyata, meningkatkan akreditasi sekolah dan hal sejenisnya. Padahal, suasana dipagi hari terkadang sangat dingin, dan ada sebagian siswa yang kurang sehat sehingga mengharuskan menggunakan jaket pada saat disekolah.

Argumen
Beberapa pihak, utamanya pihak pihak siswa merasa tergangung dengan kebijakan ini. Peraturan yang wajar diterapkan di sekolah menengah pertama ini seringkali membuat prasangka buruk dan iri dalam diri siswa.

Sebuah survey sederhana menyatakan bahwa 65% siswa beranggapan peraturan ini diberlakukan tidak sebagaimana mestinya. Kadang-kadang guru tidak memeriksa atribut sekolah dan membiarkan siswa lewat sesudah melepas jaket sebelum masuk lingkungan sekolah.

Untuk sebagian alasan, sebenarnya tidak masalah, tetapi untuk para siswa yang sedang sakit dan tetap semangat berangkat sekolah, hal ini adalah bentuk pembatasan hak siswa.

Bahkan yang lebih ironis, sebagian siswa mengemukakan bahwa peraturan ini dijalankan dengan tidak adil. Mereka merasa guru adalah seorang figur yang menjadi teladan untuk mereka, tetapi tidak sedikit oknum guru yang tidak memberikan teladan pada siswa mereka dengen tidak menaati peraturan untuk melepas jaket pada saat memasuki lingkungan sekolah. Hal ini ujung nya terjadi sifat dengki pada siswa karena peraturan tersebut tidak dijalankan secara menyeluruh.

Simpulan
Sebagai penyelesaian terhadap masalah ini, kepala sekolah atau pihak yang mempunyai kewenangan dalam membuat peraturan sekolah seharusnya mempertimbangkan ulang benar-benar berkaitan dengan peraturan meleaps jaket pada sat memasuki lingkungan sekolah.

Pihak sekolah seharusnya berpikir lagi tentang untung dan ruginya menerapkan peraturan tersebut dan mempertimbangkan apakah dengan penerapan regulasi itu bisa membawa kemajuan pada sekolah.

2.Teks Tantangan Mengenai Narkoba

Pengantar (Isu)
Narkoba adalah suatu bahan aktif yang terdiri dari beberapa penyusun dan campuran bahan, campuran bahan yang terdapat dalam narkoba termasuk dalam golongan bahan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif.

Argumen
Banyak yang berujar bahwa narkoba adalah obat yang terlarang dan berbahaya untuk kesehatan tubuh, namun sebenarnya tidak selamany pernyataan itu benar. Narkoba adalah suatu obat yang sering dipakai dalam ilmu medis atau kesehatan karena kebutuhan narkoba juga sangat banyak unutk para penderita penyakit.

Tetapi, narkoba yang diberikan dokter terhadap pasiennya tentu sesuai dengan ilmu medis yang berdasar pada kesehatan, sehingga tidak terlalu memiliki efek samping. Jika Anda menemui sebagaian pemakai narkoba dijalanan kemudian nda melihat pemakai itu gila, artinya karena penyalahgunaan Obatnya.

Simpulan
Narkoba yang harus dipakai sebagai obat penyembuh penyakit yang pemakaiannya harus dengan hati-hati kadang disalah gunakan. Itulah yang menjadikan citra buruk di masyarakat

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Teks Tantangan, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Cara Menyusun, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: