Pengertian Manajemen Persediaan, Tujuan, Model Pendekatan Terlengkap

Posted on

Pengertian Manajemen Persediaan, Tujuan, Model Pendekatan Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Persediaan. Yang meliputi pengertian, tujuan dan model pendekatan manajemen persediaan dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Manajemen Persediaan

Manajemen persediaan atau dalam bahasa Inggrisnya Inventory Management merupakan suatu bagian daripada manajemen operasional dan manajemen produksi.

Manajemen persediaan juga bisa disebut dengan aktivitas untuk menjaga jumlah optimim barang-barang yang dimiliki.

Dari pengertian diatas, terdapat juga definisi manajemen persediaan yang dikemukakan oleh para ahli salah satunya Martin dan Pretty (1996:719), Inventory Management is the control of assets are used in the production procces or produced to be solid in the normal course of the firms operations.
Pengertian Manajemen Persediaan, Tujuan, Model Pendekatan

Yang artinya adalah Manajemen persediaan meliputi pengendalian dari aktiva dengan diproduksi untuk dijual dalam skala normal dari operasi perusahaan.

Tujuan Manajemen Persediaan

Pada umumnya, manajemen perusahaan mempunyai tujuan, yaitu:

  • Mengoptimalkan persediaan barang dengan biaya minimal
  • Memberi kepastian terdapat persediaan dengan cara safety stock
  • Memberi waktu luang untuk mengelola produksi dan pembelian
  • Melakukan antisipasi berubahnya permintaan dan penawaran
  • Menghilangkan atau melakukan pengurangan risiko terlambatnya pengiriman bahan
  • Melakukan penyesuaian dengan jadwal produksi
  • Menghilangkan atau melakukan pengurangan risiko kenaikan harga
  • Menjaga tersedianya bahan yang diproduksi secara musiman
  • Melakukan antisipasi permintaan yang bisa diramaikan
  • Mendapatkan keuntungan dari quantity discount
  • Melakukan komitmen kepada pelanggan.

D.T. Johns dan H.A. Harding (2001:77) mengemukakan tujuan dari manajemen persediaan yaitu meminimalisir investasi dalam persediaan tetapi tetap konsisten dengan penyediaan tingkat pelayanan yang diminta.

Sedangkan menurut Lukas Setia Atmaja (2003:405), tujuan manajemen persediaan yaitu mengadakan persediaan yang diperlukan untuk operasi yang berkelanjutan di biaya yang minimum

Fungsi Manajemen Persediaan

Herjanto dalam bukunya yang berjudul “Manajemen Produksi dan Operasi” (2007:238) , menyatakan terdapat fungsi persediaan dalam memenuhi keperluan perusahaan, yakni:

  • Menghilangkan risiko terlambatnya pengiriman bahan baku atau barang yang diperlukan perusahaan.
  • Menghilangkan risiko apabila material yang dipesan tidak baik membuatnya harus dikembalikan
  • Menghilangkan risik dari kenaikan harga barang atau inflasi
  • Melakukan penyimpanan bahan baku yang dihasilkan dengan cara musiman menjadikan perusahaan tidak kesulitan apabila bahan itu tidak tersedia di pasaran.
  • Memperoleh laba dari pembelian menurutu potongan kuantitas (quantity discount)
  • Memberikan pelayanan kepada konsumen dengan adanya barang yang dibutuhkan.

Model Pendekatan Manajemen Persediaan

Untuk menjalankan manajemen persediaan harus dilakukan tiga modal pendekatan antara lain economic order quantity, periodic review, dan material requirement planning.

Economic Order Quantity (EOQ)
Economic order quantity adalah jumlah pemesanan yang sangat ekonomis, yakni jumlah pembelian barang yang bisa meminimalisir jumlah biaya pemeliharaan barang di gudang dan biaya pemesanan setiap tahun.

Periodic Review
Pada pendekatan ini dilakukan pemesanan barang dengan interval waktu sama. Artinya pemesanan barang telah dijadwal dengan rutin sehingga biaya yang disiapkan dapat diperkirakan.

Materiap Requirement Plannig (MRP)
Pada MRP, pembelian barang yang dibutuhkan perencanaan untuk membuat produk yang tersusun atas beberapa komponen atau disebut juga system assembling.

Ini bertujuan untuk menjamin adanya material, item, komponen dalam produksi dan juga produk jadi. Tujuan dari kedua hal tersebut adalah untuk menjaga tingkat persediaan seminim mungking, dan juga untuk merencanakan kegiatan pengiriman, penjadwalan dan pembelian material.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Manajemen Persediaan, Tujuan, Model Pendekatan Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: