Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Ciri-Ciri, Indikator, Cara Mengukur, Faktor Terlengkap

Posted on

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Ciri-Ciri, Indikator, Cara Mengukur, Faktor Terlengkap – Di pembahasan kali ini kalian akan mempelajari tentang pertumbuhan ekonomi. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, indikator, cara mengukur, faktor yang menjadi pengaruh pertumbuhan ekonomi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses berubahnya kondisi perekonomian sebuah negara yang berkesinambungan mengarah pada keadaan yang lebih baik selama periode tertentu.

Pertumbuhan ekonomi juga bisa diartikan sebagai sebuah proses kenaikan kapasitas perekonomian yang ditampilkan berupa kenaikan pendapatan nasional pertumbuhan juga menjadi indikator berhasilnya pembangunan ekonomi.

Pengertian lain dari pertumbuhan ekonomi adalah, pertumbuhan ekonomi merupakan kenaikan yang terjadi dalam jangka waktu panjang, dengan kemampuan suatu negara dalam menyediakan banyaknya jenis barang ekonomi kepada penduduk, kemampuan ini tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologinyan dan penyesuaian kelembagaan dan ideologis yang dibutuhkan.

Pertumbuhan ekonomi atau economic growth merupakan jumlah pertambahan pendapatan nasional agregatif atau pertambahan output dalam periode tertentu, seringkali dalam periode satu tahun.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli
Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Ciri-Ciri, Indikator, Cara Mengukur, Faktor

Setelah mengetahui beberapa pengertian pertumbuhan ekonomi secara umum diatas, berikut ini adalah pendapat para ahli mengenai definisi pertumbuhan ekonomi.

1.Budiono (1994)

Pengertian pertumbuhan ekonomi menurut Budiono adalah suatu proses pertumbuhan output perkapita jangka panjang yang terjadi apabila ada kecenderungan (output perkapita untuk naik) yang sumbernya dari proses intern perekonomian tersebut (kekuatan yang berada dalam perekonomian itu sendiri.

Bukan yang berasal dari luar dan bersifat sementara. Atau dengan bahasa lain sifatnya self generating, yang artinya bahwa proses pertumbuhan itu sendiri menghasilkan suatu kekuatn atau momentum untuk kelanjutan pertumbuhan tersebut dalam periode selanjutnya.

2.Sadono Sukirno

Pengertian pertumbuhan ekonomi menurut adalah perubahan tingkat kegiatan ekonomi yang berlaku dari tahun ke tahun. Sehingga untuk mengetahuinya harus diadakan perbandingan pendapatan nasional dari tahun ke tahun, yang dikenal dengan laju pertumbuhan ekonomi.

3.M.P. Todaro

Pengertian pertumbuhan ekonomi menurut M.P. Todaro adalah suatu proses yang mantab dimana kapasitas produksi dari suatu perekonomian meningkat sepanjang waktu untuk menghasilkan tingkat pendapatan nasional yang semakin besar.

4.Prof. Simon Kuznet

Pengertian pertumbuhan ekonomi menurut Prof. Simon Kuznet adalah kenaikan angka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan semakin banyak jenis barang-barang ekonomi kepada penduduknya, kemampuan ini tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologinya dan penyesuaian kelembagaan dan ideologis yang diperlukan.

Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi

Terdapat beberapa ciri-ciri dari pertumbuhan ekonomi, antara lain:

  • Laju pertumbuhan penduduk dan produk per kapita
  • Meningkatnya produktivitas
  • Laju perubahan struktural yang tinggi
  • Terdapat urbanisasi
  • Ekspansi negara maju

Indikator Pertumbuhan Ekonomi

Indikator dari pertumbuhan ekonomi antara lain:

Pendapatan Nasional Riil
Perubahan yang terjadi terhadap pendapatan nasional riil dipakai berbagai negara untuk menilai pertumbuhan ekonomi negara dalam jangka panjang. Sebuah negara mengalami pertumbuhan ekonomi jika pendapatan nasional riilnya naik atau meningkat dari periode sebelumnya

Pendapatan Riil Perkapita
Sebuah negara disebut mengalami pertumbuhan jika pendapata masyarakatnya meningkat dari waktu ke waktu.

Kesejahteraan Penduduk
Meningkatnya kesejahteran materioan terjadi pada masyarakat terus meningkat dalam jangka waktu yang panjang. Hal itu bisa dilihat dari lancarkan pendistribusian barang dan jasa pada negara itu.

Distribusi barang dan jasa yang lancar menggambarkan distribusi pendapatan per kapita di seluruh wilayah negara tersebut. Yang berarti terdapat peningkatan kesejahteraan secara menyeluruh di semua wilayah.

Tenaga Kerja Dan Pengangguran
Sebuah negara disebut negara berkembang jika telah mencapai tingkat pemakaian tenaga kerja dengan maksimal atau kesempatan kerja penuh jika tingkat pengangguran kurang dari empat persen.

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi pada sebuah negara bisa diukur dengan cara membandingkan, misalnya untuk ukuran nasional. Gross National Product (GNP) tahun yang sedang berjalan dengan tahun sebelumnnya.

Dalam pelaksanaanya pertumbuhan ekonomi yang menjadi tolak ukur adalah Gross National Product (GNP) dan Gross Domestic Product (GDP) atau Product Domestic Bruto.

  • GNP mempunyai fungsi untuk alat pengukur jumlah output produksi perekonomian nasional yang dimiliki warga negara baik yang berada dalam negeri atau diluar negeri.
  • GDP mempunyai fungsi sebagai alat pengukur jumlah output produksi yang ada di dalam negeri baik itu produksi yang dihasilkan warga negara asing maupun bangsa sendiri.

Cara menghitung tingkat pertumbuhan ekonomi bisa dihitung dengan rumus:
cara menghitung pertumbuhan ekonomi

Keterangan:
Tahun t: Tahun dihitung pertumbuhan ekonomi
GDP t: Pertumbuhan
GDP t-1: GDP sebelum berubah

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Terdapat faktor yang menjadi pengaruh pertumbuhan ekonomi, antara lain:

Tanah dan Kekayaan Alam
Negara dengan kekayaan alam yang melimpah dan mempunyai nilai ekonomi tinggi akan lebih mudah mengembangkan perekonomiannya daripada dengan negara yang kurang mempunyai kekayaan alam.

Mutu Tenaga Kerja dan Penduduk
Jika mutu tenaga kerja dan penduduk mengalami peningkatan maka akan tercipta dorongan pada pertambahan produksi nasional dan tingkat kegiatan ekonomi.

Barang Modal dan Tingkat Teknologi
Jumlah barang modal akan menjadi penentukan jumlah produk yang akan dihasilkan, apabila semakin bertambah barang modal maka semakin tinggi pula produksi yang dihasilkan dalam suatu perekonomian.

Semakin canggih tekonologi yang dipakai pada produksi maka akan lebih membuat efesiensi produksi, menciptakan barang modal baru dan menghasilkan barang dengan mutu tinggi yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Sistem Sosial dan Sikap Masyarakat
Pertumbuhan ekonomi akan lebih cepat terjadi jika masyarakat mempunyai sikap yang hemat dan menabungkan uangnya untuk investasi. Diketahui bahwa investasi memiliki korelasi positif pada pertumbuhan ekonomi.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Ciri-Ciri, Indikator, Cara Mengukur, Faktor Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: