Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan, Syarat, Manfaat, Dasar, Strategi, Tingkatan Terlengkap

Posted on

Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan, Syarat, Manfaat, Dasar, Strategi, Tingkatan Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang segmentasi pasar. Yang meliputi pengertian, tujuan, syarat, manfaat, dasar, strategi dan tingkatan segmentasi pasar dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar atau Marketing Segmentation merupakan aktivitas membagi suatu pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku yang berbeda yang memungkinkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga didefinisikan dengan suatu proses pengidentifikasian dan penganalisaan para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli
Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan, Syarat, Manfaat, Dasar, Strategi, Tingkatan

1.Kotler
Pengertian segmentasi pasar menurut Kotler adalah sekelompok pelanggan yang merupakan bagian dari pasar yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa.

2.Kasali
Pengertian segmentasi pasar menurut Kasali adalah proses mengkotak-kotakkan pasar menjadi kelompok-kelompok (potential costumer) yang memiliki kesamaan karakter atau kebutuhan yang sama sehingga cenderung mempunyai respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.

Tujuan Segmentasi Pasar

Tujuan dari segmentasi pasar adalah:

  • Memudahkan membedakan pasar
  • Melayani pada konsumen dengan lebih baik.
  • Strateti pemasaran lebih terarah

Syaraat Segmentasi Pasar

Syarat dalam segmentasi pasar yang efektif adalah:

  • Bisa diukur (measurable), yang berarti segmen pasa yang dituju bisa diukur baik jumlah, ciri dan sifatnya.
  • Bisa dicapai (Accesable), berarti segmen pasar bisa diakses menjadikan perusahaan dengan mudah mengarahkan pemasarannya.
  • Cukup besar (Substantial) berarti segmentasi pasar yang dituju harus besar
  • Bisa dibedakan (Differentiable), berarti segmen pasar dengan jelas bisa dibedakan dengan segmen lainnya
  • Bisa dijalankan (Actionable) berarti program pemasaran dan pelayanan perusahaan bisa dijalankan pada segmen pasar yang dituju.
  • Dapat memberikan laba/keuntungan yang profitable

Manfaat Segmentasi Pasar

Manfaat dari segmentasi pasar adalah:

  • Penjual atau produsen terletak pada posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan pemasaran
  • Penjual atau produsen bisa memanfaatkan pengetahuannya pada respon pemasaran yang berbeda, menjadikan mereka bisa mengalokasikan anggaran dengan lebih tepat pada berbagai segmen
  • Penjualan atau produsen bisa mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya

Dasar Segmentasi Pasar

Dasar-dasar segmentasi pasar dibagi menjadi dua yakni konsumen dan industri:

Dasar Segmentasi Pasar Konsumen

Variabel Geografis
Variabel segmen geografis merupakan lingkungan sekitar, wilayah, ukuran daerah dan kepadatan, dan juga iklim.

Variabel Demografis
Variabel segmen demografi yakni umur, keluarga, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, agama, kelas sosial, ras, siklus hidup, pendapatan, pendidikan dan lain sebagainya.

Variabel Psikologis
Variabel segmentasi psikologis mencakup kepribadian, gaya hidup, dan kelas sosial. Variabel tersebut antara lain adalah manfaat yang dicari, tingkat pemakaian, status pemakaian, status kesetiaan dan sikap terhadap produk.

Dasar Segmentasi Pasar Industri

  • Tahap 1 adalah menentukan segmentasi makro, seperti lokasi geografis, pasar pemakaian akhir, dan banyaknya langganan
  • Tahap 2 adalah sikap pada penjual, ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

Strategi Segmentasi Pasar

Strategi segmentasi pasar adalah strategi pemasaran yang dijalankan dengan cara membagi pasar menjadi segmen tertentu untuk dijadikan sebagai target pemasaran.

Ini bertujuan menjalankan segmentasi untuk perusahaan yakni pengelompokan individu yang mempunyai keinginan, keperluan dan respon yang sama terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Melalui segmentasi pasar maka perusahaan bisa merangsang konsumen potensial menjadi konsumen loyal produk yang ditawarkan.

Dengan mengetahui pelanggan loyal dan spesifik secara pasti, perusahaan akan dapat mengoptimalkan aktivitas pemasaran dan pelayanan.

Tingkatan Segmentasi Pasar

Tingkatan dari segmentasi pasar, antara lain yakni:

Pemasaran Massal
Pemasaran massal adalah segmentasi pasar yang fokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama kesemua konsumen.

Pemasaran Segmen
Pemasaran segmen adalah segmentasi pasar yang sadar akan pembeli berbeda dalam keperluan, persepsi dan tingkah laku pembelian.

Pemasaran Ceruk
Pemasaran ceruk/relung (marketing niche) merupakan segmentasi pasar yang fokus pada sub-group dalam segmen-segmen.

Pemasaran Mikro
Segmentasi ini menyesuaikan produk dan program pemasaran supaya cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Yang termasuk dalam pemasaran mikro ialah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan, Syarat, Manfaat, Dasar, Strategi, Tingkatan Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: