Pengertian Poster, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis, Contoh Terlengkap

Posted on

Pengertian Poster, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan tentang Poster. Yang meliputi pengertian, tujuan, syarat, ciri-ciri, jenis dan cara membuat dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Poster

Poster ialah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf di atas kertas yang berukuran besar dan atau kecil. Penerapanna yaitu dengan menempelkan pada dinding atau diatas permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Untuk itu seringkali poster dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

Poster bisa digunakan sebagai sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu dapat juga dalam bentuk salinan karya seni terkenal.

Definisi poster merupakan suatu desain grafis yang didalamnya ada gambar serta kata-kata di kertas yang mempunyai ukuran besar, mengandung tentang informasi dan ditempel di tempat umum supaya dapat dilihat atau dibaca banyak orang.

Tujuan Poster

Terdapat tujan poster antara lain adalah untuk memberikan informasi, mengajak dan menghimbau banyak orang untuk menjalankan suatu seperti apa yang digambarkan atau dilukiskan pada poster tersebut.

Adapun manfaat poster adalah untuk memberikan pemahaman mengenai suatu informasi kepada banyak orang atau para pembaca tentang apa yang hendak di sampaikan oleh pembuata poster memakai gambar dan kata-kata yang singkat, sederhana dan jelas.

Ciri-Ciri Poster

Terdapat ciri-ciri poster, antara lain:

  • Adalah suatu karya seni yang menggabungkan dua atau lebih unsur gambar dan kata-kata dibuat pada kertas berukuran besar supaya menjadi mudah dibaca orang banyak.
  • Memakai unsur warna yang mencolok supaya menarik perhatian
  • Mengandung kalimat yang kata-katanya singkat, terang dan ringan dibaca sehingga orang yang membacanya mudah memahami.
  • Seringkali selalu berisikan unsur gambar yang menarik perhatian, supaya banyak orang menjadi penasaran untuk melihat dan membaca infomrasi yang tertera di dalam poster.
  • Seringkali di pasang pada tempat yang strategis, seperti tempat umum yang tujuannya tentu supaya mudah diketahui orang banyak.

Syarat-Syarat Poster

Suatu poster mempunyai syarat-syarat yang harus terpenuhi, antara lain:

  • Bahasa maupun kalimat yang ditulis pada poster harus menggunakan kata-kata yang mudah dipahami banyak orang.
  • Kalimat yang dipakai harus jelas, singkat dan padat makna.
  • Merupakan penggabungan dari gambar dan tulisan yang menarik
  • Didesain yang membuat orang menjadi tertarik untuk melihat dan mengetahui
  • Harus ditempel atau dipasang pada tempat-tempat yang biasa terlewati orang
  • Bahan yang dipakai dalam pembuatan poster sebaiknya yang mempunyai kualitas yang baik, supaya tidak mudah rusak.

Jenis-Jenis Poster

Jenis Poster Menurut Isinya

Menurut isinya poster dibedakan menjadi berikut ini, yaitu:

Poster Layanan Masyarakat
Adalah suatu jenis poster yang mengandung informasi tentang pelayanan kepada masyarakat, misalnya poster layanan kesehatan ataupun kesejahteraan masyarakat.

Poster Niaga
Adalah jenis poster yang mengandung suatu bidang penjualan atau promosi sebuah produk atau jasa yang dijual dari perusahaan.

Poster Kegiatan
Adalah jenis poster yang mengandung mengenai suatu informasi di sebuah kegiatan yang hendak dikerjakan, agar kegiatan itu diketahui oleh banyak orang yang harapannya orang-orang dapat hadir pada kegiatan yang akan dilaksanakan.

Poster Karya Seni
Adalah jenis poster yang bersifat ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya.

Poster Pendidikan
Adalah suatu jenis yang biasanya mengandung informasi yang bisa mengarahkan dan mendidikan kepada masyarakat.

Jenis Poster Menurut Tujuannya
Pengertian Poster, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis, Contoh

Menurut tujuan poster dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

Poster Propaganda
Adalah jenis poster yang mempunyai tujuan untuk memberikan motivasi atau semangat kepada masyarakat umum. Seringkali supaya tetap bersemangat dalam menjalani hidup dan lainnya, dapat disebut juga poster ini untuk mempengaruhi orang lain.

Poster Kampanye
Adalah suatu jenis poster yang seringkali muncul ketika waktu-waktu diadakannya pilkada atau pemilu, mempunyai tujuan untuk memperoleh simpati dari masyarakat sebanyak-banyaknya supaya masyarakat memilihnya ketika pemilu berlangsung.

Poster Afirmasi
Adalah jenis poster yang mempunyai tujuan dalam memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang dapat mempengaruhi.

Poster “Dicari”
Adalah jenis poster yang mempunyai tujuan untuk mencari seseorang atuapun benda yang dibutuhkan. Contoh poster ini adalah pposter perusahaan yang mencari pekerja, poster orang hilang, poster perusahaan mencari kreditur dan lain sebagainya.

Poster Film
Adalah jenis poster yang mempunyai tujuan dalam promosi film terbaru yang hendak tayang di bioskop ataupun theater supaya masyarakat tertarik untuk menontonnya.

Poster Komik
Adalah jenis poster yang mempunyai tujuan untuk mengenalkan atau mempopulerkan komik kepada masyarakat umum atau banyak orang.

Poster “Cheesecake”
Adalah jenis poster yang memiliki tujuan dalam mencari perhatian masyarakat umum atau orang banyak. Seringkali poster ini berisikan gambar dari orang terkenal seperti astis, selebriti, penyanyi dan lain sebagainya yang dapat menarik perhatian banyak orang.

Poster Riset
Adalah jenis poster yang memiliki tujuan dalam memberikan informasi kegiatan penelitian (riset) terhadap orang banyak, seringkali poster ini ditemukan di sekolah ataupun kampus.

Poster Komersial atau Poster Niaga
Adalah jenis poster yang memiliki tujuan dalam promosi produk ataupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan.

Poster Kelas
Adalah jenis poster yang pada umumnya mempunyai tujuan dalam menyampaikan pengetahuan dan motivasi kepada siswa sekolah.

Cara Membuat Poster

Dalam membuat poster terdapat beberapa cara atau langkah-langkahnya, yaitu:

  • Menentukan topik dan tujuan poster yang akan dibuat
  • Membuat kalimat yang singkat, jelas dan mudah dipahami
  • Memakai gambar yang menarik supaya orang menjadi tertarik
  • Memakai media yang tepat

Demikian telah dijelaskan tentang Pengertian Poster, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: