Pengertian Pasar Modern, Ciri-Ciri. Kelebihan, Kekurangan, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Pasar Modern, Ciri-Ciri. Kelebihan, Kekurangan, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Pasar Modern. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, kelebihan, kekurangan dan contoh dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama

Pengertian Pasar Modern

Pasar modern merupakan suatu pasar atau tempat terjadinya transaksi antara penjual dengan pembeli dengan kesepakatan harga pas menjadikan tidak terjadi kegiatan tawar menawar. Di pasar modern, barang yang diperjual belikan mempunyai kualitas yang baik dan kondisi pasar yang bersih dan nyaman.

Pengertian pasar modern menurut para ahli adalah suatu pasar yang mana pembeli dan penjual tidak melakukan transaksi secara langsung. Pembeli hanya melihat label harga di suatu kemasan produk dan pembelinya dilayani secara mandiri oleh pramuniaga. (Hutabarat). Contohnya pada sebuah supermarket, minimarket, hipermarket dan lain sebagainya.

Seringkali pasar modern berada di daerah perkotaan. Pada pasar modern tidak terjadi transaksi secara langsung antara penjual dan pembeli (konsumen), tetapi konsumen memilih barang yang ingin dibeli dan harga di barang yang sudah tertera di labelnya. Apabila sudah barulah dilakukan pembayaran. Contoh pasar modern antara lain mall, swalayan, minmarket dan lain-lain.

Ciri-Ciri Pasar Modern
Pengertian Pasar Modern, Ciri-Ciri, Kelebihan, Kekurangan, Contoh

Ciri-ciri suatu pasar modern bisa dilihat berikut ini:

  • Tidak terjadi suatu transaksi secara langsung (tatap muka) antara penjual dan pembeli
  • Harga barang tidak dapat ditawar lagi atau harganya sudah pas
  • Tempat di pasar modern bersih dan nyaman
  • Pelayanan yang baik dan memuaskan
  • Tata ruang yang rapi dan sangat berstruktur menjadikan konsumen sangat mudah menemukan barang yang akan dicari
  • Mempunyai karyawan yang tugasnya membantu konsumen dalam aktivitasnya di pasar
  • Pemerintah tidak ikut campur secara langsung dalam aktivitas ekonomi
  • Pembayaran dilakukan di kasir

Kelebihan Pasar Modern

Barang Yang Ditawarkan Mempunyai Kualitas Dan Mutu Yang Baik
Barang yang dijual pada pasar modern harus memiliki standar tertentu dan harus dipenuhi, sehingga kualitas barang terjamin.

Apabila barang yang tidak laku atau kualitasnya menurun seperti sayuran, maka penjual akan berupaya membuat usaha yang menarik minat pengunjung terhadap barang tersebut, misalnya dengan mengadakan potongan harga (diskon) yang sangat besar.

Tempat Yang Dipakai Bersih, Nyaman Dan Tenang
Kebersihan dan kenyamanan adalah faktor yang sangat berhubungan dengan kepuasaan ketika berbelanja, maka dari itu kondisi pasar modern harus bersih, nyaman dan tenang.

Meningkatkan Produk Domestik Bruto
Produk domestik bruto adalah nilai total dari jumlah produksi barang dan jasa dalam suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu. Meningkatnya produk domestik bruto juga menjadi indikasi terjadi peningkatan pendapatan negara. Untuk itu, pasar modern akan berdampak positif kepada ekonomi negara.

Menambah Lapangan Kerja
Pasar modern memerlukan karyawan dalam menjalankan fungsinya, pasar modern membutuhkan orang yang mempunyai kemampuan dalam pemasaran, pelayanan konsumen, penjaga keamanan, petugas kebersihan dan lain-lain. Oleh sebab itu pasar modern juga memiliki peran dalam mengatasi penganguran dengan adanya lowongan pekerjaan.

Kelemahan Pasar Modern

Selain adanya kelebihan, tentu ada kelemahan dari pasar modern, yakni:

Konsumen Dari Pasar Ekonomi Ditarik Ke Pasar Modern
Karena mempunyai banyak kelebihan yang tidak ada pada pasar tradisional, konsumen mulai pindah dan lebih suka berbelanja di pasar modern. Tentu saja hal ini akan memiliki dampak terhadap pasar tradisional yang semakin hari peminatnya mulai berkurang

Membuatnya Terjadi Kesenjangan Ekonomi
Konsumen mulai banyak yang pindah ke pasar modern, membuat penghasilan pedagang atau penjual di pasar tradisional akan sedikit turun. Beberapa pedagang di pasar tradisional adalah kaum menengah ke bawah, sedangkan pemilik mall, supermarket, dan lainnya merupakan kaum menengah ke atas. Hal itu akan menjadikan adanya kesenjangan, yaitu yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin.

Investasi Asing Dalam Pasar Modern Bisa Mengurangi Devisa Negara
Investasi jangka panjang yang dilakukan pihak asing pada pasar modern akan mengurani penghasilan devisa negara, karena adanya impor (barang dari luar ngeri masuk ke dalam negeri) yang secara besar-besaran, dan juga karena sebagian keuntungan, bunga dan dana lain akan dikirimkan ke negara asalnya.

Cenderung Mengeksploitasi Pemasok (Supplier)
Seringkali di suatu daerah tidak banyak ditemukan pasar modern, hanya beberapa saja di setiap wilayah. Tetapi pemasok atau orang yang akan memasukan barang ke pasar modern ada banyak. Untuk itu pemasok ini seringkali dieksploitasi pasar modern, karena dengan persaingan yang ketat mereka harus mengutamakan keinginan penjual pasar modern supaya barangnya dapat dipasok di pasar tersebut.

Contoh Pasar Modern Di Indonesia

Di Indonesia ada beberapa pasar modern yang diantaranya adalah:

  1. Matahari Departemen Store
  2. Ramayana Lestari Sentosa
  3. Indomaret
  4. Alfamaret
  5. Alfamidi
  6. Circle-K
  7. Carrefour
  8. Hero
  9. Hypermart
  10. Dan lain sebagainya

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Pasar Modern, Ciri-Ciri. Kelebihan, Kekurangan, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: