Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting), Tujuan, Tugas Terlengkap

Posted on

Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting), Tujuan, Tugas Terlengkap – Dipembahasan kali ini kalian akan mempelajari tentang akuntansi anggaran atau dalam bahasa bisnisnya adalah budgetary accounting. Yang meliputi pengertian, tujuan dan tugas dari akuntasi anggaran dengan penjelasan yang lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih memahaminya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli

Sebelum mengetahui tentang budgetary accounting, sebaiknya kita tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Anggaran. Utamanya yang dikemukakan oleh para ahli.

1.Sofyan (1996:14)

Pengertian Anggaran menurut Sofyan adalah suatu pendekatan yang sistematis dan formal untuk tercapainya pelaksanaan fungsi perencanaan sebagai alat membantu pelaksanaan tanggung jawah manajemen.

2.Nafarin (2000:11)

Pengertian Anggaran menurut Nafarin adalah rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu tertentu dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang, tetapi dapat juga dinyatakan dalam satuan barang maupun jasa.

3.Welsch (2000:5)

Pengertian Anggaran menurut Welsch adalah perencanaa untuk pengendalian laba menyeluruh dapat didefinisikan secara luas sebagai suatu anggaran sistematis dan formal untuk perencanaan, pengkoordinasian dan pengendalian tanggung jawab manajemen.

4.Munandar (2001:11)

Pengertian Anggaran menurut Munandar adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahan, yang dinyatakan dalam unit atau kesatuan moneter yang berlaku untuk jangka waktu yang akan datang.

Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)
Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting), Tujuan, Tugas

Akuntansi anggaran merupakan aspek akuntansi yang memiliki tujuan untuk menyusun suatu rencana keuangan dalam periode dimasa yang akan datang dan membandingkan hasil operasi dengan rencana yang sudah ditentukan.

Pengertian lain dari akuntansi anggaran yaitu suatu teknik akuntansi yang dipergunakan dalam pencatatan setiap transaksi yang dilakukan serta yang ada di setiap anggaran bermula dari angaran yang disahkan, angaran yang memiliki alokasi sampai angaran yang dijalankan sampai penutupan buku anggaran di akhir tahun.

Masing-masing perusahaan, instansi, maupun organisasi lain yang memakai dana atau anggaran didalamnya, teknik akuntansi ini begitu krusial dipakai sebagai pemanajemenan anggaran yang ada.

Apabila tidak dilakukan pembukuan yang benar, maka bisa jadi akan terjadi over budget atau melebihi dana yang tidak diduga sangat besar.

Definisi akuntansi anggaran berikutnya adalah, merupakan satu bidang akuntansi yang berhubungan dengan perencanaan pengeluaran perusahaan yang kemudian mempunyai tujuan membandingkan antara pengeluaran yang sebenarnya.

Akuntansi angaran akan menguraikan kegiatan keuangan dalam jangka waktu tertentu yang dilaksanakan dengan cara menganalisa dan mengawasi. Akuntansi anggaran ini adalah bagian dari akuntansi manajemen.

Penerapannya dalam perusahaan, akuntansi anggaran ini adalah teknik akuntansi yang memiliki peran dalam pencatatan setiap kejadian atau peristiwa transaksi yang ada dan terdapat di setiap anggaran takni mulai sejak pengesahan anggaran, pengalokasian maupun pelaksanaan sampai saat penutupan buku anggaran akhir periode.

Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Tujuan dijalankannya akuntansi anggaran yakni sebagai pencegah terjadinya kelebihan dana yang terduga atau over budget. Akibat atau dampak over budget itu takni neraca yang tidak seimbang karena pengeluaran yang lebih besar dibanding pemasukan. Apabila hal ini terjadi maka memiliki kekhawatiran jika perusahaan akan mengalami kebangkrutan.

Selanjutnya, data yang diperoleh dari pembukuan akuntansi anggaran yang benar dapat dimanfaatkan sebagai dasar atau acuan dalam membantu perusahaan ketika melakukan perencanaan dan pengestimasian anggaran dalam periode bulan atau tahun berikutnya.

Tugas Akuntansi Anggaran

Sedangkan tugas akuntansi anggaran yakni sebagai pengurai keuangan perusahaan dalam jangka waktu tertentu yang berdasar pada sistem pengawasan dan analisa. Akuntansi anggaran ini bisa disebut sebagai bagian dari akuntansi manajemen.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting), Tujuan, Tugas Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telab berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: